Memperluas Jangkauan Vaksinasi Hingga ke Kepulauan

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak), Fotografer : Gobel, Haniel J. Samberi, Hyronimus YND, (Tzu Chi Biak)

Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto S.T., M.Si bersama relawan Tzu Chi Biak melihat langsung pelaksanaan vaksinasi di Pulau Wundi.

Sepanjang tahun 2021 masyarakat Indonesia dianjurkan oleh pemerintah agar dapat mengikuti program vaksinasi untuk mempercepat tercapainya herd immunity dari Covid-19. Untuk itu, TNI AL bersama Tzu Chi Biak menyatukan visi misi dalam mendukung program pemerintah ini. Melalui beberapa kali rapat dan survei, kegiatan vaksinasi bagi masyarakat maritim dan bakti sosial diadakan di Pulau Wundi, Distrik Padaido, Selasa 16 November 2021. Pulau Wundi dipilih karena mempunyai dermaga yang cukup besar dalam menampung kapal yang mengangkut logistik dan relawan, jaraknya pun yang tidak terlalu jauh dari Kota Biak.

Kegiatan vaksinasi di pulau ini merupakan kegiatan pertama. Relawan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam menggunakan KRI Gulamah 869 untuk mencapai Pulau Wandi.

Program vaksinasi dilakukan di Pulau Wundi, Distrik Padaido, Selasa 16 November 2021.

Sebelum melaksanakan vaksinasi, relawan terlebih dulu datang dan melakukan survey ke 3 kampung yang ada di Pulau Wundi.

Masyarakat Pulau Wundi cukup antusias dalam mengikuti kegiatan vaksinasi ini, terbukti sekitar 100 penduduk Pulau Wundi berhasil divaksin. Memang tidak sampai seluruh masyarakat Wundi dapat divaksin dikarenakan beberapa faktor, mulai dari ketakutan akan vaksin, ketidakpercayaan akan Covid-19, hingga kondisi badan yang tidak mendukung. Namun demikian, masyarakat tetap berterima kasih akan perhatian dari TNI Angkatan Laut di Biak, Pemda Kab. Biak Numfor, dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Kegiatan vaksinasi hari itu juga disertai dengan pembagian 200 paket sembako untuk warga berupa: 10 kg beras, minyak goreng, tepung, gula, teh, susu kaleng, mentega, dan kopi. Ada pula 150 bingkisan bagi anak yang terdiri dari biskuit dan makanan ringan, serta buku dan alat tulis.

Relawan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam menggunakan KRI Gulamah 869 untuk mencapai Pulau Wandi.

Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto S.T., M.Si mewakili Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah mengatakan, “TNI AL akan mendukung program Vaksinasi Nasional serta akan bekerja sama dengan Pemda dan pihak lain demi berlangsungnya program vaksinasi nasional. Bagi masyarakat yang berada di kepulauan, TNI AL berkomitmen untuk menjangkau sehingga kegiatan di masyarakat akan berlangsung normal kembali.

Ketua Tzu Chi Biak Susanto Pirono juga mengatakan, “Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mendukung penuh kegiatan program vaksinasi nasional serta akan mensupport bilamana ada kegiatan vaksinasi dan bakti sosial diadakan oleh TNI ataupun Pemda, sehingga masyarakat dapat mengerti akan pentingnya vaksinasi ini serta mengikutinya.”

Kegiatan vaksinasi hari itu disertai dengan pembagian 200 paket sembako untuk warga dan 150 bingkisan untuk anak-anak.

Ketua Panitia Kegiatan TNI AL peduli dan berbagi, serbuan vaksinasi maritim dan bakti sosial armada III Danlanal Biak Kolonel Marinir Karlos R.deda, M.Tr Hanla mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan vaksinasi dan bakti sosial ini. “Semoga apa yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Pulau Wundi,” tuturnya.

Kepala Distrik Padaido Adrian Mirino mewakili masyarakat 3 kampung yaitu Wundi, Sokani, dan Sorina turut mengucapkan terima kasih atas perhatian dari TNI AL, Pemda Biak Numfor, serta Tzu Chi “Ke depan apabila ada kegiatan di kepulauan silahkan libatkan kami,” katanya. “Semoga perhatian akan selalu ada bagi kami yang berada di kepulauan yang jauh dan agak sulit untuk menjangkau kota biak,” imbuh Erikson Farwas, warga Kampung Sorina.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Seratus Lima Puluh Ton Beras dan 300 Ribu Masker Medis untuk Warga Jadetabek

Seratus Lima Puluh Ton Beras dan 300 Ribu Masker Medis untuk Warga Jadetabek

12 Maret 2021
Tzu Chi Indonesia yang didukung Pengusaha Peduli NKRI bersama Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya mulai menyalurkan 150 ton beras dan 300 ribu masker medis  (15/03/2021) untuk membantu ketahanan pangan masyarakat yang terdampak Covid-19 di Jabodetabek.
Pembagian 5.000 Paket Sembako di Bandung

Pembagian 5.000 Paket Sembako di Bandung

06 Juli 2022

Relawan Tzu Chi Bandung bekerja sama dengan Asosiasi Pertextilan Indonesia (API) membagikan 5.000 paket sembako warga di 6 kelurahan di Kota Bandung, Pondok Pesantren Darul Maarif di Kab. Bandung, Pesantren Hidayatul Faizien di Kab. Garut, serta tujuh wihara di Kota Bandung.

Tzu Chi Salurkan Paket Sembako Menyambut HUT RI ke-77 di Rawa Buaya

Tzu Chi Salurkan Paket Sembako Menyambut HUT RI ke-77 di Rawa Buaya

15 Agustus 2022

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Kodim 0503/ Jakarta Barat menggelar Bakti Sosial Gebyar Kemerdekaan HUT RI ke-77 dengan menyalurkan beras dan buku tulis untuk warga Kelurahan Rawa Buaya.

Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -