Kamis, 29 Oktober 2020
Indonesia | English

Diskusi Anak Muda Keren Tentang Vegetarian

27 Agustus 2020 Jurnalis : Shelfi (He Qi Utara 1)
Fotografer : Yusniaty (He Qi Utara 1)


Willy Fransidy (atas) dan Tommy Cendana (bawah) sebagai moderator bedah buku yang diadakan di komunitas He Qi Utara 1 via Zoom pada 22 Agustus 2020 dengan tema New Normal, New Lifestyle. Vegetarian Is The New Lifestyle.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi kehidupan sosial manusia, di mana kegiatan-kegiatan tak dapat diadakan di gedung-gedung seperti biasanya, di Tzu Chi pun demikian. Sebagian besar kegiatan dilangsungkan di dunia maya. Pada Sabtu 22 Agustus, Bedah buku He Qi Utara 1 kembali digelar melalui aplikasi Zoom pada pukul 14.00- 15.30 WIB dan dihadiri 97 peserta.

Bedah buku ini dibawakan oleh kelompok anak remaja di mana  anak-anak dari relawan Tzu Chi yaitu Willy Fransidy anak dari Yessie  Christina, Michele Malvina Ketua Kelompok Tzu Ching, dan Tommy  Cendana dan Jennifer Cendana anak dari relawan Tina Ramlah. Tema yang diusung adalah New Normal, New Lifestyle. Vegetarian Is The New Lifestyle.


Jennifer Cendana (kiri bawah) dan Michele Malvina (kanan bawah) berbagi cerita tentang bervegetaris. 

Di sini Willy Fransidy menjelaskan pola makan vegetarian sekarang–sekarang ini sedang menjadi tren lifestyle. Semua orang mulai sadar untuk memiliki badan yang sehat, salah satu faktor utama berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tidak banyak orang ketahui ada berbagai macam tipe vegetarian:

1. Vegan, seorang yang hanya makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Vegan menghindari semua produk hewani termasuk produk turunannya contoh telur, susu sapi, dan produk yang berasal dari hewani lainnya.

2. Lacto Ovo Vegetarian, seorang yang tidak mengkonsumsi daging tapi masih mengkonsumsi  produk hewani seperti telur dan susu.

3. Lacto Vegetarian, seorang yang tidak mengkomsumsi daging, ikan, unggas, atau telur, tapi masih mengkonsumsi susu dan produk turunannya seperti susu, keju, yoghurt.

4. Ovo Vegetarian, seorang yang mengkonsumsi telur namun tidak mengkonsumsi produk susu dan turunannya.

Menjalanin Pola Makan Bervegetarian bukan suatu hal yang mudah, dimana pandangan yang beredar di masyarakat umum mengkonsumsi daging dan produk hewani lainnya adalah sewajarnya. Kemudian masih sangat kurang rumah makan dan resto yang menyajikan makanan vegetarian baik di mall atau pun di tempat umum.


Know, then Like Kiat Willy Fransidy mengajak orang  bervegetaris  dengan sharing makanan yang enak  sehingga orang tertarik dulu, perlahan orang akan mengalami manfaat bervegetaris.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Talkshow  dengan para narasumber. “Apakah yang mendasari kamu menjalani bervegetarian?” tanya Willy Fransidy.

“Saya awal bervegetaris karena ingin diet, lalu saya percaya kalau dengan bervegetaris skripsi saya bisa lancar karena saya memberikan asupan positif ke dalam tubuh saya,” ungkap Michele Malvina.

Mima, panggilan akrabnya mencoba menginspirasi orang-orang melalui review makanan vege melalui kanal youtube dan media sosial lainnya. 

Sementara itu, Jennifer Cendana mengungkapkan keinginan bervegetaris  karena tidak tega melihat penderitaan hewan-hewan yang harus mengalami proses penjagalan sebelum diolah menjadi daging potong.

“Sebagai manusia kita jangan menganggap hewan sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi,” Sahut Jennifer Cendana. 

Terakhir ada video anak-anak dari relawan yang mengajak bervegetaris dan sharing dari Magdalena salah satu orang tua  dari anak yang ada di video tersebut. Ia bercerita bahwa sejak umur 4 tahun anaknya Jaybronz Chuwardi sudah bervegetaris. Anaknya tumbuh sehat dan pintar walaupun bervegetaris.


Tommy Cendana yang sudah empat tahun lebih bervegetaris mengatakan: bervegetarian No Problem,  orang makan cuman butuh 5 menit.

Willy Fransidy yang telah menjalani 4 tahun bervegetaris juga bercerita, bahwa ia pun masih mengalami rintangan. “Waktu itu saya pergi hangout dengan kawan-kawan,setelahnya mereka ajak makan di resto, mereka tetap makan makanan normal biasanya nonvege, sedangkan saya pesan makanan yang tidak ada mengandung hewani sama sekali, kalaupun di resto itu tidak ada makanan vege ya saya tukar-tukaran, teman saya makan daging,s aya makan sayurannya,” ungkap Willy.

Kiat dari Willy untuk mengajak bervegetaris, dengan cara orang harus know, then like seperti sharing ke teman-teman makanan vege yang enak sehingga orang tertarik. Coba sehari sepekan, dan seterusnya sehingga orang mengalami sendiri manfaat bervegetaris.

Adapun Tommy Cendana yang lebih dari 4 tahun menjalani pola makan vegetarian, awal mulanya tidak mudah bervegetaris. Namun karena ada jalinan jodoh sekeluarga mereka pindah ke Jakarta, mulai mengenal Tzu Chi dan mulai beragabung dalam kegiatan Tzu Chi, mereka sekeluarga mengenal pola hidup vegetarian.

”Ketika sampailah jalinan jodoh mengenal Tzu Chi, setetes demi setetes prinsip kita berubah yang dari keras jadi mau menerima dan mulai bisa bervegetaris,” ujar Tommy.

Tommy pun memiliki pandangan, “Karena saya sudah betekad untuk vegetarian, yang bagi setiap orang vegetarian adalah problem, tapi bagi saya no problem, orang makan cuma butuh 5 menit.  Setelah itu kita kerjakan tugas kita, dan kita juga harus mengajak yang belum bervegetaris menjadi bervegetaris,” pungkasnya.

 

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 258 kali


Berita Terkait


Bazar Vegetarian di Kota Hujan

20 Agustus 2019

Semangat Pelestarian Lingkungan di Festival Tzu Chi Xie Li Kampar

14 Agustus 2019

Berbagi Nasi Kotak Vegetarian Gratis Selama Sebulan

29 Agustus 2018

Ramainya Bazar Vegetarian di Lippo Plaza Ekalokasari

27 Agustus 2018

Vegetarian Club: Bervegetaris Jadi Lebih Seru!

05 September 2017


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat