Selesainya Putaran ke Lima Tantangan 21 Hari Diet Vegan di Tzu Chi Medan

Jurnalis : Liani (Tzu Chi Medan), Fotografer : Liani, Lukman, Leo Rianto (Tzu Chi Medan)

Peserta program 21 hari diet vegan nabati utuh Tzu Chi Medan mengikuti tes kesehatan oleh tim medis TIMA Medan dan pengambilan sampel darah oleh tim medis RS Bunda Thamrin, Medan setelah selesai mengikuti program tersebut.

Peserta Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet Tzu Chi Medan putaran ke lima (periode 20 Februari 2022 ­– 12 Maret 2022) telah menyelesaikan programnya. Program ini di ikuti 93 orang (54 peserta paket penuh dan 39 peserta paket hanya catering). Kegiatan ini dibimbing dan diawasi oleh Dr. Susianto. MKM seorang doktor gizi dan tim medis TIMA Medan selama peserta menjalankan program 21 hari diet vegan nabati utuh.

Pada 5 Maret 2022, peserta mengikuti temu ramah dengan Dr. Susianto. MKM secara darling melalui aplikasi Zoom. Dr. Susianto. MKM memberikan semangat kepada mereka untuk menyelesaikan program 21 hari diet vegan nabati sampai berakhir, karena banyak manfaat yang akan didapatkan.

“Dengan program ini kita membentuk pola hidup yang sehat, apresiasi dari cinta kasih dan kesehatan,” kata Dr.Susianto. MKM.

Dr. Susianto MKM melalui aplikasi Zoom memberi semangat, motivasi, dan pengarahan secara online kepada peserta program 21 hari diet vegan nabati utuh Tzu Chi Medan.

Kemudian pada Minggu, 13 Maret 2022, para peserta berkumpul di Jingsi Books & Café Medan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan oleh tim medis TIMA Medan setelah menyelesaikan program selama 21 hari periode ke lima. Pemeriksaan kesehatan ini meliputi pengecekan tekanan darah, berat dan tinggi badan untuk menentukan indeks masa tubuh, pengukuran lingkaran perut, serta pengambilan sampel darah oleh tim medis laboratorium RS Bunda Thamrin Medan.

Pemeriksaan laboratorium pascaprogram meliputi pengecekan darah lengkap, fungsi hati, (SGOT,SGPT), fungsi ginjal (ureum, kreatinin), asam urat, profil lemak (kolesterol total, HDL, LDL, dan trigliserida), gula darah puasa. Hasil lab pra dan pasca akan dibandingkan untuk menarik kesimpulan keberhasilan program 21 hari diet vegan nabati utuh. Selain itu juga dilakukan pemotretan tubuh posisi berdiri menghadap depan dan samping pra dan pascaprogram, untuk membandingkan perbedaan penampakannya.

Setelah pemeriksaan kesehatan dan pengambilan sampel darah, semua peserta disuguhkan minuman sehat berupa Brown Rice Milk Powder With Red Quinoa yang dibuat oleh Jingsi Sifu di Hualien, Taiwan.

Relawan Tzu Chi Medan, Beby Chen dibantu relawan lainnya menyediakan makan malam untuk relawan peserta program 21 hari diet vegan nabati utuh Tzu Chi Medan di putaran ke lima.

Dalam progam 21 hari diet vegan nabati utuh putaran ke lima, ada paket program yang dibuat khusus untuk relawan. Menu yang disajikan setiap hari dimasak oleh relawan dirumah mereka sendiri dengan dibantu oleh beberapa relawan. Untuk menu siang hari di masak oleh relawan Roslina Yun dan untuk menu malam hari dimasak oleh relawan Beby Chen.

Relawan Roslina Yun dan Beby Chen sebelumnya sudah pernah mengikuti paket program 21 hari diet vegan nabati utuh. Makanan yang disajikan juga mengikuti program gizi yang telah dikonsep oleh Dr. Susianto MKM, yaitu satu nasi merah, dua macam sayur dan lauk, satu macam sop dan satu macam dessert atau buah. Dalam kegiatan ini, setiap hari juga harus ada menu tempe. Makanan yang di masak harus mengurangi gula, garam, minyak (gorengan), juga menghindari bahan pabrikan. Untuk pengantaran ke tempat relawan dibantu jasa ojek online yang sudah dikoordinir.

“Awalnya saya mengikuti dulu program 21 hari diet vegan nabati utuh, sambil mempelajari menu masakan yang disediakan oleh pihak resto saat itu dan merasakan manfaatnya serta cara memasaknya. Kemudian saya di minta untuk bersedia memasak untuk relawan peserta program 21 hari diet vegan nabati,” kata relawan Roslina Yun.

Setelah mengikuti program 21 hari diet vegan nabati utuh Tzu Chi Medan, Charles merasakan manfaatnya. Ia pun kembali menjadi peserta di putaran ke lima ini.

Begitu pula dengan relawan Beby Chen. Awalnya, ia juga mengikuti program 21 hari diet vegan nabati utuh ini mulai dari batch pertama hingga batch ke lima. “Sangat merasakan manfaatnya. Kesehatan tubuh semakin membaik, sebelum mengikuti program tangan kiri tidak mampu saya kepalkan, sekarang sudah bisa di kepalkan,” kata Beby Chen

“Di putaran ke lima ini saya menyediakan makanan untuk mereka. Sekaligus ingin mengajak lebih banyak relawan untuk bervegetaris seperti yang Master Cheng Yen inginkan. Sebagai juru masak di program 21 hari diet vegan nabati ini, bukan hanya rasa tetapi yang di tonjolkan adalah masakan dan aroma yang keluar dari bumbu-bumbu masakan tradisional Indonesia,” tambah Beby Chen.

Program 21 hari diet vegan nabati utuh ini semakin menginspirasi masyarakat luas yang telah merasakan manfaatnya. Banyak juga para peserta yang mengajak teman-temannya untuk ikut serta dalam program ini.

“Saya mengikuti program ini untuk menyehatkan tubuh, melihat hasilnya memang luar biasa bagus. Kemudian saya rekomendasikan dengan teman teman bisnis saya karena hasilnya baik,” tutur Charles salah satu peserta.

Awalnya, Charles mengetahui program ini dari keluarganya. Setelah merasakan manfaatnya, ia pun mendaftar menjadi salah satu peserta program 21 hari diet vegan nabati utuh di putaran ke lima.

Salah satu peserta program 21 hari diet vegan nabati utuh Tzu Chi Medan, Enny Kamal merasa badannya terasa lebih segar setelah ikut program tersebut.

Hal serupa juga dirasakan Enny Kamal. Setelah mengikuti program 21 hari diet vegan nabati utuh, kondisi badannya mulai berangsur-angsur menjadi lebih baik. “Saya pikir bagus ya, badan terasa lebih segar, bugar, ringan, makin hari makin bagus. Makanan vegan yang kita konsumsi ini sehat dan bagus untuk kesehatan,” kata Enny Kamal, peserta lainnya.

Menjadi sehat adalah wujud mencintai diri sendiri dan semua makhluk. Begitu pula yang diharapkan dari program 21 hari diet vegan nabati utuh ini. Selain mendapatkan manfaat, para peserta juga menyebarluaskan kegiatan ini. “Seperti yang dikatakan Master Cheng Yen, ‘hal yang baik harus diteruskan kepada orang lain’,” tutur Sylvia Chuwardi, koordinator kegiatan program 21 hari diet vegan nabati utuh Tzu Chi Medan.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel Terkait

Peserta Program Diet Wholefood Vegan Putaran ke Empat Telah Selesai

Peserta Program Diet Wholefood Vegan Putaran ke Empat Telah Selesai

04 Februari 2022

Peserta Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet Tzu Chi Medan putaran keempat telah menyelesaikan programnya. Program ini diikuti 75 orang.

Kisah Sukses Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh di Medan

Kisah Sukses Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh di Medan

09 Desember 2021

Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh (Wholefood Vegan Diet) di Tzu Chi Medan terus bergulir, saat ini sudah memasuki putaran ketiga. Program ini diikuti oleh 96 peserta.

Gubernur Sumut Sukses Ikuti Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh

Gubernur Sumut Sukses Ikuti Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh

13 Desember 2021

Gubernur sumatra Utara, Edy Rahmayadi berhasil mengikuti putaran ketiga Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh yang digelar oleh relawan Tzu Chi Medan.

Menyayangi dan melindungi benda di sekitar kita, berarti menghargai berkah dan mengenal rasa puas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -