Sukacita dalam Paket Imlek yang Penuh Kasih

Jurnalis : Lily Tedja (He Qi Pusat) , Fotografer : Wiryani Dewi, Lily Tedja, Ester Kuntjoro (He Qi Pusat)

Paket Cinta Kasih tersusun rapi siap dibagikan kepada warga Cikarang.

Momentum Imlek 2574 yang bertepatan di Bulan Januari 2023, kembali Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menjalin untaian kasih dengan warga Cikarang Utara, Jonggol dan Cibarusah dengan pembagian Beras Cinta Kasih. Ada sebanyak 364 paket untuk warga Cikarang Utara yang dibagikan di Klenteng Tek Seng Bio, juga 250 paket dibagikan di Klenteng Shia Jin Kong dan 58 paket dibagikan di Klenteng Virya Dhamma. Paket ini berisi 5 kg beras, 20 mi instant, 2 liter minyak, 10 masker dan 1 buah kue keranjang yang menambah semangat para penerima bingkisan dalam menyongsong Imlek.

Xie Lie Cikarang Kota
Diawali dengan pembagian kupon secara door to door yang dilaksanakan pada 7 Januari 2023 oleh relawan CK Kota langsung kepada warga Cikarang Utara dengan rasa suka cita. Pada 14 Januari 2023, diwarnai dengan cuaca panas dengan berpayung awan tipis mendampingi relawan Cikarang Kota dalam pembagian Paket Cinta Kasih di Klenteng Tek Seng Bio, Cikarang Utara.

Veriyanto The memberikan briefing kepada para relawan sebelum acara.

Warga penerima paket Cinta Kasih  Cikarang bersatu dalam doa.

Dengan semangat 33 relawan yang tiba sejak pukul 07.00 WIB  mempersiapkan lokasi untuk menunjang kelancaran acara. Pembagian Paket Cinta kasih ini merupakan gabungan pembagian dari Vihara Dhamma Metta sebanyak 113 paket, Vihara Tirta Bakti sebanyak 176 paket dan Klenteng Tek Seng Bio sebanyak 71 paket.

Acara dibuka tepat pukul 08.00 WIB dengan diawali doa bersama dengan Romo Toto Wijaya dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Veriyanto The, selaku Ketua Hu Ai Cikarang. Ia berharap dengan pembagian beras Cinta Kasih ini semoga bisa memberikan manfaat kepada warga penerima. Bukan berapa nilai yang diberikan tetapi niat ketulusan dan cinta kasih yang diberikan.

Romo Toto Wijaya memimpin doa.

Ketua Tek Seng Bio, Culing  dalam kata sambutannya sebagai Ketua Klenteng Tek Seng Bio sangat bersyukur kepada Yayasan Buddh Tzu Chi Indonesia yang masih berkenan memberikan tanda kasih kepada warga Cikarang Utara.

“Semoga kedepannya program kasih ini dapat berlanjut dan memberi manfaat kepada saudara-saudara kita. Semoga juga Thian juga memberikan perlindungan dan kelancaran kepada kita semua dalam menyongsong tahun 2023 penuh makna dan suka cita,” tuturnya.

Sebelum  dimulai pembagian Paket Cinta Kasih, warga Cikarang Utara diajak memperagakan gerakan isyarat tangan lagu “Satu Keluarga” dengan sukacita. Acara selanjutnya adalah penyerahan secara simbolis paket cinta kasih kepada warga Cikarang Utara dan dilanjutkan pemberian paket cinta kepada warga dengan menukar kupon terlebih dahulu dan dilanjutkan pengambilan paket Cinta Kasih.

Pancaran kebahagian  Ibu Mariyati saat menerima paket Cinta Kasih.

Salah satu penerima paket Cinta Kasih, Ibu Mariyati (63), warga Cikarang Jati yang menderita glaukoma. Ia sangat berbahagia dengan adanya bantuan paket Cinta Kasih di usia senjanya tanpa pekerjaan, ini adalah berkah yang sangat tidak terduga. “Saya sangat senang sekali menerima beras ini. Saya berharap mata saya bisa melihat kembali agar bisa bekerja kembali.’  Ujar ibu Mariyati sambil mengusap air mata antara kesedihan dan kebahagian.

Tidak terasa waktu sudah menujukkan pukul 12.00 WIB, dan semua pembagian telah selesai dilakukan. Dengan ditemani sang matahari tepat di atas kepala relawan merapikan kembali peralatan dan lokasi dan pulang ke rumah masing-masing dengan rasa syukur atas kesempatan ladang berkah dalam kebersamaan ini.

Xie Li CK Lippo
Diawali dengan pembagian kupon kepada warga Jonggol dan Cibarusah pada 8 Januari 2023 langsung kepada warga sekitar. Para relawan Xie Lie CK Lippo pada 15 Januari 2023 memberikan paket Cinta Kasih kepada warga Jonggol di Klenteng Shia Jin Kong sebanyak 250 paket dan Klenteng Virya Dhamma sebanyak 58 paket. Cuaca yang cerah menemani relawan yang berkumpul mulai 07.00 WIB dan diawali dengan menata lokasi serta briefing  akan tugas masing-masing relawan.

Suasana pembagian paket Cinta Kasih di Klenteng Shia Jin Kong.

Maria Silviyanti selaku PIC acara, sangat bersyukur akan ladang berkah kali ini. “Walaupun lokasi agak jauh dari tempat tinggal saya, dan rute menuju ke lokasi lumayan, namun kalau kita bertekad dan berniat tulus semua pasti akan diberikan jalan kelancaran. Berharap paket yang akan kita berikan tepat sasaran dan tepat manfaat kepada saudara kita. Walaupun mungkin ini tidak seberapa namun ketulusan dari kami semoga saudara-saudara kita terbantu,” ujar Maria Silviyanti.

Waktu sudah menunjukkan pukul 08.00 Wib.  Pembagian Paket Cinta Kasih dimulai dengan diiringi lagu dan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari perwakilan Yayasan Buddha Tzu Chi, Helen Suryana selaku  Wakil Ketua Hu Ai Cikarang dalam memperkenalkan Tzu Chi kepada warga Jonggol.

Selanjutnya kata sambutan dari Ketua Klenteng Shia Jin kong, Johanes yang sangat senang dengan kasih yang diberikan Tzu Chi kepada warga Jonggol. Sukacita menyelimuti saat para relawan menampilkan isyarat tangan lagu Satu Keluarga, dilanjutkan dengan pemberian paket simbolis kepada  warga Jongggol.  Suasana lancar dan tertib dalam pembagian paket Cinta Kasih kali ini.

Ibu Cacau, 68 tahun dengan kaki yang sakit mengutarakan, “kamsia kepada Buddha Tzu Chi, berdoa sama Tuhan tian, shin beng, bermanfaat diterima dunia akhirat.’ ujar ibu Cacau dengan senyum bahagia terpancar di raut mukanya.

Paket untuk Klenteng Virya Dhamma tertata rapi siap diberikan.

Waktu sudah menunjukkan pukul 10.30 WIB dan sebagian paket Cinta Kasih untuk warga Jonggol sudah diserahkan dengan lancar. Beberapa relawan berada di Klenteng Shia Jin Kong sampai semua paket diserahkan kepada warga, sebagian relawan mempersiapkan diri menuju Klenteng Virya Dhamma untuk menyerahkan 58 paket kepada warga Cibarusah.

Pada saat relawan sampai di Klenteng Virya Dhamma, warga  penerima paket Cinta Kasih telah tiba sebagian. Tidak banyak waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan lokasi dan acara seremonial dimulai dengan berdoa bersama, dan pesan cinta kasih dari Herti selaku Wakil Ketua Xie Lie Cikarang Kota dan kemudian  dilanjutkan pesan cinta kasih dari Ibu Suan Nio selaku Ketua Klenteng Virya Dhamma. Setelah penyerahan secara simbolis kepada warga Cibarusah, pemberian paket Cinta Kasih dimulai dengan mengutamakan warga yang lansia.

Penuh syukur acara berjalan tanpa kendala dan terlaksana dengan baik dan pada pukul 12.00 WIB. Dengan peraasaan lega, bahagia dan syukur atas sukacita hari ini relawan merapikan lokasi dan pulang dengan tawa canda ceria. 

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

7.000 Paket Imlek untuk Warga Jabotabek dan Karawang

7.000 Paket Imlek untuk Warga Jabotabek dan Karawang

17 Januari 2023

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia membagikan 7.000 paket sembako kepada warga yang merayakan Imlek dan warga yang membutuhkan ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Karawang.

Menebar Cinta dalam Bingkisan Sembako

Menebar Cinta dalam Bingkisan Sembako

27 Januari 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang mengadakan bakti sosial pembagian beras dan sembako di Wihara Dhammaphala Tangerang. Sebanyak 240 paket yang diberikan masing-masing berisi beras 5 Kg, minyak goreng, gula, Mi DAAI, dan masker.

Paket Sembako untuk Menyambut Tahun Baru Imlek di Wilayah Lampung

Paket Sembako untuk Menyambut Tahun Baru Imlek di Wilayah Lampung

19 Januari 2023

Kamis, 12 Januari 2023 Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Lampung mengadakan pembagian sembako dalam rangka menyambut tahun baru Imlek.

Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -