Paket Sembako untuk Mereka yang Membutuhkan

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Ketua Tzu Chi Bandung Djonni Andhella (kiri) memberikan paket sembako kepada salah satu warga. Sebanyak 850 paket sembako dibagikan untuk warga prasejatera menyambut Idul Fitri.

Menjalin jodoh baik untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023, relawan Tzu Chi di Bandung membagikan paket sembako untuk warga prasejatera di lingkungan sekitar Aula Jing Si Tzu Chi Bandung serta warga lain yang membutuhkan. Pembagian ini dilaksanakan di pelataran Aula Jing Si Bandung pada 15 April 2023.

Sebelumnnya pada tanggal 12 - 14 April 2023, relawan membagikan kupon kepada warga yang akan mendapatkan paket sembko ini. “Kebiasaan kita ya membagikan kupon kepada mereka (warga) sebelum mereka mendapatkan bantuan dari kita. Tujuannya untuk melihat kondisinya apakah warga ini benar-benar membutuhkan atau tidak, sekaligus kita menjalin jodoh baik siapa tahu mereka memerlukan bantuan lebih bukan hanya sembako jadi kita bisa bantu yang lain, seperti pengobatan atau lainnya,” terang Yulistina, relawan Tzu Chi Bandung.

Paket sembako ini berisikan 5 kg beras, 1 lt miyak goreng, 1 kg  gula pasir, 5 bungkus mi instan, dan 10 masker  medis.

Relawan turut membantu masyarakat yang kesulitan untuk membawa paket sembako.

Sebanyak 850 paket sembako yang berisikan beras (5 kg), minyak goreng (1 liter),  gula pasir (1 kg), mi instan ( 5 bungkus) dan masker (10 buah). Pada pembagian paket sembako ini relawan bahkan turut membantu masyarakat yang kesulitan untuk membawa paket sembakonya. Dengan wajah penuh senyum, relawan mengangkat karung-karung beras, kemudian mengantarkannya hingga ke kendaraan warga atau titik kumpul warga.

“Hari ini kita mengadakan baksos pembagian sembako untuk warga sekitar Aula Jing Si Bandung, paket yang kita bagikan berupa beras, minyak, gula, mi instan, serta masker untuk meringankan beban warga dalam menyambut Lebaran,” terang Trinimo, relawan Tzu Chi Bandung.

Tidak hanya memberikan bantuan sembako, relawan juga memberikan perhatian kepada warga.

Trinimo Putih memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan pembagian sembako ini.

Salah satu penerima bantuan adalah Sri Sukmawati (46). Warga Kelurahan Jamika, Kota Bandung ini sangat bahagia bisa menerima bantuan paket sembako ini. Pasalnya ia merupakan seorang  single parent yang harus menghidupi dan mencukupi kebutuhan dua orang anak yang masih sekolah.

Alhamdulillah mendapat paket sembako, ini dapat membantu kehidupan sehari-hari saya, apalagi sekarang saya kan sudah single parent jadi ini sangat membantu sekali. Saya ucapkan terima kasih kepada Buddha Tzu Chi, semoga selalu jaya, “ ungkap Sri Sukmawati.

Sri Sukmawati (46), warga Kelurahan Jamika Kota Bandung ini sangat bahagia bisa menerima paket sembako. Sri seorang single parent yang harus menghidupi dua orang anak yang masih sekolah sehingga bantuan ini baginya sangat berarti.

Sehari-hari Sri Sukmawati berjualan nasi kuning. Pendapatan yang tidak menentu membuatnya harus menghemat pengeluarannya. “Jualan nasi kuning ya berapa sih (pendapatannya), saya juga punya dua anak yang masih kecil, jadi harus hemat aja  buat pengeluarannya,” tambah Sri.

Warga lain yang mendapatkan paket sembako ini adalah Wulan Dewi (41), seorang ibu rumah tangga yang memiliki tiga orang anak. Wulan mengaku sangat bersyukur mendapakatkan paket sembako ini, yang bisa untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarganya. “Bantuan ini sangat bermanfaat buat keluarga saya dan bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari keluarga saya,” terangnya.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Paket Lebaran untuk Warga Pasar Lama Telaga Mas

Paket Lebaran untuk Warga Pasar Lama Telaga Mas

27 April 2023

Menjalin jodoh baik sekaligus turut meringankan beban warga di Telaga Mas, relawan Tzu Chi Pekanbaru memberikan bantuan Paket Lebaran untuk warga kurang mampu.

Sembako Menyambut Perayaan Idul Fitri

Sembako Menyambut Perayaan Idul Fitri

04 Mei 2023

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Xie Li Siak) menyalurkan bantuan sembako untuk warga prasejahtera di Desa Sam Sam, Kabupaten Siak, Riau dalam menyambut Idul Fitri 2023.

Warga Kampung Air Menerima Berkah dan Menciptakan Berkah Kembali

Warga Kampung Air Menerima Berkah dan Menciptakan Berkah Kembali

28 April 2023

Tzu Chi Batam memberikan bantuan beras (10 kg) kepada 1.048 warga di Kampung Air, Batam. Selain menerima, warga juga turut bersumbangsih sesuai kemampuan mereka.

Mengonsumsi minuman keras, dapat melukai orang lain dan mengganggu kesehatan, juga merusak citra diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -