Wujud Cinta Kasih Melalui Bantuan Laptop

Jurnalis : Diyang Yoga W, Hendra (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Diyang Yoga W, Shopie, Santoso, Reza (Tzu Chi Surabaya)

Tzu Chi Surabaya memberikan bantuan 12 unit laptop kepada Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda yang berlokasi di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur untuk keperluan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pada Selasa, 26 April 2022 Tzu Chi Surabaya memberikan bantuan laptop sebanyak 12 unit kepada Madrasah Ibtidaiyah (setara SD) Babul Huda yang berlokasi di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur. Sekolah yang berdiri sejak tahun 1973 dan terletak di perbukitan ini merupakan hasil swadaya dari para tenaga pendidik di Wonosalam. Sekolah gratis ini juga diperuntukkan bagi murid-murid yang kurang mampu di daerah Wonosalam dan sekitarnya.

Menghadapi perkembangan kurikulum pendidikan yang mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda, Sutiyanto beserta para guru merasa kesulitan. Mereka pun harus menyewa laptop untuk ujian para murid dan tentunya akan menghabiskan biaya yang besar sedangkan sekolah ini tidak memiliki banyak anggaran.

Oleh karena itu, pihak Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda kemudian mengajukan permohonan bantuan laptop ke Tzu Chi Surabaya. Permohonan ini pun langsung di respon dengan cepat oleh Tzu Chi Surabaya mengingat waktu ujian juga semakin dekat.

Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda, Sutiyanto menerima secara simbolis bantuan laptop dari Tzu Chi Surabaya.

Siswa dan siswi kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda berfoto bersama dengan relawan Tzu Chi Surabaya dan staf Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda.

Pada saat pemberian bantuan laptop, wajah bahagia terpancar dari para murid Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda. Mereka sangat senang sekali akhirnya bisa belajar menggunakan laptop lebih sering dari biasanya. Sebelumnya mereka menggunakan laptop hanya saat ujian saja.

“Saya berterima kasih sekali kepada Yayasan Buddha Tzu Chi karena telah membantu kami dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kita sangat bersyukur mendapatkan bantuan laptop. Akhirnya siswa dan siswi kelas 6 SD kami bisa mengikuti ujian menggunakan laptop tahun ini,” ujar Wakil kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda, Lilis Setiyawan.

Rasa syukur juga dirasakan oleh para relawan Tzu Chi Surabaya karena bisa membantu siswa Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda. Mengetahui sekolah tersebut berdiri dari hasil swadaya guru-guru, relawan Tzu Chi Surabaya juga memberikan donasi berupa susu kemasan untuk para murid dan layar proyektor karena sebelumnya sekolah menggunakan tembok sebagai layar.

Relawan Tzu Chi Surabaya mendampingi siswa Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda mengecek laptop bantuan dari Tzu Chi.

Selain bantuan laptop, Tzu Chi Surabaya juga memberikan bantuan susu untuk para siswa dan layar proyektor.

Siswa dan siswi kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda juga merasakan kebahagiaan atas bantuan laptop dari Tzu Chi Surabaya. Karena dapat melaksanakan ujian tanpa mengalami kendala seperti tahun sebelumnya. “Saya sangat senang sekali, akhirnya saya bisa ujian tanpa ada kendala alat. Tahun kemarin saya memakai HP, itu pun gantian. Adanya laptop ini, saya merasa bahagia dan bersyukur,” ujar Saffar Nuraini, salah satu siswi kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda.

Pendidikan merupakan salah satu Misi Tzu Chi. Karena peran pendidikan adalah untuk memberikan bimbingan yang tepat khususnya kepada anak-anak. Relawan pun tak henti menabur benih cinta kasih dan berbagi kebahagian kepada semua orang yang membutuhkan. Seperti yang tertuang dalam Kata Perenungan Master Cheng Yen. “Kewelas asihan harus dibangkitkan dari dalam sanubari, sedangkan menciptakan keberkahan harus melalui tindakan nyata.”

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bahagianya Mendapatkan Bantuan HP dan Laptop

Bahagianya Mendapatkan Bantuan HP dan Laptop

14 September 2020
Pagi itu, Sabtu 12 September 2020 merupakan pagi yang membahagiakan bagi enam Anak Asuh He Qi Tangerang. Orang tua yang mendampingi anak mereka tampak haru dengan bantuan yang akan mengakhiri kesulitan belajar anak mereka selama ini. 
Laptop untuk SMP Angkasa Lanud Padang

Laptop untuk SMP Angkasa Lanud Padang

25 November 2019

Untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar di SMP Angkasa Lanud Padang, Tzu Chi padang memberikan bantuan 2 (dua) unit laptop pada Selasa,12 November 2019.

Wujud Cinta Kasih Melalui Bantuan Laptop

Wujud Cinta Kasih Melalui Bantuan Laptop

13 Mei 2022

Pada Selasa, 26 April 2022 Tzu Chi Surabaya memberikan bantuan laptop sebanyak 12 unit kepada Madrasah Ibtidaiyah Babul Huda yang berlokasi di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur.

Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -