Semangat Berbagi di Bulan Suci

Jurnalis : Ivon, Junaedy Sulaiman (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Djoni, Barlianto Chan (Tzu Chi Lampung)

Lis Linggarningsih, relawan Tzu Chi Lampung berinteraksi dengan warga sebelum pemberian paket sembako.

Berbagi paket sembako di hari raya sudah menjadi kebiasaan di masyarakat, salah satunya adalah Tzu Chi Lampung. Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru Imlek, relawan Tzu Chi Lampung selalu berbagi kebahagiaan dengan memberikan paket sembako kepada warga yang membutuhkan.

Sebelum memberikan bantuan, relawan Tzu Chi Lampung melakukan survei sekaligus membagikan kupon paket bantuan kepada mereka yang memang benar-benar membutuhkan. Sebanyak 250 kupon dibagikan kepada warga di Kelurahan Kupang Raya dan Kupang Teba pada Senin, 3 April 2023. Semua kupon di bagikan dengan tepat sasaran. Relawan mendatangi rumah-rumah warga untuk melihat kondisi warga yang akan mendapatkan sembako.

Penyerahan sembako oleh Alesius Bunawan, Ketua Tzu Chi Lampung kepada salah satu warga.

Melihat kondisi masyarakat, selain rasa haru, hal ini juga membuat relawan semakin mensyukuri berkah yang mereka miliki. Seperti diungkapkan oleh Lianywati, salah satu relawan Abu Putih yang dilantik pada Oktober 2022 lalu. Ia sangat aktif mengikuti kegiatan bahkan sebelum dilantik.

“Waktu bagi kupon, saya melihat banyak penderitaan disana. Seperti ada yang lumpuh dan di tinggal kerja kedua orang tuanya setiap hari, ada yang disabilitas satu keluarga, ada yang berkebutuhan khusus dan banyak lainnya. Dan rata-rata mereka secara ekonomi kurang mampu. Melihat ini membuat saya merasa sangat bersyukur atas hidup yang saya jalani,” ungkap Liany.

Perhatian dan Ketulusan
Lima hari kemudian, pada hari Sabtu, 08 April 2023, pembagian paket sembako pun dilakukan. Ini waktu yang di tunggu-tunggu oleh warga, dimana pada kesempatan ini banyak relawan yang turut hadir dalam memberikan bantuan. Salah satunya adalah Alesius Bunawan, Ketua Tzu Chi Lampung.

Ibu Maryamah, salah satu warga penerima bantuan yang sangat bahagia ketika mendapatkan sembako.

“Kami dari Yayasan Buddha Tzu Chi, ada sedikit bingkisan untuk bapak dan ibu. Mohon jangan dilihat isinya, tapi ketulusan dan keikhlasan kami dalam memberi. Agar kita dapat hidup berdampingan bersama warga sekitar sini. Dan kami selalu terbuka, untuk membantu jika ada warga yang membutuhkan bantuan,” ucap Alesius.

Salah satu warga penerima bantuan dari Kupang teba, Maryamah mengungkapkan rasa syukurnya karena mendapatkan paket sembako dari Tzu Chi Lampung. “Terima kasih ya karena sudah memberi saya sembako. Semoga semuanya panjang umur, sehat-sehat dan makin sukses,” ucapnya haru. Pembagian paket sembako ini di laksanakan di Kantor Tzu Chi Lampung.

Relawan Tzu Chi Lampung mempraktikkan isyarat tangan sembari mengajak warga untuk bernyanyi.

Di sela-sela acara, relawan Tzu Chi juga mengajak warga untuk memperagakan isyarat tangan Satu Keluarga dengan dipandu oleh Lis Linggarningsih, relawan Tzu Chi. Lis Linggarningsih juga menyampaikan pesan cinta kasihnya, yang dikutip dari kata-kata Master Cheng Yen (pendiri Tzu Chi) untuk warga sebelum pembagian paket. “Sumbangan sembako ini mungkin akan habis pada saatnya, namun cinta kasih dan rasa syukur yang terkandung di dalamnya akan berlangsung sepanjang masa,” kata Lis Linggarningsih.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim

Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim

09 Mei 2023

Menghimpun berkah di bulan Ramadan, Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream Marunda berbagi kebahagiaan untuk anak yatim di sekitar operasional PT SMART Tbk unit Marunda pada 19 April 2023.

Perhatian Bagi Warga Menjelang Idul Fitri di Belawan

Perhatian Bagi Warga Menjelang Idul Fitri di Belawan

08 Mei 2023

Menyambut Idul Fitri 1444 H, Tzu Chi Medan bekerja sama dengan TNI AL-Belawan membagikan 1799 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di Kampung Nelayan dan Uni Kampung, Belawan.

Semangat Berbagi di Bulan Suci

Semangat Berbagi di Bulan Suci

27 April 2023

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, relawan Tzu Chi Lampung memberikan 250 paket sembako kepada warga yang membutuhkan. Seminggu sebelumnya, relawan telah melakukan survei dan membagikan kupon ke rumah-rumah warga.

Beramal bukanlah hak khusus orang kaya, melainkan wujud kasih sayang semua orang yang penuh ketulusan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -