Sunatan Massal di HUT Bhayangkara Ke-76 Polda Sumbar

Jurnalis : Pipi (Tzu Chi Padang), Fotografer : Pipi, Monica (Tzu Chi Padang)

Relawan Tzu Chi Padang dan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa P,SH.S.LK.MH bersama dengan anak-anak yang telah selesai dikhitan.

Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76, Polda Sumatra Barat kembali mengadakan baksos kesehatan berupa khitanan massal yang dilaksanakan di gedung Kaharuddin Dt. Rangkayo Basa Padang, Sumatera Barat pada hari Selasa, 22 Juni 2022.

Peserta baksos khitanan (sunat) massal ini sendiri berasal dari Kota Padang dan sekitarnya. Mereka yang berminat mengikuti khitanan massal ini dapat mendaftar secara online. Awalnya pihak panitia (Polda Sumbar dan Tzu Chi Padang) memperkirakan hanya akan ada 500 anak yang akan mengikuti sunatan massal ini. Relawan Tzu Chi Padang pun awalnya hanya menyediakan 800 paket berupa obat dan suvenir untuk mereka yang mengikuti sunatan massal ini. Namun ternyata jumlah yang mendaftar sangat banyak, mencapai 1.200 orang sehingga relawan Tzu Chi Padang pun menambah 400 lebih paket obat dan suvenir untuk para peserta. Nyatanya, dari 1.200 orang yang mendaftar akhirnya peserta yang mengikuti dan berhasil dikhitan berjumlah 1.236 orang anak.

Selain karena faktor antusiasme masyarakat yang besar, faktor penyelenggaraan yang tepat dilakukan saat liburan sekolah ini semakin mendorong minat anak-anak dan orang tua mereka untuk mengikuti sunatan massal ini. Kegiatan baksos sunatan massal ini dilakukan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jabar dengan didukung oleh 30 orang relawan Tzu Chi Padang. Selain itu juga ada petugas dari Rumah Sakit Bhayangkara, Co-Ass FK Universitas Andalas (Unand), Co-Ass FK UNBRAH, Het Fk Unand dan tim Fk Unbrah.       
   

Ketua Tzu Chi Padang, Widya Kusuma Laurenzi menerima plakat ucapan terima kasih dari Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa. Ini sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dan sumbangsih Tzu Chi Padang dalam kegiatan baksos khitan ini.

Dina bersama anaknya Rezki, dan relawan Tzu Chi, Sho Khiem. Rezki sebelumnya juga telah menjalani dua kali operasi bibir sumbing dalam baksos kesehatan yang dilakukan Tzu Chi Padang beberapa tahun sebelumnya.

Ketua Tzu Chi Padang, Widya Kusuma Laurenzi dan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa P,SH.S.LK.MH turut hadir dalam kegiatan baksos ini. Kapolda Sumbar juga memberikan Plakat tanda ucapan terima kasih kepada Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Padang atas partisipasi dan sumbangsihnya dalam kegiatan ini.

‘’Saya sangat bersyukur dengan diadakanya khitanan massal ini. Saya (sendiri) dapat info dari teman saya ada sunatan massal ini maka dari itu saya ikut mendaftarkan anak saya. Anak saya (rezki) sekarang berumur 10 tahun. Anak saya lahir dalam keadaan bibir sumbing dan alhamdulillah sudah dioperasi dua kali melalui kegiatan sosial (bakti sosial kesehatan) juga yang juga diadakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Padang di Rumah Sakit Reksodiwiryo Padang,” kata Dina, salah satu orang tua yang anaknya ikut dalam sunatan massal ini.

Khitanan massal dilaksanakan di gedung Kaharuddin Dt. Rangkayo Basa Padang, Sumatera Barat.

Rasa syukur Dina semakin tergenapi setelah sebelumnya anaknya, Rezki menjalani operasi bibir sumbing yang dilaksanakan Tzu Chi Padang dalam Baksos Kesehatan Tzu Chi di Padang beberapa tahun sebelumnya. “Syukur alhamdulillah dan terima kasih untuk Tzu Chi dan semua yang membantu hingga anak saya sekarang bibirnya sudah normal, dan dia juga sudah disunat,’’ ungkap Dina yang tinggal di Jl. Cendrawasih, Padang, Sumatera Barat.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Sukacita Dalam Bersumbangsih

Sukacita Dalam Bersumbangsih

20 Oktober 2015

Tzu Chi kembali mengadakan baksos kesehatan umum bagi para seniman bangunan proyek pembangunan Rumah Sakit Tzu Chi pada tanggal 17 Oktober 2015 di Basement Tzu Chi, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Sebanyak 83 pasien telah memeriksakan kesehatan mereka. Para relawan dan tim medis Tzu Chi pun sangat bersyukur dan merasakan kebahagiaan bisa menggarap ladang berkah ini.

Secercah Asa bagi Hafizh

Secercah Asa bagi Hafizh

24 Desember 2014 Hafizh menjadi salah satu pasien yang ditanggani oleh Tzu Chi saat itu. Selaput putih di mata kanannya berhasil dihilangkan melalui operasi sehingga dia dapat melihat dengan jelas untuk pertama kalinya. Namun, operasi ini bukan hanya menyembuhkan penglihatannya. Lebih dari itu, hidupnya juga mulai berubah. Dia mulai lebih percaya diri bergaul dengan teman - temannya.
Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-139: Memberi Terang Bagi Warga Berau dan Sekitarnya

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-139: Memberi Terang Bagi Warga Berau dan Sekitarnya

25 Juli 2023

PT Berau Coal bersinergi  dengan Tzu Chi Cabang Sinar Mas, Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, dan RSUD dr. Abdul Rivai Berau, Kalimantan Timur menggelar bakti sosial operasi katarak 14-15 Juli 2023. Sebanyak 129 pasien berhasil menjalani operasi katarak selama dua hari ini. 

Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -