Sabtu, 21 September 2019
Indonesia | English

Kebaikan Dibalik Donor Darah

28 Juni 2019 Jurnalis : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan)
Fotografer : Vinson Theodoric, Soit (Tzu Chi Medan)


Relawan Tzu Chi tengah mendampingi Alin. Ini merupakan donor darah kedua yang dilakukannya.

Relawan di komunitas Hu Ai Medan Barat kembali mengadakan kegiatan donor darah. Ini merupakan kegiatan donar darah yang kedua yang diadakan di Kantor Tzu Chi Medan di Jalan Perintis Kemerdekaan, Grand Jati Junction, Medan. Semua relawan yang membantu dalam kegiatan donor darah pada pagi harinya (Minggu, 23 Juni 2019), juga menyempatkan diri mengikuti Xun Fa Xiang (Menghirup Keharuman Dharma).

Kegiatan donor darah kali ini diikuti oleh 64 orang relawan yang turut berpartisipasi mendukung lancarnya kegiatan donor darah ini. Sejak jam 7 pagi relawan sudah sibuk memastikan semua barang yang akan digunakan sudah dipersiapkan, dan tak lama kemudian anggota PMI juga tiba di lokasi dengan barang bawaan mereka yang dibantu oleh relawan.

Sesudah persiapan semua selesai, di bagian pendaftaran sudah terlihat ramai, dimana para pendonor yang sudah mendaftarkan diri diarahkan oleh relawan untuk menjalani pemeriksaan pemeriksaan tensi dan HB (kadar hemoglobin).


Relawan memberikan minuman produk Jing Si kepada para donor dan calon donor.


Tjendra Dermawan, koordinator kegiatan donor darah ini juga ikut mendonorkan darahnya.

Para donor yang menunggu antrian juga bisa menonton video Master Cheng Yen Bercerita yang telah dipersiapkan relawan, supaya para donor tahu bahwa Master juga bercerita tentang Dharma dengan cara yang lebih mudah dipahami oleh orang dewasa dan anak-anak.

“Saya melakukan donor darah ini yang kedua kali. Donor darah ini untuk kesehatan kita, seperti bisa mendapatkan darah yang baru, dan membantu orang lain yang membutuhkan darah. Dengan izin dari Tuhan, supaya badan saya sehat, saya akan terus mendonorkan darah saya secara rutin karena setetes darah itu sangat berarti bagi orang yang membutuhkannya,” Alin.

”Donor darah kali ini dilakukan itu untuk menumbuhkan rasa cinta kasih antar sesama manusia serta peduli dengan sesama. Master Cheng Yen juga pernah mengatakan, ‘berderma lebih beruntung daripada menerima derma’. Artinya, kalau kita berderma mendapatkan lebih banyak berkah,” kata Tjendra Dermawan, relawan yang menjadi koordinator kegiatan ini.


Relawan muda-mudi Tzu Chi (Tzu Ching) mengajak para donor untuk bergabung menjadi keluarga besar Tzu Chi.


Seusai kegiatan relawan Tzu Chi dan petugas dari Palang Merah Indonesia mengabadikan momen kebersamaan mereka. 

Setelah siap mendonorkan darah para donor diarahkan menuju ke lantai 2, baik bagi yang berhasil mendonorkan darah ataupun tidak untuk menikmati makanan vegetaris yang telah dipersiapkan oleh relawan dan di sana juga terdapat berberapa relawan yang mengenalkan visi dan misi Tzu Chi kepada para donor, serta mengajak mereka untuk bergabung dalam keluarga besar Tzu Chi. Beberapa orang terlihat tertarik untuk bergabung menjadi relawan. Dari 184 orang yang mendaftar untuk donor darah, darah yang berhasil dikumpulkan ada sebanyak 147 kantung darah dan 37 lainnya gagal karena beberapa faktor kesehatan.

dr. Miftharul Khairah sebagai Dokter PMI mengatakan, “Manfaat donor darah itu sangat banyak, seperti untuk membentuk sirkulasi darah baru, terhindar dari penyakit jantung, serta dapat mencegah penyakit-penyakit tertentu. Kita juga mendapatkan amal ibadah karena kita telah menolong orang lain.”

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 307 kali


Berita Terkait


Sebungkus Darah, Sejuta Kebaikan

03 September 2019

Berbagi Kasih Dengan Donor Darah

06 Mei 2019

Menumbuhkan Cinta Kasih Lewat Donor Darah

16 April 2019

Mencintai Sesama Melalui Donor Darah

27 Februari 2019

Mengawali 2019 dengan Berbuat Kebajikan

07 Januari 2019


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat