Terus Mengembangkan Fasilitas Kesehatan yang Optimal Untuk Kesembuhan Pasien

Jurnalis : Clarissa Ruth, Fotografer : Clarissa Ruth

Prof. Dr-Ing. Eko Supriyanto, P.H.Eng  selaku Presiden Perkumpulan Teknik Perumahsakitan Indonesia (PTPI) menjelaskan visi dan misi serta tujuannya berkunjung ke Tzu Chi Hospital. Kedatangan Prof. Eko dan ketiga staf disambut baik oleh Dokter Gunawan Susanto, Sp.BS (Direktur Utama Tzu Chi Hospital), Suriadi (Direktur Umum Tzu Chi Hospital), Dokter William (Ketua Komite Kesehatan, Keselamatan, Kerja Tzu Chi Hospital), dan Kalam Tukiman (Kepala FMS - Facility Management Services)

Sehubungan dengan adanya pembuatan pedoman teknis Sarana Prasarana dan Alat kesehatan yang sedang direncanakan pemerintah tepatnya antara Kementerian Kesehatan dan Perkumpulan Teknik Perumahsakitan Indonesia (PTPI), Jumat 2 Juni 2023, Prof. Dr-Ing. Eko Supriyanto, P.H.Eng selaku Presiden PTPI didampingi tiga staf datang mengunjungi Tzu Chi Hospital yang berada di Pantai Indah kapuk, Jakarta Utara. Dalam kesempatan ini Prof. Eko ingin melihat sarana dan prasaran serta alat kesehatan di Tzu Chi Hospital. Kunjungan ini  disambut sangat positif oleh pihak Tzu Chi Hospital, termasuk Dokter Gunawan Susanto, Sp.BS selaku Direktur Utama Tzu Chi Hospital.

“PTPI sedang mendapat penugasan dari kementerian kesehatan untuk membuat pedoman teknis terkait dengan sarana, prasarana dan alat kesehatan untuk empat pelayanan prioritas yaitu kanker, stroke, jantung dan uronefrologi. Kami mendengar bahwa Tzu Chi Hospital adalah salah satu rumah sakit yang terbaik di Indonesia karena itu kami datang mengunjungi Tzu Chi Hospital ini  karena kami ingin melihat dengan dekat,” jelas Prof. Eko.

Prof. Eko Supriyanto berkeliling Tzu Chi Hospital melihat sarana dan prasarana kanker, jantung, stoke, dan uronefrologi.

Prof. Eko menyebut Perkumpulan Teknik Perumahsakitan Indonesia (PTPI) juga ingin mengembangkan Smart Hospital ke beberapa rumah sakit di Indonesia. Di mana Smart Hospital adalah rumah sakit yang memiliki proses bisnis otomatis dan teroptimasi yang dibangun di atas sistem informasi yang terkoneksi ke seluruh aset rumah sakit melalui IOT, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pasien dan mengenalkan berbagai kemampuan baru Rumah Sakit.

Menurut Prof. Eko hal ini ingin dikembangkan agar warga Indonesia tidak perlu susah lagi berobat ke luar negeri, tapi bisa di dalam negeri sendiri dengan sarana, prasarana, fasilitas dan alat kesehatan bagus, juga modern, tidak kalah dengan di luar negeri.

“Kita tahu bahwa dari Pak Jokowi sendiri kan beberapa kali meminta bahwa kalo boleh Warga Negara Indonesia yang ke luar negeri untuk berobat ini melihat kembali fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia sehingga tidak perlu lah ke luar negeri untuk hal-hal yang bisa dikerjakan di dalam negeri, di sini juga ada dan ini saya bisa liat bahwa Tzu Chi merupakan salah satu tempat yang tepat,” lanjut Prof. Eko Supriyanto.

Didampingi Dokter William, Prof. Eko Supriyanto juga melihat alat kesehatan yang ada di Klinik Fisioterapi dimana menurut beliau alat-alatnya sudah maju dan canggih.

Dokter William perwakilan dari Tzu Chi Hospital mengajak Prof. Eko Supriyanto bersama tiga staf untuk berkeliling melihat fasilitas dan alat-alat kesehatan yang dimiliki Tzu Chi Hospital. Tzu Chi Hospital sendiri memiliki Visi yang selaras dengan PTPI yaitu menjadi rumah sakit ideal yang bisa menjadi contoh yang baik untuk dunia kedokteran.

“PTPI ini suatu lembaga yang juga bekerjasama dengan pemerintah, Tzu Chi Hospital juga berdiri selaras dengan pemerintah, jadi kalau pemerintah punya suatu rencana yang baik untuk mengembangkan dan membuat suatu rumah sakit yang ideal di Indonesia kita akan bergabung dan mendukungnya,” ungkap Dokter William selaku Ketua Komite Kesehatan, Keselamatan, Kerja (K3) Tzu Chi Hospital.

Dalam kesempatan ini Prof. Eko Supriyanto juga melihat sarana dan prasarana di ruang operasi, beliau juga melihat beberapa alat kesehatan di dalam ruang operasi Tzu Chi Hospital yang menurutnya jarang dimiliki rumah sakit lainnya di Indonesia.

“Tadi ada MRI yang terbaik kemudian juga ada CT-Scan yang 512 slice itu bagus, kemudian dari sisi ruang operasi juga bagus ya, kemudian tadi yang menarik juga menggabungkan antara CT dan ruang OK (operasi), saya rasa itu jarang di Indonesia. Kemudian juga di sini yang saya kaget tadi betul-betul bahwa Robotic sudah ada di beberapa tempat, tadi ada di rehabilitasi, kemudian robotic yang di Mamo untuk biopsi, dan ada di beberapa tempat lainnya juga. Jadi ciri-ciri smart hospital itu nampaknya sudah ada di Tzu Chi Hospital ini dan saya lihat di rumah sakit lain belum semaju dan secanggih ini,” ungkap Prof. Eko Supriyanto.

Bertambahnya penilaian yang baik dari pihak lembaga kesehatan lainnya menjadi semacam langkah untuk mengait segala macam pihak untuk memajukan misi kesehatan Tzu Chi, dan menjadi semangat baru lagi untuk pihak Tzu Chi hospital dalam menciptakan serta mengembangkan fasilitas yang optimal untuk kesembuhan para pasien tentunya dengan cinta kasih.

Di sesi terakhir kunjungan, Prof. Eko Supriyanto melihat sistem informasi di Tzu Chi Hospital.

“Di sini kami bersyukur dengan mengenal Prof. Eko kita jadi dapat masukan-masukan baru, dan ternyata menurut Prof. Eko, Tzu Chi Hospital sudah memenuhi nilai-nilai untuk menjadi The First Smart Hospital in Indonesia, jadi mudah-mudahan ketersediaan seluruh fasilitas yang ada di sini bisa bermanfaat maksimal untuk melayani pasien secara profesional dan bisa menjangkau masyarakat yang kurang mampu serta membantu orang agar tidak perlu repot-repot berobat keluar negeri,” ungkap Dokter William.

Editor: Erli Tan

Artikel Terkait

Terus Mengembangkan Fasilitas Kesehatan yang Optimal Untuk Kesembuhan Pasien

Terus Mengembangkan Fasilitas Kesehatan yang Optimal Untuk Kesembuhan Pasien

05 Juni 2023

Jumat, 2 Juni 2023 Perkumpulan Teknik Perumahsakitan Indonesia (PTPI) datang berkunjung ke Tzu Chi Hospital. Dalam kesempatan ini Prof. Eko Supriyanto dan ketiga rekannya berkeliling di Tzu Chi Hosital.

Mantap Menjadi Relawan TIMA Bandung

Mantap Menjadi Relawan TIMA Bandung

25 Juli 2022

TIMA Bandung mengajak 30 calon anggota barunya berkunjung ke Aula Jing Si, di Tzu Chi Center PIK, Jakarta. Di sini mereka diperkenalkan tentang Tzu Chi melalui tur Aula Jing Si dan Tzu Chi Hospital.

Kunjungan Tan Sri Vincent Tan ke Tzu Chi Hospital

Kunjungan Tan Sri Vincent Tan ke Tzu Chi Hospital

15 Agustus 2022

Founder dan Chairman Berjaya Group sekaligus relawan Tzu Chi Malaysia, Tan Sri Vincent Tan mengunjungi Tzu Chi Hospital, PIK, Penjaringan, Jakarta Utara pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -