Wujud Rasa Syukur dan Berkah di Tahun 2022

Jurnalis : Surya Metal (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Syanny Wijaya, Sutriani (Tzu Chi Makassar)

Relawan tzu Chi membagikan Angpao berkah dan kebijaksanaan dari Master Cheng Yen.  Angpao berkah dan kebijaksanaan ini sebagai wujud ungkapan terima kasih dan doa dari Master Cheng Yen kepada para donatur, masyarakat, dan relawan Tzu Chi yang sudah mendukung dan menjalankan Misi Amal Kemanusiaan Tzu Chi.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Makassar kembali mengadakan acara Pemberkahan Akhir Tahun 2022 yang sudah dua tahun dijalani secara terbatas pada masa Pandemi Covid 19. Acara pemberkahan Akhir Tahun 2022 diadakan pada Minggu, 08 Januari 2023 dengan mengusung tema: Berbuat Baik Dengan Welas Asih Mendatangkan Berkah, Membawa Diri Dengan Kebijaksanaan Mewariskan Nilai Luhur Bagi Keluarga. Relawan mengucap rasa syukur atas berkah yang diterima selama tahun 2022.

Pemberkahan Akhir Tahun ini dapat diselenggarakan secara tatap muka untuk warga umum dan donatur namun tetap menjalankan protokol kesehatan. Para tamu undangan, donatur, Gan En Hu, dan pihak yang mendukung kegiatan Tzu Chi di Makasar diundang untuk menghadiri acara Pemberkahan Akhir Tahun. Acara ini dihadiri oleh 100 orang peserta, yang terdiri dari para pengurus Yayasan Tionghoa, relawan Tzu Chi, donatur, masyarakat umum, dan Gan En Hu.

Para tamu undangan, donatur, serta relawan menyaksikan tayangan video kilas balik kegiatan relawan Yayasan Tzu Chi Indonesia di tahun 2022 dengan hikmah dan terharu.

Relawan Komite Tzu Chi memperagakan bahasa isyarat tangan dengan sangat anggun. Penampilan bahasa isyarat tangan ini membuat tamu tertegun dan terhibur karena relawan komite Tuz Chi tampil dengan indah dan anggun.

Acara diawali dengan tayangan video kilas balik  kegiatan kemanusiaan Tzu Chi Indonesia di tahun 2022. “Sangat terharu menyaksikan video tersebut. Apa yang dikerjakan oleh Tzu Chi mulai dari Misi Amal, Misi Kesehatan, Misi Pendidikan, Misi Pelestarian Lingkungan sangat menyentuh hati saya” ungkap Pardy  yang baru kali pertama menghadiri acara Pemberkahan Akhir Tahun Tzu Chi.

Pardy merasa terkesan ternyata sudah banyak relawan Tzu Chi berkontribusi besar untuk masyarakat. “Terkesan dan tidak bisa berkata-kata, apa yang sudah dilakukan oleh Tzu Chi, karena ternyata sudah banyak sekali kegiatan Tzu Chi yang berdampak positif bagi masyarakat,” lanjut Pardy.

Para tamu undangan juga menyaksikan Budaya Humanis Tzu Chi dengan penampilan bahasa isyarat tangan yang di tampilkan oleh relawan komite Tzu Chi dengan sangat anggun. Penampilan bahasa isyarat tangan ini membuat para tamu tertegun dan terhibur karena relawan komite Tzu Chi tampil dengan indah dan anggun.

Masyarakat umum, donatur, dan Gan En Hu menuangkan celengan bambu mereka di acara Pemberkahan Akhir Tahun 2022.  Penuangan celengan bambu ini merupakan ajakan dari Yayasan Tzu Chi untuk mengumpulkan benih-benih kebaikan dan doa setiap hari melalui celengan bambu untuk membantu orang yang kurang mampu.

Pada acara Pemberkahan Akhir Tahun 2022 ini relawan mengajak untuk taklupa berbagi melalui celengan bambu. Penuangan celengan bambu ini merupakan ajakan dari Yayasan Tzu Chi untuk mengumpulkan benih-benih kebaikan dan doa setiap hari melalui celengan bambu untuk membantu orang yang kurang mampu.

Lauren Jo Liandi (4) cucu dari relawan Tzu Chi menuangkan celengan bambu miliknya. Tjiang Fong Tjie nenek dari Lauren berharap cucunya ini di latih untuk saling peduli terhadap sesama dengan memberikan cinta kasihnya dan doa melalui celengan bambu.“Anak seusia Lauren bisa diajarkan menabung untuk membantu masyarakat yang kurang mampu,” jelas  Tjiang Fong Tjie

Relawan Tzu Chi Makasar bersama-sama menyiapkan lilin pelita hati yang di gunakan untuk doa bersama. Para relawan dan tamu undangan memanjatkan doa mewujudkan dunia yang aman dan sejahtera.

Para tamu undangan dalam acara Pemberkahan Akhir Tahun 2022 memanjatkan doa dengan menyalakan lilin pelita hati untuk dunia yang aman dan sejahtera.

Di penghujung acara relawan mengajak para tamu undangan untuk memajatkan doa bersama dengan menyalakan lilin pelita hati, para relawan dan tamu undangan membacakan doa mewujudkan dunia yang aman dan sejahtera.

Acara pemberkahan di akhiri dengan relawan membagikan Angpau berkah dan kebijaksanaan dari Master Cheng Yen sebagai wujud rasa terima kasih Master Cheng Yen kepada relawan Tzu Chi, para donatur, masyarakat dan pihak-pihak yang selama kegiatan Tzu Chi selalu mendukung Misi Amal Kemanusiaan Tzu Chi di Indonesia khususnya di Kota Makasar.  

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Bingkisan Imlek Bagi Gan En Hu di Pematang Siantar

Bingkisan Imlek Bagi Gan En Hu di Pematang Siantar

10 Januari 2023

Relawan Tzu Chi Medan komunitas Pematang Siantar mengadakan Kegiatan Pemberkahan Tahun Baru 2023 sesi Penerima Bantuan Tzu Chi menjelang Imlek pada Minggu, 08 Januari 2023. 

Menyambut Awal Tahun dengan Penuh Sukacita

Menyambut Awal Tahun dengan Penuh Sukacita

26 Januari 2023

Pemberkahan Awal Tahun di Kantor Tzu Chi Lampung, dihadiri sekira 250 orang. Melalui pemberkahan ini, semua tamu undangan dan relawan dapat melihat kilas balik Tzu Chi, baik internasional, Indonesia maupun Lampung.

PAT 2022: Kisah Penampilan Memukau Persamuhan Dharma Adaptasi Sutra (Bag. 2)

PAT 2022: Kisah Penampilan Memukau Persamuhan Dharma Adaptasi Sutra (Bag. 2)

13 Desember 2022

Apabila beberapa relawan sempat terkendala dengan beberapa kondisi dalam mempersiapkan penampilan Sutra. Relawan ini pun mempunyai kendala masing-masing namun mampu menghadapinya dan memberikan penampilan terbaik.

Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -