Tzu Chi Hospital dan Universitas Gadjah Mada Bersinergi Kembangkan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat

Jurnalis : Clarissa Ruth, Fotografer : Clarissa Ruth

Tzu Chi Hospital kembali mendapat kunjungan kali ini dari  Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Rektor serta jajaran perwakilan dari UGM ini juga ingin membicarakan rencana kerjasama antara Tzu Chi Hospital dengan Universitas Gadjah Mada.

Awal yang baik dalam menjalin jodoh antara Tzu Chi Hospital dan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Setelah beberapa kali mengadakan meeting via zoom dengan pihak manajemen Tzu Chi Hospital, Kamis 27 Juli 2023, rektor serta jajaran FKKMK Universitas Gadjah Mada, berkesempatan mengunjungi Tzu Chi Hospital. Melihat adanya visi dan misi yang bersinergi, FKKMK Gadjah Mada berkeinginan memiliki kerja sama dengan Tzu Chi Hospital khususnya dalam bidang tenaga kesehatan ataupun sumber daya manusia.

Dalam kesempatan ini, Tzu Chi Hospital dan UGM sama-sama menjajaki dan membahas potensi kerjasama. Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med. Ed., Sp.OG (K), Ph.D. sangat yakin kerjasama ini nantinya bisa mengembangkan dari kedua belah pihak terutama di bidang pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

“Kalau UGM memang misinya menghasilkan SDM (sumber daya manusia) yang unggul untuk masa depan juga pengembangan ilmu, Tzu Chi Hospital sendiri ditantang untuk memberikan layanan yang terus menerus inovatif, dan juga unggul. Nah untuk itu kita bisa melakukan semacam kerjasama, seperti pelayanan-pelayanan yang disini mungkin ingin dikembangkan dan kami mempunyai expertist bahkan juga tempat untuk pendidikannya. Kemudian juga mahasiswa-mahasiswa kita ini juga bisa belajar dari pelayanan Tzu Chi Hospital yang memang mempunyai misi compassion to excellent, jadi kita berharap lulusan–lulusan masa depan dari UGM itu memang mempunyai karakter yang compassion,” jelas Prof. dr. Ova Emilia, Rektor Universitas Gadjah Mada.

Prof. dr. Ova Emilia, M.Med. Ed., Sp.OG (K), Ph.D (kiri) sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada, sedang menjajaki perencanaan kerjasama bersama jajaran manajemen Tzu Chi Hospital terutama Direktur Tzu Chi Hospital dr. Gunawan (kanan).

Jajaran perwakilan Universitas Gadjah Mada juga diberi kesempatan untuk berkeliling Tzu Chi Hospital, Suriadi (kanan) selaku Direktur Umum Tzu Chi Hospital juga ikut mendampingi selama tour berlangsung.

Rencana kerja sama ini juga didukung penuh oleh Direktur Utama Tzu Chi Hospital dr.Gunawan, juga oleh Direktur Umum Tzu Chi Hospital Suriadi. Menurut Suriadi, Tzu Chi Hospital ini memang dibangun dengan tujuan untuk menolong masyarakat dan asalkan pihak-pihak yang ingin sama-sama mengembangkan pelayanan kesehatan yang memiliki visi dan semangat yang sama, Tzu Chi Hospital akan sangat terbuka.

“Seperti kita ketahui Universitas Gadjah Mada adalah salah satu universitas unggul yang melahirkan banyak sumber daya manusia yang sangat berkualitas, di sisi lain Tzu Chi Hospital sebagai rumah sakit swasta yang memiliki layanan yang banyak juga ini merupakan potensi juga bagi UGM untuk bekerjasama dengan kita. Jadi ini saya rasa perpaduan yang baik antara Akademisi dan Praktisi di bidang kesehatan,” tutur Suriadi, Direktur Umum Tzu Chi Hospital.

Mereka diajak melihat sarana-prasarana yang ada di Tzu Chi hospital dan juga melihat fasilitas yang ada di ruang Cemoteraphy.

Salah satu dokter Tzu Chi Hospital juga menjelaskan tentang salah satu pelayanan utama di Tzu Chi Hospital yaitu Transplantasi Sumsum Tulang dan berkesempatan melihat ruang rawat pasien.

Suriadi juga menjelaskan langkah-langkah awal rencana kerjasama ini sudah mulai terancang dimulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu dan dalam waktu satu-dua pekan lagi akan dibahas lebih mendetail.

“Di antara tadi yang sudah kita bahas adalah terkait dengan kerjasama di bidang pengiriman dokter specialist, kemudian keperawatan, gizi, ada juga beberapa hal lain yang nantinya akan kita bahas dalam satu-dua minggu meeting kedepan. Jadi hari ini itu sebenarnya adalah kita menjajaki potensi masing-masing untuk nanti kita diskusikan internal dan bahas konsep kerja samanya seperti apa,” jelas Suriadi.

Dalam kunjungannya ke Tzu Chi Hospital para jajaran dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada ini juga diberi kesempatan untuk mengitari gedung Tzu Chi Hospital, untuk melihat fasilitas dan pelayanan yang dimilki rumah sakit ini. Selama tour berlangsung mereka terlihat sangat antusias mengunjungi hampir seluruh Poli dan fasilitas kesehatan yang ada di Tzu Chi Hospital.

Setelah pembahasan perencanan kerjasama, dari pihak Universitas Gadjah Mada memberikan cinderamata yang diterima dengan baik oleh dr. Gunawan, Direktur Utama Tzu Chi Hospital.

Di ujung pertemuan, Jajaran Universitas Gadjah Mada dan juga Tzu Chi Hospital melakukan foto bersama. Kedua belah pihak berharap kerjasama yang baru mereka bentuk ini bisa berbuah dengan baik dan akan selalu berlanjut.

Seperti Wakil Dekan bidang akademik dan kemahasiswaan, dr. Ahmad Hamim Sadewa, Ph.D, yang terlihat bersemangat dan terpukau saat melihat sarana dan prasarana yang di miliki Tzu Chi Hospital. Menurutnya kerjasama ini akan berlangsung sangat baik dan kesamaan sinergi yang dimiliki dari kedua belah pihak akan berdampak baik nantinya kepada masyarakat.

“Saya melihat yang dilakukan di sini sangat baik bahkan juga futuristic, dan memang dari awal sudah dipikirkan secara matang sebagai rumah sakit dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang lengkap dan bertsandar Internasional. Jadi saya rasa setelah sudah berdiskusi banyak hal dan kita sepakat akan mulai dengan hal-hal yang kecil dulu, kolaborasi kesepakatan kerja sama ini akan membawa dampak yang baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan Tzu Chi Hospital. Harapannya dengan dimulai dari hal yang kecil itu bisa membuat kita semangat dan membuat kita lebih fokus kepada hal-hal yang lebih baik di waktu-waktu kedepan,” ujar dr. Ahmad Hamim Sadewa, Wakil Dekan UGM.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Kunjungan Relawan Tzu Chi Bandung dan Relawan TIMA Bandung Ke Tzu Chi Hospital PIK

Kunjungan Relawan Tzu Chi Bandung dan Relawan TIMA Bandung Ke Tzu Chi Hospital PIK

19 November 2021

Untuk pertama kalinya, para relawan Tzu Chi Bandung serta relawan TIMA (tim medis Tzu Chi) Bandung mengunjungi Tzu Chi Hopital PIK, Sabtu 13 November 2021.

Mengenal Tzu Chi Hospital Secara Langsung

Mengenal Tzu Chi Hospital Secara Langsung

13 September 2021

Relawan Tzu Chi yang berkomitmen untuk menjadi software Tzu Chi Hospital atau relawan pemehati rumah sakit mengikuti pelatihan on site yang berlangsung selama tiga hari, 11, 18, dan 25 September 2021.

Kontribusi Keluarga Besar Tzu Chi Hospital untuk Diri dan Bumi

Kontribusi Keluarga Besar Tzu Chi Hospital untuk Diri dan Bumi

22 Agustus 2022

Tzu Chi Hospital 21 Day Veggie Challenge Road to Healty Living with Plant Based Meal sudah selesai dilaksanakan. Melalui program ini, sebanyak 179 peserta melakukan aksi vegetarisme dengan mengonsumsi makanan vegetaris selama 21 hari.

Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -