Sukacita Para Relawan Tzu Chi di Palembang Bersumbangsih Pada Kegiatan Vaksinasi Covid-19

Jurnalis : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang)

Para peserta vaksin yang hendak masuk ke dalam ruangan mesti menunjukkan identitas KTP dan dicocokan dengan daftar nama yang sudah ada.

Yayasan Buddha Tzu Chi Palembang bekerjasama dengan Kodim 0418/Palembang mengadakan vaksinasi Covid-19 ke-2 lanjutan dari vaksinasi yang telah digelar pada 30 Juni 2021. Vaksinasi yang berlangsung pada Kamis, 5 Agustus 2021 ini diadakan di Gedung Rajawali Grand Ballroom, Jalan Rajawali, Palembang.

Sejak pukul 06.00 WIB, para relawan dengan semangat dan antusias telah hadir di lokasi untuk menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Jadwal vaksinasi sendiri dimulai pukul 08.00 WIB, namun antusiasme warga sangat tinggi, mereka sudah berdatangan sejak pukul 07.00 WIB.

Para peserta menunggu untuk dipanggil mengisi formulir pendaftaran.

Screening kesehatan oleh tim Kesdam dan proses tanya jawab.

Sebelum peserta vaksin masuk ke barisan antrean, terlebih dahulu mereka dicek suhu tubuh, tangan disemprot hand sanitizer, dilanjutkan dengan mengantre sesuai jalur yang telah ditetapkan. Para peserta vaksin masuk ke dalam ruangan dengan menunjukkan identitas KTP yang dicocokan dengan list yang ada. Setelah cocok mereka pun diberikan nomor antrean dan boleh duduk di ruang tunggu untuk dipanggil guna mengisi formulir pendaftaran.

Dilanjutkan dengan screening kesehatan oleh tim Kesdam dan proses tanya jawab, apabila dinyatakan lolos, peserta diarahkan ke meja yang telah ditentukan untuk disuntik vaksin. Selesai disuntik, para peserta diarahkan ke ruangan observasi selama 30 menit. Jika tak ada timbul gejala alergi atau keluhan selama observasi, dan sertifikat vaksin sudah selesai dicetak, peserta pun diperbolehkan pulang.

Ada sebanyak 650 orang yang berhasil divaksinasi.

Peserta yang sudah mendapatkan sertifikat vaksinasi kemudian diperbolehkan untuk pulang.

“Vaksinasi yang dilakukan di sini prosesnya bagus dan lebih lancar dari vaksin yang pertama, diharapkan apabila ada gelombang berikutnya saya akan mengajak keluarga atau sahabat-sahabat saya untuk vaksin di sini,” tutur Nurhaida salah satu peserta vaksinasi.

Sementara itu bagi para relawan Tzu Chi, bisa turut bersumbangsih dalam kegiatan vaksinasi ini memunculkan sukacita yang mendalam. Apalagi tujuan dari vaksinasi adalah untuk menciptakan sistem kekebalan tubuh pada seseorang agar dapat melawan virus penyebab Covid-19. Kegiatan vaksinasi ini berjalan lancar dan sukses dengan total peserta 650 orang.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bersumbangsih dengan Menfaatkan Sistem Informasi

Bersumbangsih dengan Menfaatkan Sistem Informasi

04 Oktober 2021

Tzu Chi Batam menerapkan Sistem Informasi Vaksinasi untuk mengurangi waktu tunggu, menghindari kesalahan penulisan dan mengurangi potensi timbulnya kerumunan peserta.

Vaksinasi Covid-19 Dimulai di RSCK Tzu Chi

Vaksinasi Covid-19 Dimulai di RSCK Tzu Chi

18 Januari 2021

vaksinasi adalah upaya negara dalam melindungi masyarakatnya dari ancaman pandemi Covid-19 dan demi tercapainya kekebalan komunitas atau herd immunity. Jumat, 15 Januari 2021, tenaga medis dari RSCK Tzu Chi mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Memperluas Jangkauan Vaksinasi Hingga ke Kepulauan

Memperluas Jangkauan Vaksinasi Hingga ke Kepulauan

19 November 2021

TNI Angkatan Laut bersama Tzu Chi Biak melakukan kegiatan vaksinasi di Pulau Wundi, Distrik Padaido, Biak Papua, Selasa 16 November 2021.

Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -