Cinta Kasih Mengalahkan Ketakutan

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)
Para relawan tengah bersiap menyambut masyarakat luas untuk datang dan berdonor darah.

Tzu Chi Biak kembali menggelar donor darah pada Sabtu, 12 November 2022 bertempat di Kantor Tzu Chi Biak. Donor Darah ini merupakan kerjasama Tzu Chi Biak dengan PMI Biak dan Maju Makmur Group. Sebelumnya donor darah telah digelar di bulan Mei 2022 di Kantor Cabang Bank Mandiri Biak.

“Kami terpanggil untuk melakukan baksos donor darah ini untuk menunjang kinerja PMI Biak dalam menyediakn darah bagi pasien di rumah sakit. Untuk kali ini kami bisa mendapatkan 34 kantong darah, semoga di kegiatan donor darah berikutnya akan lebih banyak lagi yang didapatkan.” Ujar Sarah, relawan Tzu Chi Biak.

Screening calon donor meliputi cek tekanan darah dan cek HB.

Feri Moningka Kepala PMI Biak berterima kasih kepada Tzu Chi Biak dalam upaya membantu mengumpulkan darah bagi PMI. Ia mengatakan, kebutuhan darah telah melonjak dari sekitar 200-an kantong per bulan Mei 2022, dan saat ini kebutuhan darah sudah sampai pada 400 kantong perbulan.

“Banyak pasien yang membutuhkan darah dalam operasinya. Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, berapapun jumlah yang didapat tidak masalah setidaknya ada stok bagi para pasien,” jelasnya.

Elisabeth Yarangga, relawan Tzu Chi yang akhirnya mendonorkan darah untuk pertama kalinya.

Elisabeth Yarangga terpanggil untuk mendonorkan darahnya. Ini merupakan donor darah yang pertama baginya. “Saya selalu agak takut untuk berdonor, namun kali ini saya memberanikan diri untuk bersumbangsih mendonorkan darah. Saya sudah senang karena bisa berhasil berdonor, semoga darah ini bisa menolong orang lain,” katanya.

Hery bertekad akan rajin berdonor darah.

Hal senada diungkapkan Hery. Ini juga donor darah pertamanya. “Selama ini saya mendengarkan hal-hal yang menakutkan jikalau berdonor. Makanya sampai sekarang saya tidak pernah berdonor darah. Namun hati saya terpanggil untuk bisa berdonor, istri saya memanggil karena pendonor yang datang agak kurang. Syukurlah saya bisa lolos screening sehingga dapat menolong sesama. Ke depan saya akan lebih rajin berdonor darah lagi,” tekad Hery.

Para donor mendapatkan asupan kacang hijau, telur dan susu.

Donor darah jika secara rutin dilakukan akan membuat badan menjadi sehat karena sirkulasi darah secara teratur diperbarui selama tiga bulan. Pendonor yang aktif bisa empat kali dalam setahun mendonorkan darahnya dengan selang waktu 3 bulan setiap pengambilan darah.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Donor Darah di Masa Pandemi

Donor Darah di Masa Pandemi

01 April 2021

Tzu Chi Singkawang bekerja sama dengan PMI dan PFKPM Singkawang menyelenggarakan Baksos Kesehatan Donor Darah, Minggu, 28 Maret 2021.

Donor Darah Membantu Sesama

Donor Darah Membantu Sesama

25 November 2021

Minggu, 21 November 2021, Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun akan kembali mengadakan kegiatan Donor Darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) setiap tiga bulan sekali.

“Ayo Donor Darah”

“Ayo Donor Darah”

17 September 2010 Sabtu, 4 September 2010 lalu, bertempat di Jing Si Books and Café Pluit, Jakarta Utara, Tzu Chi mengadakan kegiatan donor darah. Karim Baharuddin, relawan He Qi Utara yang menjadi koordinator kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini rutin diadakan setiap 3 bulan sekali.
Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -