Setetes Darah Sejuta Kehidupan

Jurnalis : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan), Fotografer : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan) Twondinata, Kenji M. (Tzu Ching Medan)

Antonio Silvalim juga berpartisipasi mendonorkan darahnya.

Masih dalam rangka memperingati ulang tahun Tzu Ching Medan yang ke-13 yang jatuh pada 10 Oktober 2023, Muda-mudi Tzu Chi atau biasa disebut Tzu Ching, mengadakan donor darah di Universitas Prima Indonesia yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, kota Medan, 15 Oktober 2023.

Satu hari sebelumnya, para anggota Tzu Ching ditemanin para pembina Tzu Ching Medan sudah berkumpul menyiapkan barang-barang yang diperlukan seperti menyusun meja untuk pendaftaran, meja pengecekan tekanan darah dan Hb, meja suvenir, meja untuk konsumsi donor, meja untuk pojok TIMA dan menyusun kursi untuk ruang tunggu.

Dewi Permata Sari (kanan) sedang mengecek gula darah dan konsultasi kesehatan dengan TIMA atau tim medis Tzu Chi.

Suasana donor darah di hall Universitas Prima Indonesia.

Pagi, 15 Oktober 2023, tampak muda-mudi Tzu Chi dan tunas relawan Tzu Ching sudah berdatangan ke Universitas Prima Indonesia. Sebelum donor darah dimulai,  muda-mudi Tzu Chi dan  tunas relawan Tzu Ching, serta relawan Tzu Chi diberikan briefing dan kemudian melakukan doa bersama yang dipandu oleh Filbert. Antonio Silvalim selaku koordinator utama kegiatan kali ini memberikan kata sambutan. Ia mengatakan, donor darah ini bertujuan mengajak anak muda untuk meningkatkan jiwa sosial mereka dan juga pengabdian kepada masyarakat.

“Setiap manusia pasti membutuhkan darah terutama daerah yang terkena bencana, jadi saya memutuskan untuk melaksanakan aksi donor darah di Universitas Prima Indonesia sekaligus bisa mengajak para mahasiswa untuk  berbuat kebajikan bukan saja dari materi tapi bisa melalui donor darah,” ujar Antonio Silvalim.

Doa bersama para relawan dan tunas relawan sebelum memulai donor darah.

Berbuat kebajikan sambil menjaga kesehatan, ini yang dilakukan oleh Dewi Permata Sari (19) melalui donor darah ini. Mahasiswi jurusan Akuntasi ini juga terinspirasi oleh orang tuanya yang kerap mendonorkan darah. Ia menyadari, donor darah dapat menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan sekaligus menjaga kesehatan diri sendiri.  “Selain membantu orang kita juga sehat,” ucapnya.

Donor darah yang digelar sejak pukul 8 pagi hingga 12 siang ini pun berhasil mengumpulkan  63 kantong darah.  Para donor juga mendatangi stan kesehatan tim Medis Tzu Chi atau TIMA yang memberikan konsultasi Kesehatan dan pemeriksaan gula darah secara gratis. Dr. Willey Eliot M.Kes salah seorang tim medis Tzu Chi mengatakan darah yang berasal dari remaja biasanya memilki kualitas yang lebih baik, ia juga berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi anak muda bisa membangun rasa empati untuk membantu sesama.

Pengecekan tekanan darah dan hemoglobin para calon donor.

“Kita berbuat kebaikan bukan hanya melalui materi saja tapi bisa dengan berdonor darah, nah kenapa kita sarankan donor darah, ternyata donor darah baik untuk kesehatan kita sendiri karena darah yang kita sumbangkan bisa membantu sesama yang membutuhkan dan kita juga bisa mendapatkan darah yang baru yang dibentuk kembali oleh tubuh kita.”

Lewat kegiatan donor darah ini relawan muda-mudi Tzu Chi atau Tzu Ching bersama dengan Tunas relawan telah menggalang puluhan hati anak muda untuk berbuat kebaikan. Melalui kegiatan donor darah mengajarkan kita bahwa berbagi tidak hanya sekedar materi melainkan bisa melalui setetes darah yang disumbangkan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Mengawali 2019 dengan Berbuat Kebajikan

Mengawali 2019 dengan Berbuat Kebajikan

07 Januari 2019

Mengawali tahun 2019, Minggu, 6 Januari, Tzu Ching Unpri (Universitas Prima Indonesia) mengajak para mahasiswa dan masyarakat untuk berbuat kebajikan dalam kegiatan Donor Darah. Kegiatan ini adalah kegiatan pertama yang meraka adakan dan bertempat di RSU Royal Prima, Jl. Ayahanda No. 68 A, Medan


Setiap Tetes Darah Merupakan Wujud Cinta Kasih

Setiap Tetes Darah Merupakan Wujud Cinta Kasih

26 April 2021

Kelangkaan darah sering terjadi di Bulan Suci Ramadan. Untuk mendukung pasokan darah di Kota Batam, Tzu Chi mengadakan Donor Darah yang ke-2 di tahun 2021 pada 18 April 2021 di Aula Jing Si Batam.

Setetes Darah, Sejuta Kasih yang Mengalir

Setetes Darah, Sejuta Kasih yang Mengalir

31 Maret 2016 Pada Minggu, 20 Maret 2016, relawan Tzu Chi Padang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kembali mengadakan donor darah untuk ke-13 kalinya di Kantor Tzu Chi Padang.
Dengan keyakinan, keuletan, dan keberanian, tidak ada yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -