Xie Li Gathering 2023 Tzu Chi Sinar Mas: Belajar Dengan Berbuat, Tumbuh Dengan Bersumbangsih

Jurnalis : Widodo (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Surono, M. Rizki, Nicholas Denzel, Anderson (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Risang Rimbatmaja mengajak relawan Dharma Wanita belajar komunikasi interpersonal.

"Kita belajar dengan berbuat dan tumbuh dengan bersumbangsih."
(Kata perenungan Master Cheng Yen)

Xie Li Gathering digelar Tzu Chi Cabang Sinar Mas di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, 2-5 November 2023. Rangkaian Gathering ini dimulai 2 November yang diisi dengan sharing tentang komunikasi interpersonal yang dibawakan Risang Rimbatmaja dari Unicef. Kemudian dilanjutkan untuk menggali potensi, mengembangkan kemandirian yang dibawakan Endang Retno Wardhani dan Megawati dari Sinarmas Land UMKM Center. Evi Sucita Dewi dan Anik Sunarmi, sebagai Duta Dharma Wanita 2019-2023 juga mengisi sharing pada training kali ini. Dan pada malam hari Imam Johari membimbing para relawan Dharma Wanita dalam menyusun program kerja.

Hari kedua training diawali dengan senam pagi di depan Tzu Chi Center. Setelah sarapan pagi, relawan menyimak sharing misi amal yang dibawakan Yang Pit Lu atau biasa disapa Lulu Shijie. Relawan senior yang sudah mengenal Tzu Chi sejak 1998 ini berbagi bagaimana misi awal Tzu Chi dilakukan. Ia juga membagikan kebahagiaan mendampingi Sofyan Sukmana yang didiagnosa menderita Fibrous dysplasia (tumor dibelakang matanya) yang mengganggu penglihatannya. Berkat pendampingan dari relawan, Sofyan lebih percaya diri dan kini sudah menjadi guru komputer.  Pelatihan menjadi pribadi yang humanis melalui tea ceremony dan merangkai bunga menjadi materi berikutnya. Melalui tea ceremony dan merangkai bunga, relawan diajak untuk melatih kesabaran, ketelitian, dan juga konsentrasi.

Endang Retno Wardhani dan Megawati berbagi cerita bagaimana menggali potensi, mengembangkan kemandirian.

Relawan menjelaskan fasilitas yang ada di Tzu Chi Hospital.

Pada hari kedua ini, beberapa relawan pengurus Xie Li mulai berdatangan. Setelah dibuka oleh Hong Tjhin, Pembina Tzu Chi Cabang Sinar Mas, relawan diajak untuk lebih mengenalkan Tzu Chi melalui tur Jing Si dan Tzu Chi Hospital. Relawan diajak mengenal lebih dekat ajaran dan kiprah Tzu Chi Indonesia melalui Exhibition Hall dan juga fasilitas yang ada di Tzu Chi Hospital. Lalu disusul dengan sharing Misi Kesehatan yang disampaikan dr. Suriyanto dari Tzu Chi Hospital dan training tata krama Tzu Chi yang dilakukan Mettayani, relawan dari Perawang, Pekanbaru.

Disela-sela training, juga berlangsung Lomba Kata Perenungan Master Cheng Yen. Untuk lomba Kata Perenungan dilakukan mulai babak penyisihan dengan total 39 orang peserta. Sementara pada saat final dipertandingkan 4 orang peserta terbaik. Dan juara 1 Sofwatun Nida, dari Xie Li Sumatera Utara, juara 2 Yoseph Bata (Xie Li Kampar), Juara 3 Yerada (Xie Li Kutai Barat), dan Juara Harapan 1 Shella Malisa (Xie Li Kalsel 1).

Relawan Dharma Wanita menikmati harum teh yang telah disajikan.

Sofwatun Nida (paling kiri) menjawab pertanyaan dalam Lomba Kata Perenungan Master Cheng Yen.

“Pertama karena ada tekad di belakangnya. Juga ingin banggain suami, ingin banggain Xie Li kalau aku bisa. Apalagi kami dari unit sudah mempersiapkannya. Kami ada seleksi di unit, juga latihannya dibuat kayak macam lomba saja. Disiapkan belnya juga, waktu jawabnya dihitung berapa detik. Jadi bersyukur sekali bisa juara,” ujar Sofwatun Nida.

Hari ketiga, Misi Pendidikan dan Misi Budaya Humanis menjadi materi penutup. Misi pendidikan disampaikan Freddy Ong, Direktur Sekolah Cinta Kasih dan Iing Felicia, Kepala PG-TK Tzu Chi School. Sementara misi budaya humanis disampaikan Stephen Ang, He Xin Zhen Shan Mei Tzu Chi Indonesia dan Paulus Florianus, Manajer Program DAAITV.

Puncak Xie Li Gathering dilakukan pada 5 November 2023 yang dihadiri Franky O. Widjaja, Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Pada pagi hari, menjelang acara puncak dilakukan laporan tahunan masing-masing Xie Li yang dikelompokkan menjadi beberapa grup.

Melatih kesabaran dan ketelitian dalam merangkai bunga.

Gathering nasional ini dilakukan secara hybrid. Selain dilangsungkan secara luring di Guo Yi Ting, Tzu Chi Center, relawan juga banyak yang mengikuti secara daring melalui zoom. Penampilan genderang dari relawan dan mahasiswa alumni Tzu Chi University Science and Technology menjadi pembuka acara yang dihadiri 262 orang ini. Dalam Xie Li Gathering kali ini juga dilakukan pelantikan Duta Dharma Wanita 2024-2025 yang dibagi menjadi 2 wilayah Sumatera-Jawa dan Kalimantan-Papua. Untuk wilayah Sumatera-Jawa terpilih Dwi Asih (Xie Li Jambi 2) dan Fithria Calliandra Saputri (Xie Li Indragiri), sementara wilayah Kalimantan-Papua terpilih Kristiana Sulasmi (Xie Li Semitau) dan Aurora Goesman (Xie Li Kalimantan Tengah 1).

Dalam puncak Xie Li Gathering juga dilakukan peresmian Xie Li. Dua dari Sinar Mas Agribusiness yaitu Xie Li Sumatera Selatan (Sumsel) 2 dan Xie Li Kutai Barat (Kubar). Sementara 5 Komunitas Relawan dari APP Sinar Mas yang diresmikan menjadi Xie Li yaitu Xie Li Sidoarjo-Tjiwi Kimia, Tebing Tinggi-Lontar Papyrus, Perawang-Indah Kiat Pulp & Paper, Serpong 1-Wisma Indah Kiat, dan Lampung 3-Konverta Mitra Abadi.

Selain itu, terdapat juga pengumuman Lomba Liga Cinta Kasih. Untuk Sinar Mas Agribusiness terpilih Donatur Terbanyak (Xie Li Kalimantan Selatan 1), Donasi Terbaik (Xie Li Kalimantan Tengah 5), Celengan Bambu Terbaik (Xie Li Kalimantan Timur 1), Xie Li Teraktif (Xie Li Kalimantan Tengah 1), dan Xie Li Terinspiratif (Xie Li Kutai Barat). Dan untuk APP, Xie Li Sidoarjo-Tjiwi Kimia terpilih menjadi Donatur Terbanyak dan Xie Li Teraktif. Xie Li Lampung 3-Konverta Mitra Abadi menjadi Xie Li dengan Donatur Terbanyak.

Franky O. Widjaja, didampingi Fransiscus Costan, Irwan Tirtariyadi, Hong Tjhin, dan Pedy Harianto sesaat melantik Duta Dharma Wanita periode 2024-2025.

“Seperti yang disampaikan Master Cheng Yen, cinta kasih tidak akan habis ketika diberikan tetapi akan terus tumbuh. Itulah yang saya lihat tadi dari jam 8-12 kita melihat relawan dari Xie Li-Xie Li seluruh Indonesia membagikan cinta kasihnya kepada komunitas setempat. Tangis mereka, tangis kita semua. Tawa mereka menjadi tawa kita semua. Terima kasih kepada Almarhum Pak Eka dan Pak Franky yang membuka jalinan jodoh bagi kita semua untuk menggarap ladang berkah untuk seluruh relawan di Tzu Chi Sinar Mas. Mari kita berlomba menebarkan cinta kasih ke semua” ujar Irwan Tirtariyadi, Head of Upstream Sinar Mas Agribusiness and Food yang juga Pembina Tzu Chi Sinar Mas.

Sementara Suhendra Wiriadinata, Direktur APP dan Pembina Tzu Chi Sinar Mas juga menyampaikan pesan cinta kasih. Dengan peresmian 5 komunitas relawan APP menjadi Xie Li menjadi semangat tersendiri bagi Suhendra. “Tahun 2024 ini donatur cinta kasih APP 650.000, mudah-mudahan ditahun 2025 mendatang kita bisa mencapai target 1 juta donatur. Relawan dan donatur kami di APP memang masih kecil dibandingkan Tzu Chi di Agribusiness, tetapi kami memiliki potensi yang besar.  Dan kami ingin berkomitmen untuk merealisasikan potensi yang besar ini. Dan tentunya dengan bimbingan masukan pilar bisnis yang lain yang lebih berpengalaman akan mengakselerasi, mempercepat pertumbuhan Tzu Chi APP,” ungkap Suhendra.

Franky O. Widjaja membubuhkan tanda tangan sebagai peresmian pembentukan Xie Li.

Sebagai penutup Franky O. Widjaja, Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang juga Chairman Sinar Mas Agribusiness and Food menyampaikan pesan cinta kasih.

“Ladang cinta kasih yang begitu besar ketika tahun 98 saya bisa berkenalan dengan Tzu Chi dengan Master Cheng Yen. Dan sejak saat itu saya merasakan bahwa kebahagiaan itu tidak bisa dibeli dengan kita berbuat kebajikan. Masih ada 12-14 juta orang di bawah garis kemiskinan. Jadi ini menjadi ladang semua orang untuk bisa peduli, sesuai nilai Indonesia gotong royong. Tzu Chi itu sebagai katalis untuk membantu yang membutuhkan, sehingga bisa menjadi kunang-kunang yang bisa nyala kalau malam. Kalau banyak kita bersama titik-titik yang gelap itu bisa menjadi terang. Indonesia populasi no. 4 terbesar, jadi kalau Indonesia bisa tertawa, seluruh dunia bisa tertawa.  Kalau kita tidak ada kesempatan untuk turun, kita tidak bisa merasakan. Dan kita tidak bisa appreciate dengan apa yang kita miliki. Di Sinar Mas kita bilang We Go Together Far Fast and Beyond. Beyond-nya ini adalah melakukan kebajikan. Penanaman akhirat,” ungkapnya disambut tepuk tangan meriah dari semua hadirin.

Di penghujung Gathering, 5 tekad diikrarkan dalam rangka menuju 20 tahun Tzu Chi Cabang Sinar Mas tahun 2024 yaitu (1) Menuju 3 juta donatur dengan high tech high touch, (2) Vegetarian 1-2 hari dalam seminggu, (3) Menuju pembentukan 100 Xie Li, (4) 3 KM bebas dari stunting, hernia, katarak, dan bibir sumbing, (5) Fokus pada pendidikan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Gathering Relawan 3 in 1

Gathering Relawan 3 in 1

18 Juli 2011
Divisi 3 in 1 termasuk dalam salah satu misi Tzu Chi, yaitu misi budaya kemanusiaan, oleh karena itu kegiatan ini mengangkat tema Budaya Humanis yang Benar, Bajik, Indah, Menyucikan Hati Manusia.
Kesungguhan Para Relawan Misi Amal di Tzu Chi Medan

Kesungguhan Para Relawan Misi Amal di Tzu Chi Medan

22 Desember 2021

Para relawan Misi Amal di Tzu Chi Medan siang itu, Minggu 5 Desember 2021 mengadakan gathering dengan agenda sharing tentang pencatatan kasus penerima bantuan Tzu Chi.

Menjalin Keakraban Melalui Gathering Hu Ai

Menjalin Keakraban Melalui Gathering Hu Ai

02 Maret 2023

Para relawan Tzu Chi Pekanbaru di Komunitas Hu Ai Selatan mengadakan gathering dengan tema ‘Sukacita dan Kebersamaan dalam keluarga besar Tzu Chi’. 

Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -