Serah Terima Sekolah dan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Sulawesi Tengah

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Menko PMK, Perwakilan Kementerian PUPR, Perwakilan Polri, Perwakilan BNPB, Perwakilan Tzu Chi Indonesia, dan pejabat Pemkot Palu dan Pemkab Sigi, Sulawesi Tengah berfoto bersama dalam acara serah terima tata kelola Sekolah dan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Sulawesi Tengah.

Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Sulawesi Tengah (Palu dan Sigi) yang telah diresmikan pada September 2021 lalu kini tata kelola bangunannya diserahkan kepada pemerintah setempat. Kegiatan penyerahan ini diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia yang saat ini memonitoring pemulihan pascabencana di Sulawesi Tengah dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia pada Kamis, 19 Mei 2022.

Kegiatan penyerahan yang dilaksanakan di Kantor Menteri PMK, Jakarta Pusat ini dihadiri Menko PMK, Perwakilan Kementerian PUPR, Perwakilan TNI, Perwakilan Polri, BNPB, Perwakilan Tzu Chi Indonesia, dan pejabat terkait dari Sulawesi Tengah.

Dalam kegiatan ini dilakukan penandatanganan penyerahan secara resmi Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako dengan 1.500 unit rumah serta gedung serbaguna kepada Pemerintah Kota Palu. Serta penyerahan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe dengan 500 unit rumah kepada Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Salah satu prosesi penandatanganan serah terima tata kelola Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe (500 unit rumah) kepada Pemkab Sigi disaksikan Menko PMK, Muhadjir Effendy.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy menyambut baik dan berterima kasih kepada Tzu Chi atas penyerahan tata kelola Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Sulawesi Tengah kepada Pemkot Palu dan Pemkab Sigi ini.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan jangan bosan-bosan kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk terus memberikan dukungan kepada masyarakat melalui pemerintah, karena kehadiran lembaga-lembaga swadaya masyarakat, volunteer, kemudian filantropi justru menjaga kekuatan utama dalam menyangga kehidupan masyarakat sipil di Indonesia,” ungkap Menko PMK, Muhadjir Effendy.

Selain Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Sulawesi Tengah, dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan gedung sekolah yang berada di kompleks Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu kepada Kapolda Sulawesi Tengah untuk pengelolaan kedepannya.

Sekertaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin berharap bantuan besar ini dapat dikelola dan dirawat dengan baik kedepannya saat diwawancarai awak media.

Hong Tjhin, Sekertaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang menandatangani penyerahan tata kelola sekolah dan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Palu dan Sigi, Sulawesi Tengah ini juga berharap bantuan besar ini bisa dipergunakan sebaik-baiknya dan bisa dirawat kedepannya.

“Saya rasa ini adalah suatu seremoni dari sebuah perjalanan panjang ketika relawan Tzu Chi membantu korban bencana gempa, likuefaksi, dan tsunami di Sulawesi Tengah. Kegiatan ini secara resmi adalah serah terima aset kepada pemerintah lokal dan pemerintah pusat, termasuk juga juga kepada Kepolisian untuk mengelola Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi yang ada di Tadulako. Mudah-mudahan jerih payah dari semua relawan, dari semua donatur, termasuk yang dibantu, dan semua yang terlibat bisa merasakan bersyukur atas jalinan jodoh yang baik ini,” kata Hong Tjhin.

Penyerahan plakat dari Kemenko PMK sebagai bentuk apresiasi kepada Tzu Chi Indonesia karena ikut membantu pemulihan pascabencana di Palu dan Sigi, Sulawesi Tengah diserahkan langsung oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy kepada Sekertaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin.

Selain penandatanganan, dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan plakat dari Kemenko PMK kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Plakat ini sebagai bentuk apresiasi kepada Tzu Chi karena telah ikut membantu memulihkan kehidupan masyarakat pascabencana di Sulawesi Tengah.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Serah Terima Sekolah dan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Sulawesi Tengah

Serah Terima Sekolah dan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Sulawesi Tengah

23 Mei 2022

Tzu Chi Indonesia menyerahkan tata kelola Sekolah dan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Sulawesi Tengah kepada pemerintahan setempat.

Gempa Palu: Kepedulian untuk Donggala Palu

Gempa Palu: Kepedulian untuk Donggala Palu

01 Oktober 2018
Relawan Tzu Chi Makassar bergerak menuju Rumah Sakit Sayang Rakyat Makassar untuk memberikan perhatian dan pendampingan pada beberapa pasien korban gempa dan tsunami Palu yang dirawat di sana.
Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi, Jawaban Dari Doa-doa Warga Palu

Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi, Jawaban Dari Doa-doa Warga Palu

15 Maret 2020
Air mata berlinangan di pipi Marlina Manopo (33) saat hendak mengambil nomor huni rumah Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Sabtu 14 Maret 2020. Sesekali ia mengusap air mata itu dengan ujung jilbabnya.
Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -