Bantuan Darurat Tzu Chi untuk Warga Batu Malang

Jurnalis : Diyang, Satria (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Diyang Yoga, Supini (Tzu Chi Surabaya)

Relawan Tzu Chi dalam memberikan bantuan darurat berkoordinasi dengan apparat keamanan TNI-Polri dalam menyalurkan bantuan. Relawan Tzu Chi sedang berkoordinasi dengan anggota Polres Kota Malang.

Tzu Chi Indonesia melalui Kantor Perwakilan Surabaya melakukan survei ke lokasi bencana banjir bandang yang terjadi pada 4 November 2021 di Kota Batu, Malang Jawa Timur. Satu hari pasca bencana relawan Tzu Chi Surabaya langsung ke lokasi bencana berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan TNI – Polri untuk menentukan titik pembagian bantuan. Para relawan menuju lokasi bencana di Dusun Gintung, Desa Bulukerto Kota Batu, Malang.

Relawan Tzu Chi secara simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada TAGANA dan Polres Kota Batu di Balai Desa Bulukerto yang dijadikan dapur umum.

Relawan Tzu Chi malihat langsung kondisi pengungsian warga dan dapur umum di Balai Desa Bulukerto.

Akses jalan yang masih sulit karena banyak material lumpur, pohon tumbang, dan batu besar yang berada di jalan masih berserakan. Keadaan ini tak menyurutkan semangat relawan untuk membantu warga yang terdampak bencana.

Berdasarkan data survei, keesokan harinya, 6 November 2021, relawan Tzu Chi Surabaya memutuskan untuk membawa dan langsung memberikan bantuan sembako berupa beras @10Kg (100 karung), telur (18 peti), minyak goreng (5 karton), garam 40 pak, kecap manis @ 6kg (1 jerigen), susu sachet (50 pak), Tolak Angin Cair (2 karton), kopi instan (5 karton), dan teh celup (100 bal) untuk kebutuhan dapur umum di lokasi pengungsian.

Relawan Tzu Chi bersama anggota karangtaruna dan warga sekitar berkesempatan melihat langsung lokasi bencana di lima titik dan posko pengungsian.

Relawan Tzu Chi Surabaya menyalurkan bantuan darurat sembako kepada anggota Tagana dan Polres Kota Batu. Bantuan yang diberikan berupa beras, telur, minyak goreng, garam, kecap manis, susu sachet, obat herbal cair, kopi instan, dan teh celup untuk Desa Bulukerto.

Dalam kesempatan itu para relawan Tzu Chi yang didampingi anggota Polres Kota Batu dan tim TAGANA berkesempatan untuk meninjau ke beberapa lokasi bencana dan posko pengungsi untuk menghibur warga yang terdampak bencana. Di lokasi bencana para relawan masih menyaksikan kerusakan yang diakibatkan oleh banjir bandang seperti, batang pohon yang terseret banjir, lumpur, dan beberapa rumah warga yang rusak yang sedang di evakuasi oleh tim SAR gabungan Kota Malang.

Peristiwa banjir bandang ini terjadi pada 04 November 2021 sekitar pukul 14.00 WIB. Banjir bandang ini menerjang Kota Batu dan sebagian wilayah Malang, Jawa Timur. Banjir bandang terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi dan mengakibatkan luapan Sungai Brantas.

Suasana lokasi bencana para tim SAR gabungan dengan menggunakan alat berat membersihkan material banjir bandang di Desa Bulukerto, Kota Batu, Malang.

Data sementara dari BPBD Kota Batu, bencana banjir bandang tersebut menyebabkan 7 orang warga meninggal, 33 orang warga mengungsi dan 89 KK terdampak bencana. Kerugian materil data sementara 35 unit rumah rusak berat, 33 unit rumah terendam lumpur, 107 ekor hewan ternak hanyut terseret arus banjir serta 10 kandang ternak hewan rusak berat.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Mengubah Duka Menjadi Kekuatan

Mengubah Duka Menjadi Kekuatan

21 April 2017

Relawan Tzu Chi Sinar Mas di Jambi membagikan bantuan banjir kepada warga di Desa Gurun Tuo, Sarolangun, Jambi, 11 Maret 2017.

Gempa Palu: Keberangkatan Tim Medis Tzu Chi ke Palu

Gempa Palu: Keberangkatan Tim Medis Tzu Chi ke Palu

02 Oktober 2018

Hari ini, Selasa, 2 Oktober 2018, tepat pukul 14.23 WITA, relawan Tzu Chi Jakarta tiba di Makassar bersama 3 orang dokter, 2 perawat, dan 2 apoteker dari Tzu Chi International Medical Association (TIMA) Indonesia untuk berkoordinasi pemberian bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Gempa Palu: Kita Peduli, Kita Satu Keluarga

Gempa Palu: Kita Peduli, Kita Satu Keluarga

24 Oktober 2018
Relawan Tzu Chi Palembang melakukan penggalangan dana bagi pembangunan 3.000 rumah untuk korban gempa di Lombok dan Palu. Galang dana ini digelar di Palembang Trade Center (PTC) sejak tanggal 19-21 Oktober 2018.
Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -