Sukacita Imlek bersama Gan En Hu dan Anak Teratai

Jurnalis : Dea Paramita (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Asriani, Nicholas Salim (Tzu Chi Pekanbaru)
Sukacita Tahun Baru Imlek bersama para Gan En Hu dan juga anak-anak Teratai (penerima bantuan pendidikan dari Tzu Chi) di Tzu Chi Pekanbaru.

Acara ramah tamah dan sharing relawan Tzu Chi Pekanbaru bersama dengan para Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) pada Minggu, 5 Februari 2023 terasa berbeda. Kali ini kegiatan tersebut dibarengi dengan berbagi sukacita Tahun Baru Imlek bersama para Gan En Hu dan juga anak-anak Teratai (penerima bantuan pendidikan dari Tzu Chi). Karena Imlek merupakan momen untuk berkumpul bersama keluarga, maka acara ramah tamah dan sharing ini pun mengangkat tema Keluarga.

“Keluarga merupakan lingkungan pertama dan terdekat bagi manusia. Berkumpul bersama keluarga adalah hal yang menggembirakan. Keluarga merupakan tempat tumbuh pribadi manusia dengan cinta kasih. Warisan keluarga berupa kebajikan dan cinta kasih merupakan warisan harta yang tak ternilai harganya,” jelas relawan Valentina.

Maskot Dewa Kekayaan yang membangikan angpau kepada gan en hu dan anak Teratai Tzu Chi Pekanbaru.

Tidak hanya menjelaskan tentang keluarga, Valentina juga menceritakan kisah Keluarga Gao yang begitu menyayangi ibu mereka. Kisah tersebut menyentuh para Gan En Hu dan anak-anak Teratai yang menonton kisah itu. “Kegiatan ramah tamah dan perayaan Imlek ini sangat menyenangkan sekali. Dari kisah tentang Keluarga Gao yang disampaikan oleh Valentina Shigu tadi, saya merasa terinspirasi dan tersentuh, karena anak-anak Keluarga Gao sangat peduli dengan ibu mereka dan ingin meluangkan waktu untuknya,” kata Apriyani Sutanto, salah satu anak Teratai.

Usai mendengar materi tentang keluarga, relawan Liliana kemudian menjelaskan mengenai makna Imlek. Seperti hari raya lainnya, hari raya Imlek juga menekankan pada kebersamaan keluarga dan sukacita semua orang.

Relawan Tzu Chi Pekanbaru, Liliana menjelaskan kepada para peserta mengenai makna Hari raya Imlek.

“Imlek identik dengan warna merah, karena warna merah melambangkan rasa sukacita. Pada hari raya Imlek, biasanya ada pembagian angpau. Maknanya bukan dilihat dari isinya, tapi ada doa yang terkandung saat memberikan angpau,” jelas relawan Liliana.

Acara semakin ceria dengan penampilan tarian yang diiringi lagu bernuansa Imlek. Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan maskot Dewa Kekayaan yang membangikan angpau kepada gan en hu dan anak Teratai. Baik yang merayakan atau tidak, semua merasakan sukacita dalam keluarga besar Tzu Chi Pekanbaru.

Penerima bantuan Tzu Chi juga diajak untuk menciptakan berkah dengan menuangkan celengan bambu yang telah mereka miliki sebelumnya.

Dalam setiap pertemuan, para penerima bantuan juga diajak untuk menciptakan berkah yang sebelumnya telah mereka kumpulkan dari tetesan-tetesan cinta kasih melalui Celengan Bambu Tzu Chi. Koin-koin cinta kasih tersebut pun nantinya akan bermuara dalam lautan pahala kebajikan.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Gan En Hu Hui Jia: Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

Gan En Hu Hui Jia: Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

19 November 2015

Pada Minggu siang, 1 November 2015, relawan Tzu Chi Batam mengadakan Gan En Hu Hui Jia (Gan En Hu Pulang ke Rumah) di posko daur ulang Tzu Chi Batam. Kegiatan hari itu juga diisi dengan penyuluhan mengenai pencegahan dan penanggulangan kebakaran oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batam Bidang Pemadaman Kebakaran (Damkar) kepada para gan en hu.

Perayaan Natal Sekaligus Gathering Gan En Hu di Tzu Chi Batam

Perayaan Natal Sekaligus Gathering Gan En Hu di Tzu Chi Batam

18 Desember 2023

Perayaan Natal sekaligus Gathering Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) di Batam berlangsung penuh sukacita sekaligus haru. Acara di Aula Jing Si Batam ini dihadiri 247 Gan En Hu.

Suntikan Semangat di Awal Tahun

Suntikan Semangat di Awal Tahun

13 Januari 2016 Dengan semangat tahun baru, Tzu Chi Pekanbaru kembali mengadakan kegiatan Gathering Penerima Bantuan Tzu Chi pada 3 Januari 2016. Kegiatan yang dimulai pada pukul 14.00 ini mengangkat tema “Membangkitkan Kebajikan Dengan Cinta Kasih”.
Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -