Baksos Kesehatan di Tallo

Jurnalis : Henny Laurence (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Edy Go (Tzu Chi Makassar)
 

foto
Baksos kesehatan di kelurahan Buloa diadakan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan bayi dan balita yang statusnya masih di bawah rata-rata.

Dalam rangka menyambut hari Waisak 2556, Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Perwakilan Makassar pada tanggal 27 Mei 2012 menyelenggarakan bakti sosial kesehatan bagi warga Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo.

 

 

 

Menurut Solihin Salim, salah satu tim survei yang juga adalah ketua pelaksana baksos, baksos ini diadakan karena masih banyak bayi dan balita yang status gizinya masih di bawah standar. Selain itu, baksos ini juga diadakan untuk memberikan pelayanan kesehatan di kelurahan yang belum terjangkau program pemerintah.

M. Ali Harpan, Lurah Buloa, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Tzu Chi yang telah menyelenggarakan kegiatan baksos kesehatan ini. Ali mengakui masih banyak warga kelurahan Buloa yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Ia berharap kegiatan yang diadakan oleh Tzu Chi tidak berhenti di sini saja, melainkan dapat menginspirasi organisasi-organisasi lainnya untuk melakukan kegiatan serupa yang telah diadakan Tzu Chi.

foto   foto

Keterangan :

  • Sebanyak 481 balita menerima penanganan kesehatan di baksos kali ini (kiri).
  • Baksos kesehatan ini didukung oleh 48 tim medis dan paramedis serta 73 relawan Tzu Chi (kanan).

Sejak pukul 7 pagi hingga 2 siang, sebanyak 40 dokter, 6 perawat, 2 apoteker, dan 73 relawan Tzu Chi memberikan pengobatan gratis bagi 896 pasien. Pengobatan meliputi poli gigi, umum, dan balita. Adapun pasien gigi sebanyak 103 orang, gizi balita 481 orang, dan umum sebanyak 312 orang.

 

  
 

Artikel Terkait

Welas Asih Bagi Penyandang Tuna Ganda

Welas Asih Bagi Penyandang Tuna Ganda

24 November 2010
Sabtu, 13 November 2010, Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung melakukan kunjungan kasih ke Yayasan Bhakti Mitra Utama. Yayasan yang merupakan panti penyantun anak tuna ganda ini  bertempat di Jl. Ki Astramanggala No. 6, Baleendah, Bandung.
Memberi Sambil Melatih Diri

Memberi Sambil Melatih Diri

12 Desember 2011 Peristiwa ini juga memberikan banyak kesan pada insan Tzu Chi bahwa hidup ini harus di syukuri. Terbebas dari bencana dan masih dapat melakukan banyak kebajikan adalah berkah yang harus di syukuri.
Gempa Jepang : Bantuan Tiba di Tokyo

Gempa Jepang : Bantuan Tiba di Tokyo

15 Maret 2011
Demi mengantarkan cinta kasih ke Jepang, maka pada tanggal 13 Maret 2011 malam Yayasan Buddha Tzu Chi telah menghantarkan sebanyak 5.000 helai selimut tebal dan bahan bantuan lainnya ke CTW Logistics Corporation yang ditunjuk sebagai tempat pengumpulan materi bantuan oleh Kementerian Luar Negeri Taiwan.
Memberikan sumbangsih tanpa mengenal lelah adalah "welas asih".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -