Memutus Rantai Covid-19, Masyarakat Sambut Positif dengan Ikut Vaksin

Jurnalis : Sutriani (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Anto (Tzu Chi Makassar)


Relawan Tzu Chi dan salah satu perawat sedang membantu lansia berdiri saat ingin melakukan vaksinasi.

Tzu Chi Makassar bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat khususnya lansia dan relawan Tzu Chi, mulai Kamis, 25 Maret 2021 hingga Sabtu, 31 Maret 2021.

Vaksinasi tersebut mengangkat tema: Mari Sukseskan Program Makassar Recover, Masyarakat Sehat Ekonomi Bangkit, proses vaksinasi ini dilaksanakan di Hotel Makassar Golden Hotel (MGH), Jalan Penghibur. Kegiatan tersebut dimulai pukul 8.00 WITa, para peserta mulai berdatangan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan saat proses pendaftaran sebelumnya di Kantor Tzu Chi Makassar.


Perawat sedang menyutikkan vaksin kepada salah satu peserta.

Peserta yang datang diarahkan untuk memperlihatkan scan barcode yang sudah ada di handphone masing-masing. Mereka menuju meja untuk registrasi dan pengecekan data kembali. Tahap selanjutnya, peserta di skrining dengan pemeriksaan tekanan darah, suhu, dan dipertanyakan riwayat dan kesiapannya. Setelah itu, barulah peserta disuntik vaksin. Usai vaksin, peserta diarahkan untuk tahap observasi selama 30 menit. Jika merasa baik-baik saja, maka akan diarahkan untuk pulang. Jika ada gejala tertentu maka dinas kesehatan juga telah hadir untuk mengawasi dan melakukan tindakan medis.

Koordinator kegiatan vaksinasi, Henny Laurence mengatakan, untuk pendaftaran peserta sudah dimulai seminggu sebelum kegiatan. Cukup dengan membawa KTP, hingga sekarang, peserta sudah mencapai 10 ribu orang. “Jadi pelaksanaan vaksin dibagi setiap hari menjadi 600 – 650 orang perhari selama tiga hari. Karena sampai saat ini masih ada yang datang mendaftar,” katanya.


Relawan Tzu Chi sedang menyapa peserta vaksin yang datang agar perasaannya lebih tenang.

Henny mengungkapkan, ada lima Puskesmas yang datang membantu, di antaranya Puskesmas Cendrawasih, Puskesmas Pacerakang, Puskesmas Merdeka, Puskesmas Tamalanrea, dan Puskesmas Tabaringan.

Menurut Henny, vaksinasi ini bertujuan untuk membentuk kekebalan dan munurunkan angka penularan Covid-19. Ia berharap dengan adanya proses vaksin dapat melindungi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. “Ini gratis kepada masyarakat dan relawan yang memenuhi persyaratan artinya tidak komorbit, hamil, tidak menyusui, dan tidak pernah terinfeksi,” terangnya.


Proses registrasi dan vaksinasi.

Sementara itu, Ketua Tzu Chi Makassar, Soandy Gosal menambahkan, Tzu Chi bekerja sema dengan Pemkot Makassar. Untuk hari pertama, diutamakan ke lansia, setelah lansia selesai barulah para relawan Tzu Chi.

“Pendaftaran tidak lagi dengan sistem manual. Tapi menggunakan barcode, selain itu, semua peserta waktu kehadirannya sudah diatur pada jam tertentu sehingga tidak menumpuk,” jelas Soandy.

Sementara itu, untuk vaksin tahap kedua. Akan dilangsungkan pada 22 April mendatang, prosesnya pun juga akan sama. Vaksin tahap pertama di hari pertama ini akan menjadi evaluasi dan diperbaiki di tahap kedua jika memang ada yang harus dibenahi.


Para peserta sedang menunggu di ruang tunggu untuk selanjutnya ke proses registrasi.

Salah satu peserta vaksinasi, Charlie Iswandy (62) mengungkapkan rasa syukurnya karena akhirnya telah melakukan vaksin. Ia turut berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses.

“Terimakasih kepada Tzu Chi yang sudah melaksankan proses vaksin ini, saya merasa lega. Semoga kedepan kita tetap sehat-sehat dan memutus rantai penularan Covid-19 ini dengan cepat. Kalau perlu, wabah ini segera hilang,” ungkapnya saat berada di ruang observasi.

Ia pun memilih mengukuti vaksin di Tzu Chi Makassar karena sudah tahu bahwa pelayanannya sangat ramah, tepat waktu, rapi, dan sangat disiplin.

“Saya sudah vaksin, ayomi (yuk) vaksin supaya kita sehat sama-sama,” tutur Charlie.

Editor: Metta Wulandari


Artikel Terkait

Pemberian Vaksinasi MR dan Pengenalan Penyakit Kaki Gajah

Pemberian Vaksinasi MR dan Pengenalan Penyakit Kaki Gajah

26 Oktober 2018
Vaksinasi Measles Rubella (MR) atau yang dikenal dengan imunisasi rubella merupakan program yang menjadi prioritas pemerintah saat ini guna mengendalikan penyakit campak dan rubella yang mematikan. Tepat pada Jumat, 12 Oktober 2018 Posyandu LBLE Pondok 1 Long Buluh Estate bersama para anggota Dharmawanita Tzu Chi LBLE memberikan vaksinasi MR kepada anak–anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.
Tzu Chi Talk: Vaksin Covid-19 Apakah Perlu?

Tzu Chi Talk: Vaksin Covid-19 Apakah Perlu?

31 Januari 2021
Vaksin Covid-19 menjadi sebuah harapan yang sudah lama dinanti. Namun di sisi lain timbul berbagai pertanyan di tengah masyarakat terutama pemberian dan efek sampingnya. Inilah tema yang dibahas dalam Tzu Chi Talk episode perdana tahun 2021. 
Mendukung Program Vaksinasi Pemerintah Bagi Lansia

Mendukung Program Vaksinasi Pemerintah Bagi Lansia

07 April 2021

Bertempat di Aula Jing Si Batam, diadakan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi lansia pada tanggal 30 Maret sampai dengan 1 April 2021. Total ada sebanyak 1.815 lansia yang berhasil divaksinasi dalam kegiatan ini.

Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -