Semakin Mantap Bersumbangsih Bersama Tzu Chi

Jurnalis : Riski Nugroho (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar, Reynard (Tzu Chi Bandung)

Sebanyak 84 relawan Abu Putih mengikuti pelatihan ke-2 di Aula Jing Si Tzu Chi Bandung.

Minggu pagi itu, 16 Juli 2023, Aula Jing Si Bandung sudah ramai dengan kegembiraan para relawan yang mengikuti Pelatihan Abu Putih kedua. Pelatihan ini dihadiri 84 relawan. Selain melatih diri, pelatihan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar relawan Tzu Chi Bandung dan Jakarta.

Pada pelatihan ini, relawan Tzu Chi Jakarta memberikan materi tentang filosofi Tzu Chi, kemandirian Master Cheng Yen, tata krama hingga filosofi tentang misi pelestarian lingkungan. Pit Lu Tjong atau lebih akrab disapa Lulu, relawan Tzu Chi Jakarta memberikan pemahaman bagaimana caranya menggalang hati.

“Mereka sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini karena apa yang kita bagikan ini adalah perjalanan kami selama di Tzu Chi ini. Diharapkan mereka bisa menjadi insan Tzu Chi yang bahagia karena adanya rasa berterima kasih, bersyukur, menghormati dan mengasihi. Mereka akan menjadi insan Tzu Chi yang penuh toleransi dan bahagia,” ucap Lulu.

Pit Lu Tjong, relawan senior Jakarta memaparkan materi tentang kemandirian Master Cheng Yen.

Frans Yavega (tengah) menjalin jodoh dengan Tzu Chi ketika Tzu Chi Bandung membantu korban gempa Cianjur 2022 silam.

Para relawan dengan gembira dan semangat mengikuti rangkaian acara hingga usai. Frans  Yavega (26), peserta, menjalin jodoh dengan Tzu Chi ketika Tzu Chi Bandung membantu korban gempa Cianjur 2022 silam. Ia mengikuti pelatihan ini sebagai pengembangan diri menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

“Tentunya mengapa saya mau menjadi relawan karena saya menilai kalau kegiatan  di Tzu Chi ini berpengaruh positif bagi diri saya, saya bisa mengembangkan diri menjadi pribadi yang baik dan bisa mengenal banyak orang,” ujar Frans.

Diharapkan, dari pelatihan ini insan Tzu Chi memiliki rasa terima kasih, bersyukur, menghormati, dan mengasihi.

Pelatihan ini ditutup dengan penampilan isyarat tangan dengan lagu Celengan Bambu.

Hal serupa diutarakan Sandhi Kwani (28). Dengan ia mengikuti pelatihan ini niat untuk menebar kebaikan dengan Tzu Chi semakin kuat. “Saya menjadi sangat yakin setelah mendapat sharing pengalaman dari Shigu Shibo dan saya makin tergerak untuk aktif di Yayasan Buddha Tzu Chi ini untuk membantu masyarakat dan bersumbangsih juga,” pungkasnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menggarap Ladang Berkah Bersama Tzu Chi

Menggarap Ladang Berkah Bersama Tzu Chi

26 Maret 2015 Dalam pelatihan ini, relawan baru juga dikenalkan dengan tata krama berpakaian dan tata krama makan yang terdapat di Tzu Chi melalui drama singkat. Dalam tata krama berpakaian, para relawan mengajak agar berpakaian dan berpenampilan yang sopan dan benar.
Membangun Semangat Relawan Tangerang

Membangun Semangat Relawan Tangerang

18 Februari 2020

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang mengadakan Pelatihan Relawan Abu Putih ke-1 di tahun 2020. Pelatihan diadakan pada Minggu, 9 Februari 2020 di Aula Manjughosa Lt.2, Ekayana Ehipassiko School, Tangerang, Banten.

 

Pelatihan Relawan: Saling Menyemangati, Saling Belajar, dan Saling Mendukung

Pelatihan Relawan: Saling Menyemangati, Saling Belajar, dan Saling Mendukung

29 Juni 2020

Sutra ibarat sebuah jalan yang telah dibabarkan oleh guru. Dan hendaknya para murid melatih diri untuk berjalan di jalan yang telah dibentangkan guna membantu semua mahkluk terlepas dari penderitaan.

Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -