Tzu Chi Ikut Berkontribusi Membersihkan Area Pasar Tanah Abang

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Relawan Tzu Chi bersama petugas gabungan yang ikut dalam kegiatan bersih-bersih di wilayah Pasar Tanah Abang sedang membersihkan trotoar di pinggir ruas jalan area Blok A, Pasar Tanah Abang.

TNI bersama Pemprov DKI Jakarta menggelar kegiatan bersih-bersih area Pasar Tanah Abang dan anak Kali Krukut Tanah Abang di Jakarta Pusat pada Rabu, 13 Desember 2023. Sejak pagi hari, jajaran Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, pemadam kebakaran (damkar), pasukan oranye, biru, hijau, relawan Tzu Chi dan berbagai elemen warga yang berjumlah sekitar 600 orang telah baris-berbaris untuk pembagian tugas.

Setelah pembagian tugas, relawan Tzu Chi bersama petugas lainnya mendapat bagian untuk bersih-bersih di wilayah Blok A Pasar Tanah Abang. Masing-masing relawan yang telah membawa sapu serta plastik sampah kemudian menyisir trotoar jalan untuk membersihkan sampah-sampah yang masih berserakan.

Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memberikan pernyataan dan berterima kasih kepada semua pihak yang ikut dalam kegiatan bersih-bersih ini.

Tentunya dukungan dalam kegiatan bersih-bersih di wilayah pasar Tanah Abang ini sejalan dengan salah satu misi Tzu Chi, yaitu pelestarian lingkungan. “Salah satu misi dari Tzu Chi kan misi pelestarian lingkungan dan bersih-bersih kali ini sejalan dengan misi tersebut agar lokasi atau suatu daerah bersih dari sampah. Kalau sampah berserakan kan saat hujan bisa menghambat saluran air dan bisa mengakibatkan banjir,” ungkap Johan Tando, salah satu relawan Tzu Chi yang ikut dalam kegiatan ini.

Terkait dengan kegiatan bersih-bersih ini, relawan Tzu Chi pun sangat mendukung karena dilibatkan dan terus dapat menjalin sinergi dengan TNI, Polri, dan Pemprov DKI Jakarta. “Sangat bagus sekali kebersamaan antara berbagai elemen kali ini, semoga berlanjut untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya. Kita (relawan Tzu Chi) siap membantu dan mendukung,” lanjut Johan Tando.

Sampah dan tanaman liar yang telah dibersihkan relawan Tzu Chi di sekitar trotoar area Blok A, Pasar Tanah Abang dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan. 

Selain bersih-bersih, relawan Tzu Chi bersama rombongan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Pangdam Jaya, Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan, S.H, Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, dan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono juga meninjau salah satu aliran anak Kali Krukut Tanah Abang yang dibersihkan sebagai antisipasi banjir di musim penghujan.

Selain bersih-bersih di area pasar, relawan Tzu Chi bersama rombongan dari TNI, Polri, dan Pemprov DKI Jakarta meninjau salah satu aliran anak Kali Krukut Tanah Abang yang dibersihkan sebagai antisipasi banjir.

Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih ini. Ia juga berharap semua pihak untuk mengantisipasi banjir dengan kegiatan pembersihan khususnya di tempat-tempat umum seperti pasar.

“Menghadapi musim hujan ini kita harus menyiapkan aliran air supaya tidak terjadi banjir. Kami juga melakukan banyak hal, untuk pembersihan pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia, termasuk kita mulai menanam pohon lagi,” ungkap Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

 Bersih Pasar Ulak Karang

Bersih Pasar Ulak Karang

08 Juli 2010
Pasukan pecinta bumi ini dibagi menjadi 4 kelompok, satu bertugas di dalam pasar, sementara 3 kelompok lainnya di jalan-jalan yang ada di sekeliling pasar, yaitu Jalan Jhoni Anwar dan S. Parman.
Tzu Chi Ikut Berkontribusi Membersihkan Area Pasar Tanah Abang

Tzu Chi Ikut Berkontribusi Membersihkan Area Pasar Tanah Abang

14 Desember 2023

Relawan Tzu Chi ikut bersama TNI dan Pemprov DKI Jakarta dalam kegiatan bersih-bersih area Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu, 13 Desember 2023.

Mendukung Terciptanya Manokwari yang Bersih dan Sehat

Mendukung Terciptanya Manokwari yang Bersih dan Sehat

18 Juli 2019

Prihatin dengan kondisi sekitar Pasar Wosi yang kotor, Rabu, 17 Juli 2019, sekitar 50 orang relawan Tzu Chi dari Biak, Manokwari, Komunitas Budhayana Indonesia (KBI), dan relawan dari Swissbelhotel Manokwari membersihkan sampah-sampah di sekitar Pasar Wosi dan bibir pantai di seberangnya.

Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -