Bersumbangsih Melalui Pembagian Sembako

Jurnalis : Krislin Aprisela, Ninin Arifin (Tzu Chi Palu), Henry Tando (He Qi Utara 1), Fotografer : Henry Tando (He Qi Utara 1)


Sebanyak 400 paket beras dibagikan kepada warga di Huntap Tondo Palu, proses alur pembagian rapi dan teratur, sehingga pembagian dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Sebagai perwujudan cinta kasih terhadap sesama, relawan Tzu Chi Palu mengadakan pembagian 400 paket berisi 10 Kg beras untuk warga prasejahtera di Huntap Tondo Palu, Minggu 2 April 2023. Kegiatan ini dilakukan di aula Huntap Tondo sejak pukul 09.00 hingga 11.00 WITA.

Pembagian kupon dilaksanakan pada tangal 31 Maret 2023 dan 1 April 2023 secara door to door dan disurvei langsung oleh para relawan. Sebagian relawan memasak makanan untuk berbuka puasa bersama yang dilaksanakan tanggal 1 April 2023 sore, sebanyak kurang lebih 200 warga berbuka puasa saat itu.

Saat membuka kegiatan pembagian beras, Ketua Tzu Chi Palu mengajak warga untuk menjaga lingkungan bersama-sama, menjaga kebersihan dan lebih menguatkan silahturahmi antar warga dengan lebih sering melakukan kegiatan-kegiatan di huntap.



Relawan konsumsi sibuk di dapur membuat makanan dan minuman untuk berbuka puasa bersama di Aula Huntap.


Suasana berbuka puasa di Aula Huntap yang dihadiri kurang lebih 200 warga.


Jemmy Tanod, relawan yang baru pertama kali ikut kegiatan ini bercerita apa yang dia rasakan saat survei bagi kupon dan bagi paket beras yang ternyata membuat dia semakin yakin untuk ikut berkegiatan Tzu Chi. Setelah keliling huntap untuk survei, membagi kupon, dan membagi paket beras selesai, Jemmy ikut sosialisasi relawan baru, dengan begitu dia resmi menjadi relawan Tzu Chi.

“Sebelumnya saya belum tahu banyak mengenai Tzu Chi, hanya tau Tzu Chi adalah sebuah organisasi kemanusiaan asal Taiwan dan sudah tersebar di berbagai penjuru dunia,” tutur Jemmy. “Keinginan menjadi relawan sudah ada sejak lama. Terlebih bagi saya yang pernah menjadi saksi bencana dahsyat di Palu. Tzu Chi yang saat itu menjadi salah satu yang pertama datang memberikan bantuan di Palu, saya melihat sangat luar biasa pengorbanan para relawan Tzu Chi. Ini semakin membuat saya yakin bahwa suatu saat saya harus gabung menjadi relawan,” imbuhnya antusias.


Sapiah bersyukur menerima berkah dari relawan Tzu Chi.

Saat pembagian paket beras, juga ada penuangan celengan bambu. Seorang ibu warga huntap bernama Sapiah (42) menuangkan celengan bambu miliknya sebelum menerima paket beras. Ia bercerita setelah musibah terjadi, ia tinggal di huntara hingga sekarang tinggal di huntap.

“Saya sangat bersyukur bertemu dan menerima bantuan dari Tzu Chi. Setelah mendapat rumah pun saya masih mendapat bantuan-bantuan seperti sekarang ini dapat paket beras,” ucapnya bahagia. “Di kegiatan sebelumnya saya mendapat celengan Tzu Chi, setiap hari saya masukan koin kedalam celengan ini. Hari ini saya berkesempatan menuangkan celengan ini, hati saya merasa penuh syukur dan senang karena saya bisa ikut serta membantu sesama yang membutuhkan bantuan,” lengkap Sapiah.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Berkah Ramadan Menyelimuti Warga Kelurahan Mangga Dua Selatan

Berkah Ramadan Menyelimuti Warga Kelurahan Mangga Dua Selatan

14 April 2023

Sambut Idul Fitri, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali menyalurkan paket sembako bagi warga prasejahtera. Salah satu lokasi pembagian paket sembako ini ada di Depo Tzu Chi Pangeran Jayakarta, Jakarta Pusat pada Sabtu, 8 April 2023. 

Bingkisan Lebaran Bagi Pasien di Maruyung

Bingkisan Lebaran Bagi Pasien di Maruyung

12 Juni 2018
Relawan Tzu Chi Bandung meluangkan waktu untuk berbagi dengan anak-anak penyandang disabilitas di Desa Maruyung, Jl. Cagak, Kec. Pacet, Kab. Bandung, Minggu, 10 Juni 2018. Relawan membagikan paket lebaran yg terdiri dari beras, minyak, sirup, dan bermacam biskuit bagi 36 pasien penyandang disabilitas.
Paket Lebaran 2022: Tzu Chi Jambi Bagikan Paket Sembako

Paket Lebaran 2022: Tzu Chi Jambi Bagikan Paket Sembako

09 Mei 2022

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Tzu Chi Jambi membagikan 1.200 paket sembako untuk warga tidak mampu di 3 kelurahan di Kota Jambi.

Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -