Semangat dan Tanggung Jawab yang Baru di Tahun yang Baru

Jurnalis : Robby Mulia Halim (Tzu Chi Medan), Fotografer : Kamin, Robby Mulia Halim (Tzu Chi Medan)

Wakil Ketua He Qi Jati, Aini Lidjaja (tengah) memberikan tanda terima kasih kepada Sumida (kedua kanan) dan Ju Fang (kanan) didampingi Ketua dan Wakil Ketua Hu Ai Mandala periode 2023-2024, Elsa Huang (kedua kiri) dan Hui Hui (kiri).

Memasuki periode 2024-2025, relawan Tzu Chi di Hu Ai Mandala yang merupakan bagian dari Tzu Chi Medan mengadakan gathering, Minggu, 18 Februari 2024 di Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Medan Mandala. Dengan tema Genggam Kesempatan Berbuat Kebajikan dengan Bahagia, gathering ini diikuti 39 relawan.

Gathering ini bertujuan untuk memperkenalkan pengurus Hu Ai Mandala periode 2024-2025 yaitu ketua Xie Li (komunitas) dan koordinator bidang beserta wakil-wakilnya dan agenda kerja tahun 2024,” kata Elsa Huang, koordinator kegiatan sekaligus Ketua Hu Ai Mandala periode 2024-2025. “Selain itu, juga untuk menjalin keakraban dan silaturahmi antar relawan dalam suasana Imlek,” sambung Elsa.

MC Paulia (kiri) memperkenalkan para Ketua dan Wakil Ketua Xie Li (komunitas) periode 2024-2025 kepada relawan.

“Tahun yang baru, tanggung jawab yang baru. Mari kita genggam kesempatan bersumbangsih di tahun yang baru ini dengan semangat baru dan hati yang bahagia,” sambut Paulia, sang MC.

Setelah penghormatan kepada Buddha dan Master Cheng Yen dan menyanyikan Mars Tzu Chi, Sumida dan Ju Fang selaku Ketua dan Wakil Ketua Hu Ai Mandala periode 2022-2023 memberikan sepatah dua kata sambutan. Keduanya menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan dukungan relawan pengurus periode sebelumnya selama dua tahun sekaligus memberikan semangat dan motivasi bagi Ketua dan Wakil Ketua yang baru beserta jajaran pengurusnya. “Jia you (semangat!) untuk Elsa Shijie dan Hui Hui Shijie selaku Ketua dan Wakil Ketua Hu Ai Mandala periode 2024-2025 serta semua koordinator bidang. Mari kita bersama-sama melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan kepada kita dengan kesungguhan hati. Jangan sungkan untuk sharing jika menemui kendala atau masalah. Kita sama-sama belajar,” pesan Sumida kepada semua relawan.

Usai kata sambutan dilanjutkan dengan penyerahan tanda terima kasih kepada Sumida dan Ju Fang oleh Aini Lidjaja selaku Wakil Ketua He Qi Jati dengan diiringi lagu Ting Wo Shuo Xie Xie Ni (Dengarkan Ucapan Terima Kasihku Kepadamu). Dalam lagu ini terkandung ungkapan terima kasih bagi orang-orang yang berharga dan berjasa. Irama lagu yang ceria membuat suasana kekeluargaan yang terasa sejak awal acara bertambah hangat.

Ketua Hu Ai Mandala periode 2024-2025, Elsa Huang, menjelaskan agenda kerja 2024 kepada para relawan.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan jajaran pengurus periode 2024-2025 yang meliputi ketua komunitas dan wakilnya oleh MC dan koordinator bidang beserta wakil-wakilnya oleh Elsa Huang selaku Ketua Hu Ai Mandala yang baru. Tidak ketinggalan agenda kerja sepanjang tahun 2024 juga dipaparkan. Ini bertujuan agar para relawan memiliki gambaran yang jelas tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan. “Mari kita bersatu hati merealisasikan semua kegiatan yang telah diagendakan. Sesuai dengan tema hari ini, mari kita genggam kesempatan bersumbangsih dengan bahagia. Dengan hati yang bahagia, segala sesuatu tidak akan sulit untuk dilakukan,” ajak Elsa kepada semua relawan.

Dalam gathering ini juga ditampilkan isyarat tangan (shou yu) lagu La Che Xiang Qian Xing (Menarik Kereta Maju ke Depan) yang diperagakan oleh para relawan komite. Lagu ini menyiratkan ajakan kepada semua relawan untuk bersama-sama mengerjakan misi-misi Tzu Chi dengan rajin dan pantang menyerah. Walaupun tidak selalu gampang dan menemui hambatan, jika dikerjakan dengan kesungguhan hati dan ketulusan, niscaya dapat terlaksana semua misi Tzu Chi yaitu 4 misi utama dan 8 jejak langkah yang meliputi misi amal, pengobatan dan kesehatan, pendidikan, budaya humanis, bantuan internasional, donor sumsum tulang, pelestarian lingkungan dan relawan komunitas. Suasana semakin meriah saat semua relawan bersama-sama ikut memperagakan isyarat tangan lagu tersebut.

Semua relawan ikut memperagakan isyarat tangan membuat suasana semakin ceria dan meriah.

Gathering kali ini dihadiri tiga relawan baru yang telah mengikuti sosialisasi, yaitu Marta, Jen Fei, dan Hernawaty. Terkesan dengan kontribusi Tzu Chi bagi masyarakat dengan tidak memandang suku, agama, ras dan bangsa, dan semangat relawan Tzu Chi yang tidak kenal lelah dan tanpa pamrih serta keinginan hati untuk ikut bersumbangsih, mereka bertiga diajak salah satu relawan bergabung dalam keluarga besar Tzu Chi. “Senang rasanya dapat mengikuti gathering, terasa keceriaan dan kekeluargaan antara relawan,” kata Hernawaty. “Saya juga ingin ikut berkontribusi seperti yang dilakukan relawan Tzu Chi. Semoga dengan bergabung dalam Tzu Chi, saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik,” sambungnya antusias.

Jelang akhir acara, para relawan diajak mendengarkan ceramah Master Cheng Yen bertema “Menyambut Musim Semi dengan Menanam Berkah dan Menggarap Ladang Bathin”. Master Cheng Yen sangat bersyukur karena selama lebih dari 60 tahun, misi Tzu Chi telah dijalankan di tiap-tiap negara. Semakin banyak orang baik, semakin banyak pula berkah yang tercipta. Energi berkah dapat melenyapkan bencana. Lebih lanjut Master Cheng Yen berkata bahwa misi Tzu Chi didasarkan pada semangat Buddha lebih dari 2.500 tahun yang lalu. Dalam Sutra Teratai, Buddha berkata bahwa Beliau datang ke dunia demi satu tujuan utama, yaitu mengajarkan praktik Bodhisatwa. “Seiring berjalannya waktu, kita harus semakin tekun dan bersemangat. Kita hendaknya terus menapaki jalan Bodhisatwa dengan tekun dan bersemangat,” nasihat Master Cheng Yen.

Aini Lidjaja berpesan kepada para pengurus yang terpilih untuk bersatu hati melaksanakan tugas dan konsisten terhadap tanggung jawab yang diemban.   

Dalam pesan cinta kasihnya, Aini Lidjaja, Wakil Ketua He Qi Jati memuji kinerja pengurus Hu Ai Mandala periode sebelumnya yang melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan memberi dukungan dan motivasi kepada pengurus Hu Ai Mandala periode 2024-2025. Aini merasa terharu dengan semangat, ketekunan, dan ketulusan para relawan dalam melaksanakan misi Tzu Chi. Aini berpesan kepada relawan untuk menggenggam kesempatan yang ada untuk bersumbangsih dengan senantiasa berpegang pada nilai-nilai gan en (bersyukur), zun zhong (menghormati), ai (cinta kasih) dalam setiap kegiatan Tzu Chi.

“Saya berharap kita semua dapat saling memahami, menghargai dan menghormati. Para pengurus baru yang telah terpilih hendaknya bersatu hati karena ini yang menjadi kekuatan kita untuk melaksanakan tugas dengan baik, serta yong xin (sepenuh hati) dan konsisten terhadap tanggung jawab yang kita emban,” kata Aini.

Acara diakhiri dengan doa dan foto bersama. Koordinator kegiatan, Elsa Huang, mengungkapkan rasa syukurnya atas kerja sama dan dukungan para relawan sehingga gathering kali ini berlangsung dengan baik dan lancar. “Harapan dari gathering ini, semua pengurus memiliki semangat Tzu Chi dalam mengemban misinya dan melaksanakannya dengan kesungguhan hati. Koordinator bidang amal harus memiliki semangat amal, koordinator bidang pendidikan memiliki semangat untuk mendidik, koordinator bidang pelestarian lingkungan memiliki semangat melestarikan dan melindungi Bumi,” tutur Elsa. Elsa yakin, dengan adanya semangat ini, saat menjalankan tugas akan terasa bahagia dan hasil kerja pun pasti berbeda.  

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

 Gathering He Qi Utara 1 yang Menghangatkan Hati

Gathering He Qi Utara 1 yang Menghangatkan Hati

24 Februari 2023

Suasana hangat sangat terasa siang itu, saat memasuki Xi She Ting, Tzu Chi Center, PIK, Jakarta. Para relawan dan peserta gathering saling menyapa dengan rasa syukur, setelah hampir tiga tahun tak bisa mengadakan kegiatan bersama karena pandemi.

Bersatu Hati, Harmonis, Saling menyayangi, dan Bergotong Royong

Bersatu Hati, Harmonis, Saling menyayangi, dan Bergotong Royong

09 November 2022
Seolah mengobati kerinduan, relawan Tzu Chi di Komunitas Xie Li Selatan (He Qi Pusat) mengadakan gathering. Selain mempererat silaturahmi, para relawan juga diajak mengenang sejarah terbentuknya komunitas ini.
Belajar Menyuarakan Kebaikan

Belajar Menyuarakan Kebaikan

31 Juli 2023

Master of Ceremony atau MC adalah sebutan untuk seorang pembicara yang mengontrol atau mengatur jalannya suatu acara, baik acara formal maupun nonformal. Tzu Chi Medan pun pada Minggu, 23 Juli 2023 mengadakan kelas MC supaya semakin banyak relawan yang bisa menjadi MC di acara-acara Tzu Chi.

Giat menanam kebajikan akan menghapus malapetaka. Menyucikan hati sendiri akan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -