Berbagi Berkah Ramadan dengan Pembagian Takjil

Jurnalis : Sutriani (Tzu Chi Makassar ), Fotografer : Syanny Wijaya (Tzu Chi Makassar)

Relawan Tzu Chi Makassar menyiapkan takjil yang akan dibagikan kepada pedagang kaki lima, pengemudi ojek online, pemulung, dan tukang parkir di beberapa lokasi.

Dalam menyambut bulan Ramadan, Tzu Chi Makassar melaksanakan pembagian takjil (makanan kecil atau minuman untuk berbuka puasa) pada Selasa, 12 April 2022. Kegiatan ini pun menyasar kepada para pedagang kaki lima, pengemudi ojek online, pemulung, dan tukang parkir yang tengah menjalankan aktivitasnya di bulan puasa.

Mulai dari setelah waktu sholat Ashar, para relawan Tzu Chi sudah berkumpul di Kantor Tzu Chi Makassar untuk menyiapkan takjil yang dibuat sendiri oleh relawan Tzu Chi. Sebanyak 120 gelas es buah dan 120 paket mi DAAI (isi 10 bungkus) akan dibagikan dalam kegiatan ini.

Bersamaan dengan pembagian takjil ini, relawan juga menyiapkan paket mi DAAI yang berjumlah 10 bungkus.

Setelah selesai mengemas takjil dan mi DAAI, sebanyak 24 relawan mulai menyebar ke beberapa lokasi untuk membagikannya.

Pembagian takjil kemudian dibagi dalam beberapa titik lokasi. Sebanyak 24 relawan menyebar ke lokasi yang ditentukan dan lalu mulai membagikan takjil pada pukul 17:00 WITA.

“Kami ingin berbagi syukur kepada saudara kami umat Islam yang melaksanakan puasa. Apalagi para pengemudi ojek online yang biasanya saat buka puasa masih melayani pelanggan dan tidak sempat beli menu buka puasa. Kami berharap takjil dari kami dapat membantu,” kata Nuraisyah, koordinator pembagian takjil Tzu Chi Makassar.

Relawan Tzu Chi Makassar membagikan takjil beserta mi DAAI kepada salah satu juru parkir di Kota Makassar.

Lebih lanjut Nuraisyah mengungkapkan bahwa kegiatan pembagian takjil ini akan digelar selama 3 kali selama bulan Ramadan dengan menu yang berbeda-beda. “Minggu depan kami berbagi lagi, tentunya dengan menu yang berbeda,” ucapnya.

Dengan berbagi takjil, relawan Tzu Chi Makassar berharap dapat memberikan sedikit berkah kepada mereka yang sangat membutuhkan. Apalagi memberikan makanan buka puasa kepada orang lain tentunya bernilai pahala. “Kami bahkan berharap jumlah menu untuk pembagian selanjutnya dapat bertambah sehingga yang dapat bisa lebih banyak,” tutup Nuraisyah.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel Terkait

Relawan Tzu Chi di Pematang Siantar Berbagi Takjil Cinta Kasih

Relawan Tzu Chi di Pematang Siantar Berbagi Takjil Cinta Kasih

04 April 2024

Para relawan Tzu Chi di Pematang Siantar dengan semangat toleransi membagikan 250 paket takjil di depan Kompleks Perumahan Megaland, Pematang Siantar.

Tzu Ching Makassar Bagikan Takjil untuk Kaum Duafa

Tzu Ching Makassar Bagikan Takjil untuk Kaum Duafa

05 Juni 2018
Setelah menggelar kegiatan buka puasa bersama anak panti asuhan, kali ini relawan Tzu Ching (Muda-mudi Tzu Chi) Makassar membagikan takjil kepada kaum duafa. Relawan ikut membagikan es buah, roti, minuman, dan kurma kepada tukang parkir, tukang becak dan tukang sapu jalan di sekitar Jl Ahmad Yani, Makassar, Jumat (1/6).
Berbagi Takjil, Berbagi Kebahagiaan

Berbagi Takjil, Berbagi Kebahagiaan

15 April 2024

Relawan Tzu Chi Bandung berbagi kebaikan dengan membagikan takjil yang berlokasi di SPBU Cibeureum, Cimahi, Kita Bandung. Sebanyak 15 relawan Tzu Chi turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sebanyak 800 paket takjil dibagikan kepada warga.

Umur kita akan terus berkurang, sedangkan jiwa kebijaksanaan kita justru akan terus bertambah seiring perjalanan waktu.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -