Wujud Cinta Kasih Melalui Setetes Darah

Jurnalis : Megawati, Christiana Wijaya (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Tim ZSM Palembang

Untuk ke-12 kalinya, dengan sukacita Elsje Margaretta Alwi menyumbangkan darahnya kepada yang membutuhkan.


Cinta kasih tidak cukup hanya ada di dalam hati saja, tetapi juga harus di wujudkan dalam prilaku.
(Kata perenungan Master Cheng Yen)

Donor darah merupakan salah satu kegiatan Tzu Chi yang termasuk dalam misi kesehatan. Relawan Tzu Chi di Xie Li Kemuning kembali bekerja sama dengan PMI Kota Palembang menggelar donor darah pada Minggu 24 September 2023. Donor darah ini digelar di Kampus Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech, Kota Palembang.

Pada pukul 07.15 WIB, para relawan telah berkumpul, mempersiapkan dan menyusun semua kebutuhan kegiatan. Sebanyak 35 relawan bersumbangih dalam kegiatan ini salah satunya Sylvia yang merupakan koordinator. “Sepekan sebelum kegiatan kami telah melakukan persiapan. Di awali membuat list nama pendonor sesuai dengan golongan darah, lalu membentuk tim relawan untuk menelepon mengingatkan mereka yang sudah rutin mendonorkan darah.” Tidak ada hambatan selama proses tersebut, semua lancar karena dukungan dari semua relawan.

Sebanyak 64 donor berhasil mendonorkan darahnya.

Donor darah berlangsung pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Di tahap awal para calon donor diarahkan untuk mengisi form pendaftaran dilanjutkan ke tahap pengecekan Hemoglobin untuk mengetahui kadar sel darah merah. Selanjutnya pengecekan golongan darah dan tensi. Jika semua proses sudah dilakukan maka donor siap mendonorkan darah.

Berkat bagi Orang Lain
“Ada rasa sukacita bisa berbagi kasih, badan lebih sehat yang pastinya terus juga dapat menjadi berkat bagi orang lain. Puji Tuhan selama aku mengikuti donor darah di Buddha Tzu Chi, relawan penuh keramahan, sopan santun, cara kerja yang baik pokoknya oke deh, untuk yang belum donor darah boleh mencoba untuk berdonor karena masih banyak saudara kita yang membutuhkan.” Ungkap Elsje Margaretta Alwi yang telah ke 12 kali mengikuti donor darah di Tzu Chi.

Relawan Tzu Chi memberikan pelayanan yang tulus kepada seorang donor.

“Saya atas nama PMI (Palang Merah Indonesia) Palembang mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah melakukan donor darah. Secara langsung Yayasan Buddha Tzu Chi telah membantu PMI Palembang menyediakan darah untuk masyarakat khususnya di Palembang “tutur Annisa Nanda yang merupakan salah satu staf PMI Palembang.

Relawan Tzu Chi menjelaskan manfaat dari donor darah serta menjelaskan secara singkat tentang Yayasan Buddha Tzu Chi.

Sebanyak 64 donor berhasil mendonorkan darahnya. Para relawan Tzu Chi Palembang berharap kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan darah di kota Palembang dan membuka pikiran masyarakat akan manfaat yang didapat dari donor darah. Selain untuk menolong orang lain, donor darah juga bermanfaat terutama untuk diri sendiri yaitu dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatan produksi sel darah merah, membakar kalori, serta mempercepat proses pemulihan luka.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Donor Darah, Donor Kebajikan

Donor Darah, Donor Kebajikan

14 Desember 2012 Minggu, 2 Desember 2012, Kantor Penghubung Tzu Chi Bali kembali mengadakan kegiatan donor darah yang rutin diadakan setiap 3 bulan sekali.
Donor Darah, Donor Kebajikan

Donor Darah, Donor Kebajikan

21 September 2015 Kegiatan rutin tiga bulan, donor darah yang diadakan oleh Tzu Chi bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Bali kali ini diadakan pada tanggal 6 September 2015. Yang diikuti sebanyak 25 peserta dan 9 relawan yang dengan sepenuh hati melayani pendonor di kantor penghubung Tzu Chi lantai 1, Tuban-Kuta, Bali.
Tetesan Kepedulian di Bulan Ramadhan

Tetesan Kepedulian di Bulan Ramadhan

01 Juli 2015 Menjelang minggu-minggu terakhir Bulan Ramadhan, DAAI TV Indonesia mengundang staf DAAI TV dan Yayasan Buddha Tzu Chi serta masyarakat umum untuk mendonorkan darah dalam kegiatan donor darah bertemakan “Berbagi untuk Sesama di Bulan Ramadhan”. 
Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -