Berbagi Paket Lebaran dan Takjil di Depok

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Nenek Sa’ani dibantu relawan Tzu Chi ketika menerima paket Lebaran dengan wajah senang. Relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Depok membagikan 100 paket Lebaran untuk warga prasejahtera pada 9 April 2023 di wilayah RW 14, Kelurahan Depok, Kec. Pancoran Mas, Jawa Barat.

Berkah Ramadan juga dirasakan oleh beberapa warga Depok, Jawa Barat. Kali ini Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia membagikan 100 paket Lebaran dan 70 paket Takjil (makanan untuk berbuka puasa) pada 9 April 2023. Penyerahan paket Lebaran ini diberikan secara simbolis kepada warga dan Lansia di sekitar Pasar Kemiri, Depok yang di hadiri oleh Babinsa Kodim 0508 dan Bhabinkamtibmas dari Polres Depok.

Setelah penyerahan simbolis, satu per satu warga dari RT.02, 03, 04, 05 di RW. 14 Kelurahan Depok, Kec. Pancoran Mas mulai menyiapkan kupon yang telah dibagikan sebelumnya pada 8 April 2023. Penyerahan paket Lebaran 2023 yang berisi 10 kg beras dan 20 bungkus DAAI mi ini dilaksanakan di salah satu rumah relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Depok. 

Relawan Tzu Chi Depok, Rudi Suryana mewakili Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dalam sambutannya mengatakan Tzu Chi ingin berbagi kebahagiaan bersama warga yang akan merayakan Lebaran di tahun 2023. “Saya akan membacakan pesan dari guru kami Master Cheng Yen yang bapak ibu bisa juga membacanya pada kupon di sisi belakangnya,” ajak Rudi.

Rudi Suryana (bertopi), mewakili Tzu Chi menyerahkan paket Lebaran bersama Babinsa Kodim 0508, tokoh warga yang mewakili RT dan RW di halaman depan rumah salah satu relawan Tzu Chi.

“Kepada Masyarakat Indonesia yang tercinta”

Bapak-bapak, Ibu-ibu sekalian,Salam sejahtera, pertama-tama marilah kita panjatkan segala puji dan syukur atas rahmat kasih Tuhan.

Pepatah mengatakan bahwa “Dimanapun kita dilahirkan, kita semua adalah saudara tanpa harus ada hubungan darah. Dengan hati yang tulus, kami sangat bersyukur dapat berada bersama-sama saudara pada hari ini. Walau kita berasal dari keluarga yang berbeda, bertempat tinggal di tempat yang berbeda, namun perasaan saling memberi perhatian, tidak dapat dihalang-halangi oleh perbedaan-perbedaan tersebut.

Berpedoman pada perasaan welas asih dan sepenanggungan atas penderitaan sesama, insan Tzu Chi Indonesia memberikan perhatian yang tulus pada saudara-saudara sekalian, dan para insan Tzu Chi di Taiwan dan seluruh dunia juga ikut merasakan dengan sangat perhatian yang diberikan insan Tzu Chi Indonesia, maka pada hari ini, dengan penuh rasa sukacita dan rasa syukur, dengan tulus kami menyalurkan bantuan beras yang berasal dari Taiwan dan kami berkeinginan menjalin tali persaudaraan dengan saudara-saudara.

Semua bantuan beras ini, selain mewakili jerih payah para petani, juga mengandung kasih sayang yang memelihara dan membesarkan semua makhluk, dan terlebih lagi juga membawa perhatian yang besar dari insan Tzu Chi di seluruh dunia.

Sumbangan yang sekadar ini akan habis pada saatnya, namun cinta kasih dan rasa syukur yang terkandung di dalamnya akan berlangsung sepanjang masa. Dari lubuk hati kami yang terdalam, kami berharap berkah dan cinta kasih tanpa pamrih ini dapat mendampingi saudara-saudara melalui setiap detik demi detik dalam kehidupan ini.

Kami juga berharap agar cinta kasih yang saling memberi perhatian dapat terus berlanjut selama-lamanya dan terus menyebar di dunia ini untuk menolong orang dari segala penderitaan dan menciptakan dunia yang aman dan tenteram yang dipenuhi cinta kasih dan harapan khususnya bagi warga Kelurahan Depok.   

Penyaluran Paket Lebaran 2023 dari Tzu Chi ini turut dihadiri oleh Babinsa dari Kodim 0508 dan Bhabinkamtibmas Polres Depok, serta para tokoh masyarakat.

Yuni (49), salah satu warga RT. 02/14 yang menerima paket Lebaran ini sangat senang atas bantuan yang diberikan oleh Tzu Chi. Pasalnya, Yuni yang sehari-hari bekerja memulung ini jarang sekali mendapatkan bantuan sosial. “Tadi bawa sedikit barang rongsok katanya di sini nerima barang-barang juga,” ujar Yuni. “Alhamdulillah, pak. Bisa buat sehari-hari ini, gak nyangka saya di kasih beras banyak begini biasanya cuma dua liter,” ucap Yuni sambil membawa dua kantong beras.

Senada dengan Yuni, nenek Sa’ani (59) juga merasakan suatu kegembiraan yang besar setelah mendapatkan paket Lebaran dari Tzu Chi. Bahkan nenek Sa’ani tak henti-hentinya mendoakan para relawan agar selalu sehat dan panjang umur.

Begitupun dengan Imah (42) warga Rt.05/14 yang kesehariannya menjadi ibu rumah tangga. “Alhamdulillah, saya senang. Bantuan ini bermanfaat sekali buat keluarga saya,” ujar Imah dengan tergopoh-gopoh membawa dua kantong beras.  

Relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Depok juga membagikan Takjil yang berisi kolak pisang, ubi, jagung, dan buah kurma untuk warga yang akan berbuka puasa.    

Rahmad, perwakilan warga menjelaskan di wilayah RT. 02 dan 03 mayoritas warganya bekerja sebagai pemulung dan tinggal dengan mengontrak rumah seadanya. Namun, ada juga beberapa yang berjualan di Pasar Kemiri. Dalam sambutannya Rahmad mengucapkan terima kasih atas perhatian relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kepada warga Kelurahan Depok khususnya di RW 14.

“Saya bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan atas nama warga sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Semoga bantuan sembako ini bermanfaat buat warga saya,” ujar Rahmad. “Jadi bantuan sembako ini sangat tepat sasaran bagi warga yang memang kondisi ekonominya dalam kategori keluarga prasejahtera,” tambahnya setelah selesai pembagian paket Lebaran 2023.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel Terkait

Berbagi Berkah Ramadan untuk Petugas Kebersihan

Berbagi Berkah Ramadan untuk Petugas Kebersihan

14 April 2023

Bulan Ramadan digunakan relawan Tzu Chi di Xie Li Sumatera Selatan (Sumsel) 1 bersama Paguyuban Sinar Mas Sumatera Selatan berbagi paket sembako untuk 120 petugas kebersihan Kota Palembang.

Perhatian Bagi Warga Menjelang Idul Fitri di Belawan

Perhatian Bagi Warga Menjelang Idul Fitri di Belawan

08 Mei 2023

Menyambut Idul Fitri 1444 H, Tzu Chi Medan bekerja sama dengan TNI AL-Belawan membagikan 1799 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di Kampung Nelayan dan Uni Kampung, Belawan.

Berbagi Paket Lebaran dan Takjil di Depok

Berbagi Paket Lebaran dan Takjil di Depok

11 April 2023

Relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Depok menyalurkan 100 paket Lebaran dan Takjil untuk berbuka puasa kepada warga RW 14 di Kelurahan Depok, Jawa Barat.

Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -