Cinta Kasih Mengalahkan Ketakutan

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)
Para relawan tengah bersiap menyambut masyarakat luas untuk datang dan berdonor darah.

Tzu Chi Biak kembali menggelar donor darah pada Sabtu, 12 November 2022 bertempat di Kantor Tzu Chi Biak. Donor Darah ini merupakan kerjasama Tzu Chi Biak dengan PMI Biak dan Maju Makmur Group. Sebelumnya donor darah telah digelar di bulan Mei 2022 di Kantor Cabang Bank Mandiri Biak.

“Kami terpanggil untuk melakukan baksos donor darah ini untuk menunjang kinerja PMI Biak dalam menyediakn darah bagi pasien di rumah sakit. Untuk kali ini kami bisa mendapatkan 34 kantong darah, semoga di kegiatan donor darah berikutnya akan lebih banyak lagi yang didapatkan.” Ujar Sarah, relawan Tzu Chi Biak.

Screening calon donor meliputi cek tekanan darah dan cek HB.

Feri Moningka Kepala PMI Biak berterima kasih kepada Tzu Chi Biak dalam upaya membantu mengumpulkan darah bagi PMI. Ia mengatakan, kebutuhan darah telah melonjak dari sekitar 200-an kantong per bulan Mei 2022, dan saat ini kebutuhan darah sudah sampai pada 400 kantong perbulan.

“Banyak pasien yang membutuhkan darah dalam operasinya. Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, berapapun jumlah yang didapat tidak masalah setidaknya ada stok bagi para pasien,” jelasnya.

Elisabeth Yarangga, relawan Tzu Chi yang akhirnya mendonorkan darah untuk pertama kalinya.

Elisabeth Yarangga terpanggil untuk mendonorkan darahnya. Ini merupakan donor darah yang pertama baginya. “Saya selalu agak takut untuk berdonor, namun kali ini saya memberanikan diri untuk bersumbangsih mendonorkan darah. Saya sudah senang karena bisa berhasil berdonor, semoga darah ini bisa menolong orang lain,” katanya.

Hery bertekad akan rajin berdonor darah.

Hal senada diungkapkan Hery. Ini juga donor darah pertamanya. “Selama ini saya mendengarkan hal-hal yang menakutkan jikalau berdonor. Makanya sampai sekarang saya tidak pernah berdonor darah. Namun hati saya terpanggil untuk bisa berdonor, istri saya memanggil karena pendonor yang datang agak kurang. Syukurlah saya bisa lolos screening sehingga dapat menolong sesama. Ke depan saya akan lebih rajin berdonor darah lagi,” tekad Hery.

Para donor mendapatkan asupan kacang hijau, telur dan susu.

Donor darah jika secara rutin dilakukan akan membuat badan menjadi sehat karena sirkulasi darah secara teratur diperbarui selama tiga bulan. Pendonor yang aktif bisa empat kali dalam setahun mendonorkan darahnya dengan selang waktu 3 bulan setiap pengambilan darah.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menggenggam Jodoh yang Ada di Depan Mata

Menggenggam Jodoh yang Ada di Depan Mata

18 November 2014 Bertempat di Rumah Sakit Martha Friska Multatuli Medan, Tzu Chi Medan bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan mengadakan kegiatan rutinnya yakni donor darah.
Tzu Chi Bandung Bersama POLTEKPAR Menggalang Donor Darah

Tzu Chi Bandung Bersama POLTEKPAR Menggalang Donor Darah

03 April 2023

Relawan Tzu Chi di Bandung mengadakan kegiatan donor yang bekerja sama dengan Politeknik Pariwisata NHI (National Hotel Institute). Kolaburasi ini dalam rangka Diesnatalis Poltelpar NHI ke - 61.

Sehat dengan Rutin Donor Darah

Sehat dengan Rutin Donor Darah

10 Desember 2021

Relawan Tzu Chi di komunitas Hu Ai Medan Petisah mengadakan donor darah bekerjasama dengan RSUD. Dr. Pirngadi Medan pada Minggu 5 Desember 2021. Pada donor darah kali ini terkumpul sebanyak 141 kantong darah. 

Memberikan sumbangsih tanpa mengenal lelah adalah "welas asih".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -