Semangat Relawan Tzu Chi Tangerang Mendukung Program 21 Hari Vegan

Jurnalis : Yuliawati Yohanda (Tzu Chi Tangerang), Fotografer : Yuliawati Y, Aifen, Mega, Jankie, Lim Eng Nie (Tzu Chi Tangerang)

Relawan Tzu Chi Tangerang, Aminah dan Dina Shijie menata dan merapikan kotak makanan sebelum dikirimkan kepada para peserta Program Tantangan 21 Hari Diet Vegan Utuh.

Program Tantangan 21 Hari Diet Vegan Utuh Tahap ke 3, dimulai pada 11 Juni sampai 1 Juli 2022. Program ini didampingi oleh Dr. Drs Susianto, MKM (President of WVD & VSI) dalam pelaksanaannya. Sebelum program berjalan, para peserta melakukan Medical Check Up (MCU) di Tzu Chi Hospital, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara untuk mengetahui kondisi kesehatan para peserta. Di akhir program ini juga akan dilakukan medical check up juga kepada para peserta untuk melihat perubahan apa yang terjadi setelah para peserta selama 21 hari mengonsumsi makanan vegan yang sehat dengan gizi lengkap dan seimbang.

Berkaca dari program ini sebelumnya, banyak peserta yang merasakan dampak positif bagi kesehatannya setelah mengikuti program ini. Ada yang tekanan darahnya yang semula tinggi menjadi normal, kadar gula dan kolesterol yang sebelumnya tinggi menjadi normal dan seimbang.

Para relawan Tzu Chi Tangerang bergotong royong membantu memotong sayur-sayuran sehari sebelumnya agar esok pagi memasak di dapur Tzu Chi Center, PIK, tidak terlalu keteteran karena semua bahan sudah disiapkan. Masakan pun bisa siap tepat pada waktunya.

Bagi mereka yang mengikuti program ini, panitia akan menyediakan dua set menu makanan vegan untuk siang dan malam setiap harinya selama 21 hari dengan biaya 70 ribu per hari. Makanan dapat diambil sendiri oleh peserta ataupun melalui layanan pengiriman via ojek online. Selain diikuti oleh relawan Tzu Chi di berbagai wilayah di Jakarta, relawan Tzu Chi Tangerang juga turut berpartisipasi dalam program yang selaras dengan misi pelestarian lingkungan dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman (nabati).

Lima Puluh Tahun Bervegetaris

Aminah (68), relawan Tzu Chi yang juga sebagai Fungsionaris Tim Konsumsi Tzu Chi Tangerang beberapa kali belanja ke pasar dekat rumahnya dikawasan Cibodas, Tangerang untuk program 21 Hari Vegan ini.

Di Tangerang sendiri ada 7 orang relawan dan 3 dari masyarakat umum yang mengikuti program ini. Salah satunya adalah Aminah Shijie (Shijie: panggilan akrab untuk relawan wanita), relawan Tzu Chi Tangerang yang berumur 68 tahun. Aminah sendiri sudah bervegetarian selama 50 tahun sejak tahun 1972. Hal yang dirasakan Aminah setelah selama 21 hari mengonsumsi makanan vegan ini berat badannya turun 2 kilo, dari semula 57 kg menjadi 55 kg.

Walaupun masih suka makan gorengan, tapi Aminah tidak memerlukan obat kolesterol dan tiada keluhan apapun ditubuhnya. Hal ini mungkin berkaitan dengan pola makannya yang sudah baik itu (kebiasaan bervegetaris), dimana sehari-hari Aminah hanya mengonsumsi buah-buahan dan pisang kepok kukus. “Sudah jarang makan nasi, dan saya kalau masak hanya untuk sendiri aja, jadi malas masak, tapi kalau memasak untuk rame-rame (banyak orang-red) saya sangat suka dan merasa sangat senang,” kata Aminah.

Ketua Tzu Chi Tangerang Johnny Chandrina juga turut terjun langsung membantu di dapur.

Relawan Tzu Chi Tangerang ketika mendapatkan tugas memasak untuk Program Tantangan 21 Hari Diet Vegan Utuh di dapur Tzu Chi Center, Jakart Utara.

Selain sebagai peserta, Aminah juga berpartisipasi dalam penyiapan menu makanan. Relawan Tzu Chi Tangerang sendiri turut berpartisipasi menggarap ladang berkah menyiapkan makanan vegan, bergantian tugas dengan He Qi lainnya. Selain ikut memasak di dapur, Aminah juga mendapatkan “tugas” untuk berbelanja beberapa kebutuhan masak di dapur. Kebetulan rumahnya di daerah Cibodas, Tangerang dekat dengan pasar. “Ke pasar naik sepeda,” kata Aminah senang sambil membawa sekeranjang tempe.

Relawan Tzu Chi Tangerang lainnya yang mengikuti program ini adalah Lily Santoso Shijie, yang juga sebagai penanggung jawab kegiatan ini di Tangerang. “Setelah mengikuti program ini selama dua minggu, badan terasa lebih ringan, dan berat badan turun 1 kg. Dampak lainnya yang terasa jadi lebih mudah mengatasi emosi atau nafsu makan yang berlebihan,” ungkap Lily Shijie.

Joni Yu, relawan Tim Konsumsi Tzu Chi Tangerang sedang mengoseng Jamur tanpa minyak sesuai anjuran makanan sehat Vegan. Shixiong Joni Yu harus bangun lebih pagi tetapi beliau merasa senang dan puas jika semua peserta/Relawan menyukai masakan yang dibuatnya. Melalui kegiatan ini ia juga belajar lagi bagaimana cara memasak makanan Vegan yang benar baik dan sehat.

Relawan menata dan menyajikan menu makanan vegan pada 26 Juni 2022. Ada sekitar 125 kotak makanan vegan untuk siang dan malam. Total relawan menyiapkan 250 kotak makanan.

Menurut Lily, Program 21 Hari Vegan ini adalah untuk mengajak para peserta menjalani pola makan sehat dan vegan, dimana nantinya juga akan terdapat beberapa sesi pembekalan pengetahuan mengenai kaitannya antara vegan dengan kesehatan. “Dengan adanya program ini, setiap relawan juga dapat menjalin kekompakan di setiap komunitas, bagamana mengatasi berbagai kesulitan atau kendala dalam persiapan dan sebagainya. Kepuasan peserta adalah kepuasan kami juga, semoga ke depannya semakin banyak masyarakat yang mengikuti pola makan vegan ini,” kata Lily berharap.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Gubernur Sumut Sukses Ikuti Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh

Gubernur Sumut Sukses Ikuti Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh

13 Desember 2021

Gubernur sumatra Utara, Edy Rahmayadi berhasil mengikuti putaran ketiga Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh yang digelar oleh relawan Tzu Chi Medan.

Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh: “Inilah Aku yang Baru”

Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh: “Inilah Aku yang Baru”

02 Desember 2021

Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh yang diadakan Tzu Chi Indonesia sejak 6-26 November 2021 memberikan hasil signifikan pada kondisi kesehatan 114 pesertanya.

Kisah Sukses Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh di Medan

Kisah Sukses Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh di Medan

09 Desember 2021

Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh (Wholefood Vegan Diet) di Tzu Chi Medan terus bergulir, saat ini sudah memasuki putaran ketiga. Program ini diikuti oleh 96 peserta.

Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -