Setetes Darah yang Bermakna

Jurnalis : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Stephen Siega, Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)

Tzu Chi Palembang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang mengadakan kegiatan donor darah di Sekolah Kusuma Bangsa, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang.

Pada Minggu, 17 Oktober 2021 relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Tamken mengadakan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang. Dari hasil pertemuan bersama, maka kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan di Sekolah Kusuma Bangsa, Palembang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19.

Sehari sebelum kegiatan donor darah berlangsung, para relawan Tzu Chi Palembang dan petugas PMI Kota Palembang juga bergotong royong mempersiapkan dan meyusun semua kebutuhan untuk kegiatan donor darah tersebut.

Para peserta yang akan mengikuti kegiatan donor darah diwajibkan untuk melakukan registrasi dan mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19.

Pemeriksaan kesehatan, cek darah, serta hemoglobin juga diwajibkan bagi para peserta yang akan mengikuti donor darah.

Pada hari pelaksanaan, para peserta juga diwajibkan untuk melakukan registrasi serta menjalankan protokol kesehatan terkait Covid-19 seperti mengecek suhu tubuh, mencuci tangan, dan memakai masker. Setelah proses registrasi selesai, para peserta melakukan pengecekan golongan darah dan tes hemoglobin.

Dari 162 peserta yang mendaftar, hanya 147 orang yang bisa mendonorkan darahnya. Sedangkan 15 peserta lainnya gagal mengikuti kegiatan donor darah karena kondisi kesehatan menurun dan belum memenuhi syarat saat pengecekan hemoglobin.

Salah satu relawan Tzu Chi Palembang juga menjadi peserta donor darah. Dalam kegiatan ini sebanyak 147 peserta berhasil mendonorkan darahnya.

Akhmad, salah satu peserta donor darah yang merupakan anggota KBPPP (Keluarga Besar Putra Putri Polri) juga sangat senang bisa bersumbangsih lewat kegiatan ini. Para peserta yang sudah mengikuti kegiatan donor darah ini juga mendapatkan bingkisan dari PMI.

“Saya senang bisa bersumbangsih dengan mendonorkan darah untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Saya sangat mengapresiasi dan bangga kepada Yayasan Buddha Tzu Chi karena kegiatan donor darah ini cukup baik, pelayanannya bagus, dan mudah-mudahan kedepannya lebih baik lagi,” ungkap Akhmad.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Mengawali 2019 dengan Berbuat Kebajikan

Mengawali 2019 dengan Berbuat Kebajikan

07 Januari 2019

Mengawali tahun 2019, Minggu, 6 Januari, Tzu Ching Unpri (Universitas Prima Indonesia) mengajak para mahasiswa dan masyarakat untuk berbuat kebajikan dalam kegiatan Donor Darah. Kegiatan ini adalah kegiatan pertama yang meraka adakan dan bertempat di RSU Royal Prima, Jl. Ayahanda No. 68 A, Medan


Donor Darah untuk Kemanusiaan

Donor Darah untuk Kemanusiaan

22 April 2022

Selama bulan Ramadan stok kebutuhan darah Palang Merah Indonesia (PMI) mulai menurun. Untuk itu, pada hari Minggu, 17 April 2022, Yayasan Buddha Tzu Chi Tj. Balai Karimun bersama dengan PMI kembali melaksanakan kegiatan donor darah.

Niat Membantu Sesama

Niat Membantu Sesama

19 Desember 2019

Sabtu, 14 Desember 2019,  relawan komunitas He Qi Barat 1 kembali mengadakan kegiatan donor darah di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Alur Dahlia, Tegal Alur, Jakarta Barat.

Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -