Berbagi Kasih di Panti Asuhan Bhakti Luhur

Jurnalis : Lavina Natania (He Qi Tangerang), Fotografer : Darren Richie, Bryan Edward Widjaja, Tirta Budi Kusuma (He Qi Tangerang)

Muda-mudi Tzu Chi (Tzu Ching) mengadakan acara kunjungan kasih ke Panti Asuhan Bhakti Luhur di Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan ini mengangkat tema “SarangHae” yang memiliki arti Sharing and Giving Happiness.

Muda-mudi Tzu Chi (Tzu Ching) melengkapi nuansa perayaan Valentine dengan mengadakan acara kunjungan kasih ke Panti Asuhan Bhakti Luhur yang berlokasi di Citra Raya, Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan yang berlangsung pada Minggu, 19 Februari 2023 ini diselenggarakan dengan mengangkat tema “SarangHae” yang memiliki arti Sharing and Giving Happiness.

Koordinator kegiatan, Daniel Tanuwijaya mengungkapkan bahwa kunjungan kasih ini diadakan sebagai salah satu dari misi pelayanan Tzu Chi. “Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, kita tidak hanya sharing, tetapi kita juga belajar untuk Giving Happiness ke anak-anak. Kita ingin memberikan pelayanan amal dengan memberikan cinta kasih kepada anak-anak dan menjalin jodoh dengan Panti Asuhan Bhakti Luhur,” ujar Daniel.

Pengurus Panti Asuhan Bhakti Luhur, Burga menyatakan sangat berbahagia dengan kehadiran Tzu Ching dan Xue Zhang Jie dalam sambutannya.

Kegiatan ini diikuti oleh 14 Xue Zhang Jie (kakak kelas Tzu Ching) dan 40 anggota Tzu Ching. Sebelum berangkat ke lokasi kunjungan, peserta yang tinggal di daerah Jakarta berkumpul terlebih dahulu di Tzu Chi Center, PIK pada pukul 07.00 WIB. Sedangkan, peserta yang berada di daerah Tangerang berkumpul di Kantor Tzu Chi Tangerang (Karawaci) pada pukul 07.30 WIB. Setelah membaca doa bersama, para peserta berangkat bersama ke lokasi.

Setelah tiba di lokasi, acara ini disambut oleh Pengurus Panti Asuhan Bhakti Luhur, Burga yang menyatakan bahwa dirinya sangat berbahagia dengan kehadiran Tzu Ching dan Xue Zhang Jie. “Kita senang, berbahagia karena dikunjungi dan diberi kesempatan untuk bersukacita bersama. Anak-anak merasa dihargai dan diperhatikan,” tutur Burga.

Anak-anak Panti Asuhan Bhakti Luhur bermain dengan Tzu Ching dan Xue Zhang Jie.

Kedatangan relawan juga direspon baik oleh anak-anak dengan mengadakan dance performance. Kunjungan kasih kali ini berlangsung selama 3 jam dari pukul 09.00-12.00 WIB. Tzu Ching dan anak-anak Panti Asuhan Bhakti Luhur mengikuti setiap rangkaian acara dengan penuh semangat dan antusias. Mereka pun duduk dan berbaur sehingga tidak terlihat ada batas. Perbedaan kondisi psikologis menjadi tantangan bagi para Tzu Ching untuk mengerti dan beradaptasi dengan keadaan masing-masing anak.

Beberapa permainan yang menjadi pelengkap acara kunjungan ini, yaitu puzzle, ular naga (wak wak gung), dan mewarnai. Salah satu Tzu Ching, Agnes Devita Sari mengungkapkan bahwa dirinya merasa bersyukur dan mendapatkan beberapa pembelajaran yang dapat diperoleh dari acara ini.

Agnes (kiri) berfoto bersama dengan salah satu anak Panti Asuhan Bhakti Luhur. Ia pun merasa senang dengan kunjungan ini karena mendapatkan pengalaman baru.

“Sebelumnya aku pernah ikut kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Beriku Hati. Kalau untuk ke panti asuhan yang ditinggali oleh anak-anak berkebutuhan khusus, aku baru pertama kali. Awalnya aku excited, tapi deg-degan juga karena bingung bagaimana harus menyesuaikan diri sama mereka. Kenyataannya kegiatan ini challenging tapi tetep seru, banyak pelajaran yang bisa diambil, salah satunya rasa bersyukur,” ungkap Agnes.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Kado Cinta Kasih Natal untuk Anak Difabel Kota Pematang Siantar

Kado Cinta Kasih Natal untuk Anak Difabel Kota Pematang Siantar

30 Desember 2022

Sebanyak 12 relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Pematang Siantar merayakan Natal bersama pada 25 Desember 2022 dengan membagikan 85 kado untuk anak-anak disabilitas di Pusat Rehabilitasi Harapan Jaya, Pematang Siantar.

Menjalin jodoh baik di Panti Asuhan Hati Bangsa

Menjalin jodoh baik di Panti Asuhan Hati Bangsa

12 Januari 2023

Sembilan orang relawan komunitas He Qi Pusat Xie Li JB3 mengawali di tahun 2023 dengan menjalin jodoh baik dengan Panti Asuhan Hati Bangsa di Jalan Jembatan Dua Raya, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu 07 Januari 2023. 

Kunjungan Kasih ke Panti Asuhan Beriku Hati Bersama Tzu Ching

Kunjungan Kasih ke Panti Asuhan Beriku Hati Bersama Tzu Ching

20 Juni 2022

Setelah sempat terhenti karena pandemi, Tzu Ching (Muda Mudi Tzu Chi) Tangerang kembali mengadakan kegiatan kunjungan kasih ke Panti Asuhan. Kegiatan yang bertema SarangHae (Sharing and Giving Happiness) ini diadakan pada 12 Juni 2022.

Memberikan sumbangsih tanpa mengenal lelah adalah "welas asih".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -