Tzu Chi dan Polri Resmikan Pembangunan Rumah Dinas Satbrimob Polda Kalimantan Barat

Jurnalis : Clarissa Ruth, Fotografer : Arimami Suryo A

Tzu Chi Indonesia dan perusahaan mitra membangun ulang perumahan dinas Satbrimob Polda Kalbar. Sebanyak 264 unit rumah dinas dibangun ulang permanen dengan tipe 50 yang terdiri dari 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, ruang makan, halaman depan dan belakang.

Kerja sama serta jalinan jodoh yang baik antara Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Polda Kalimantan Barat (Kalbar), membawa sukacita untuk para anggota-anggota Satbrimob Polda Kalbar. Setelah diadakan peletakan batu pertama 26 Agustus 2022 yang lalu, pada Sabtu, 18 Maret 2023, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Polri meresmikan pembangunan rumah dinas Satbrimob Polda Kalbar di Kubu Raya, Pontianak, Kalimantan Barat.

Peresmian ini dihadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. beserta Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari, Julianti Sigit Prabowo dan Wakil Ketua Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma beserta jajaran relawan Tzu Chi Jakarta, Singkawang, dan Pontianak.

Peresmian Perumahan Dinas Satbrimob Polda Kalbar dilaksanakan pada Sabtu, 18 Maret 2023. Penandatanganan prasasti dilakukan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama rekan perusahaan mitra seperti Sinarmas Grup, Grup Artha Graha, PT. Sebuku Tanjung Koal dan PT. Adaro Indonesia membangun kembali rumah dinas Satbrimob Kalbar sebanyak 264 unit rumah diatas tanah seluas 5,2 hektar. Hal ini sebagai bentuk kepedulian dan membantu anggota-anggota Satbrimob Polda Kalbar untuk mendapatkan tempat tinggal yang lebih nyaman dan aman, karena sebelumnya rumah tinggal sudah tidak layak dihuni bagi anggota brimob beserta keluarga mereka.

“Saya Selaku pimpinan Polri mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan Tzu Chi Indonesia dan perusahaan mitra sekaligus Pemda Kalbar yang telah mendukung proses pembagunan asrama Brimob ini. Yang Jelas tentunya apa yang kita terima ini menjadi bukti perhatian masyarakat kepaa Polri. Sebaliknya Perhatian dari masyarakt ini harus memacu motivasi seluruh anggota untuk terus berbuat baik, memberikan pelayanan yang baik dan melakukan tugas pokok menjaga keamanan dan ketertiban,” ungkap Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Seperti yang diungkapkan oleh Kapolda Kalimantan Barat Irjen. Pol. Drs. Suryanbodo Asmara, M.M. sebelum di bangun ulang perumahan dinas Satbrimob Polda Kalbar ini berdiri sudah 48 tahun lamanya dan belum pernah direnovasi. Kondisi bangunannya masih berpondasi kayu dan semi permanen. Sebagian besar rumah juga dalam kondisi rusak berat, serta menjadi langganan banjir ketika air pasang. Ini yang sering kali menjadi kekhawatiran sendiri bagi para anggota Satbrimob Polda Kalbar terutama yang sudah berkeluarga. Saat harus bertugas,, rasa cemas selalu meliputi batin mereka. Tapi kini dengan pembanguan ulang rumah dinas ini, Kapolda Kalbar berharap para anggota Brimob bisa lebih tenang dan fokus untuk mengerjakan tugas negara.

Pemotongan Pita oleh Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari, Julianti Sigit Prabowo didampingi oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dan Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma.

“Penyedian rumah dinas bagi personil Brimob Polda Kalimantan Barat yang layak dan memenuhi standar perumahan serta sanitasi sangat diperlukan. Rumah yang nyaman juga memberikan ketenangan bagi anggota Brimob yang melaksanakan tugas keluar wilayah. Karena secara psikologis keluarga yang ditinggal ada dalam lingkungan yang aman dan nyaman. Untuk itu kami haturkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Yayasan Buddha Tzu Chi serta para donatur lainnya,” ungkap Irjen. Pol. Drs. Suryanbodo Asmara, M.M.

Pada acara peresmian ini juga turut dimeriahkan dengan penampilan isyarat tangan “Satu Keluarga” oleh relawan Tzu Chi Singkawang dan Pontianak. Lalu dilakukan penandatanganan prasasti oleh Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Julianti Sigit Prabowo selaku Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari.

Adapun jalinan jodoh yang terjadi antara Yayasan Buddha Tzu Chi dan Polda Kalimantan Barat terjadi saat Ketua Umum Bhayangkari, Juliati Sigit Prabowo berkunjung ke rumah dinas Satbrimob Polda Kalbar pada 20 Mei 2022 lalu. Melihat keadaan tempat tinggal para anggota yang sudah tidak layak di huni membuat,  Julianti tersentuh hatinya. Lalu gagasan untuk membangun ulang rumah dinas tersebut disampaikannya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Meninjau lokasi pembangunan rumah dinas Satrimob Kapolda Kalbar, Kapolri, Ibu Ketua Bhayangkari, Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi serta jajaran Polri, Polda dan relawan Tzu Chi melihat ke dalam rumah dinas yag sudah selesai dibangun.

Tidak berjarak lama, pada 23 Mei 2022 perwakilan relawan Tzu Chi Singkawang langsung meninjau langsung asrama Brimob Polda Kalbar. Lalu pada 6 Juli 2022 Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei bersama relawan Komite Tzu Chi, Pui Sudarto datang langsung meninjau kondisi asrama tersebut yang memang sudah tidak layak huni. Dari Hasil  survei tersebut Tzu Chi sepakat untuk membangun kembali rumah dinas Satbrimob Polda Kalbar. Dengan bangunan tipe 50, yang terdiri dari 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, ruang makan, teras depan, dan halaman belakang. Proses pembangunan rumah dinas ini dimulai dari sejak 01 September 2022.

Dalam Kesempatan yang sama Wakil Ketua Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma berharap rumah dinas yang sudah dibangun ulang dan layak huni ini akan menunjang kegiatan satuan Brimob khususnya di Polda Kalimantan Barat kedepannya.

“Kita tidak membedakan rumah warga atau rumah dinas. Awalnya asrama itu memang tidak layak dihuni. Tetapi jika rumahnya sudah layak huni seperti sekarang, maka saat anggota Brimob bertugas menjaga rakyat Indonesia, tidak ada gangguan di keluarga shingga mereka bertugas lebih giat dan tenteram hatinya,” jelas Sugianto Kusuma.

Boy Thohir (kiri) salah satu mitra perusahan dari PT. Adaro Indonesia tergerak hatinya untuk ikut bersumbangsih membantu membangunkan rumah dinas untuk para anggota Satbrimob Polda Kalbar.

Dengan ketulusan hati untuk membantu para anggota Satbrimob Polda Kalbar guna memberi ketentraman dalam menjaga negara, hal ini mengundang beberapa perusahan mitra yang juga tersentuh hatinya untuk bersumbangsih dan berpartisipasi membangun ulang rumah dinas Satbrimob Kalbar. Seperti Boy Thohir pemilik perusahan PT. Adaro Indonesia yang juga ikut hadir dalam peresmian pembangunan rumah dinas ini. Bahkan pada saat peletakan batu pertama Ia juga ikut menghadiri dan menjadi salah satu saksi dari pembangunan rumah dinas Satbrimob Polda Kalbar.

“Jadi waktu saya datang, saya meliihat dan memang kalau dilihat kondisi perumahan disini kurang layak, jadi sudah sepatutnya kita-kita yang kebetulan diberikan rezeki lebih untuk berkontribusi balik. Saya mengucapkan terima kasih kepada Tzu Chi yang sudah mengajak saya, saya melihat dan akhirnya saya terpanggil untuk membantu juga. Harapannya teman-teman di Brimob ini nantinya bisa lebih fokus dalam tugasnya sebagai ujung tombak pengamanan di depan untuk negara,” ungkap Boy Thohir.

Hati Tenteram Saat Bertugas
Wajah baru rumah dinas Satbrimob Polda Kalbar ini menjadi sebuah kebahagian yang tidak ternilai bagi para anggotanya. Salah satunya Bripka Heru Prasetyo Utomo yang sudah bertugas di Satbrimob Polda Kalbar selama kurang lebih 16 tahun. Heru menceritakan bagaimana kondisi rumah dinas dulu sebelum dibangun ulang,. Bangunan lama yang telah berdiri dari tahun 1975 dan belum pernah direnovasi dengan bangunan permanen ini selalu membawa kekhawatiran bagi para anggota Brimob yang meninggalkan keluarganya saat mereka bertugas diluar wilayah.

“Bangunannya dulu terbuat dari kayu, lantainya juga kayu, air bersih dan air kotor jadi satu.

Dalam acara Peresmian Perumahan Dinas Satbrimob, Relawan Tzu Chi Singkawang dan Pontianak juga ikut meriahkan dengan menampilkan isyarat tangan ‘Satu Keluarga’.

Kalau hujan air naik selalu banjir dan masuk ke rumah. Yang bingung kalau saya lagi tugas di luar tiba-tiba di telepon tapi kan kita gak bisa pulang. Itu sering terjadi dan menjadi kegundahan bagi kami anggota brimob. Jadi bimbang harus tetap fokus saat bertugas tapi pikirannya cemas dengan istri dan anak-anak. Mereka tidurnya gimana, mau bantuin istri tapi saya lagi tugas, khawatir terus saat itu,” cerita Heru.

Heru menjadi saksi dari saat mulai pembangunan hingga saat ini diresmikan. Ia merasakan perubahan yang sangat berbeda, dan membuat hatinya sangat bahagia. Kejadian-kejadian yang dulu dialami kini tidak lagi terjadi, seperti saat air naik karena hujan dan berakhir banjir dan seringkali binatang-binatang masuk ke dalam rumah. Hal itu pernah terjadi pada saat Heru sedang bertugas, seekor ular masuk kedalam rumahnya dan menggit anak pertamanya. Untungnya bisa langsung ditangani dokter dan pulih.

“Perbedaannya 360 derajat, beda banget. Lebih tinggi jalanannya jadi kemungkinan tidak lagi banjir sampai masuk rumah. Waktu itu sempat anak saya digigit ular karena air pasang. Saya tidak tau juga kan, lantainya dari kayu ada lobang-lobang dari situ ularnya masuk. Tapi sekarang saya senang sekali pasti akan lebih aman, lebih nyaman tidak terjadi lagi hal seperti itu,” ungkap Heru.

Bripka Heru Prasetyo Utomo salah satu anggota Satbrimob Polda Kalbar merasa sangat bahagia, karena kini ia bisa lebih fokus bertugas demi masyarakat dan negara tanpa lagi mengkhawatirkan istri dan anak-anaknya setelah mendapat tempat tinggal yang layak di huni.

Heru mengatakan dengan dibangun kembali rumah dinas ini sangat membantu para anggota Brimob Kalbar mengurangi segala kekhawatiran yang selalu dirasakan. Lebih fokus melaksanakan tugas yang lebih baik lagi untuk pengabdian kepada masyarakat serta untuk negara.

Ia juga beranggapan sinergi yang terjalin antara Tzu Chi dan Polri khususnya di Polda Kalbar sangat baik. Bahkan dengan perhatian yang dilakukan Tzu Chi akhirnya bisa mengajak dan menyentuh hati para donatur lainnya hingga terelasasikan pembangunan ulang rumah dinas tersebut.

“Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih banyak kepada Tzu Chi yang telah memberikan bantuan berupa rumah dinas. Hal ini membuat saya, keluarga, dan rekan-rekan semua yang ada di Satbrimob Polda Kalbar bisa melaksanakan tugas dengan baik. Karena kita sudah tidak perlu memikirkan keamanan keluarga, tempat tinggal kita sekarang sudah layak huni jadi kita bisa fokus untuk membantu masyarakat juga,” ungkap Heru.

Heru berharap kerja sama serta jalinan jodoh yang sudah terjalin ini bisa terus terjaga,. “Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi jalinan jodohnya, misalnya seperti bakti sosial yang sering diadakan jadi Tzu Chi khususnya di Kalimantan Barat bisa melibatkan anggota brimob ini agar kerja samanya semakin baik, jadi intinya Brimob siap membantu,” tandas Heru.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bahagia dan Sedih Keluarga Cun Nyoh

Bahagia dan Sedih Keluarga Cun Nyoh

08 Februari 2021

Relawan Tzu Chi Tangerang mengadakan syukuran atas selesainya renovasi kembali rumah Nenek Cun Nyoh demi kesehatan dan keselamatan jiwanya. 

Rumah Baru Ibu Emeria

Rumah Baru Ibu Emeria

11 Maret 2020

Sukacita menjadi milik Emeria hari itu (29/02/2020), rumahnya kini sudah kokoh berdiri. Relawan Tzu Chi “menyulap” rumahnya dahulu menjadi rumah yang indah, bersih, sehat, dan tentunya tak lagi bocor saat turun hujan. Bermula dari pengajuan bantuan pendidikan bagi anaknya, nyatanya yang diterima Emeria melebihi dari yang diharapkannya.

Membantu Pak Slamet Mewujudkan Rumah yang Nyaman

Membantu Pak Slamet Mewujudkan Rumah yang Nyaman

08 Desember 2021

Pak Slamet bersyukur dibantu Tzu Chi Tj. Balai Karimun berupa bahan-bahan material bangunan. Rumahnya yang tadinya bahkan tak memiliki atap tersebut kini sudah layak huni.

Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -