Demi Sesama, Kita Berjuang Melalui Donor Darah

Jurnalis : Rosy Velly Salim (He Qi Pusat) , Fotografer : Rosy Velly Salim (He Qi Pusat)

Giri Saputro sedang menyalurkan tetes demi tetes darahnya yang masuk mengalir ke kantong darah.

Menutup tahun 2023, komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li Sunter yang merupakan bagian dari He Qi Pusat melaksanakan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia atau PMI serta RS. Royal Progress Sunter, Sabtu 23 Desember 2023. Sejak pukul 8.30 pagi, para relawan telah  bersiap membuka pendaftaran bagi calon donor yang datang.

Sebanyak 37 calon donor melewati tahapan seleksi (screening) terlebih dahulu sebelum melanjutkannya untuk donor. Seperti batas usia 17-60 tahun, kondisi sehat jasmani dan rohani, tekanan darah normal 100/70 – 150/80 mmHg, denyut nadi 50-100 kali/menit, berat badan minimal 45 Kg, kadar hemoglobin normal 12,5-17 g/dL, bersedia mendonorkan darah dengan mengisi formulir persetujuan, jarak waktu donor terakhir minimal 2-3 bulan.

Giri Saputro (32) datang pagi-pagi dari rumahnya di Tanjung Priok demi menyumbangkan darahnya. “Saya sudah lebih persiapan kali ini. Sebelumnya saya diinformasikan oleh tim kesehatan PMI perlu istirahat yang cukup, karena itu saya tidur lebih awal dan bangun segera agar bisa cepat donor, tidak mengantre. Beruntungnya saya berhasil mendonorkan. Dari hasil seleksi sebelum donor, tadi HBnya 17 pas-pasan standarnya. Untuk mencegah darah menuju ke kekentalan darah, maka perlu banyak minum air juga. Saya bersyukur jadi bisa dapat banyak pengetahuan kesehatan juga. Melalui donor darah ini selain bermanfaat buat diri kita juga buat orang lain. Saya ingin sehat dan bisa buat pahala diri kita,” ungkapnya dengan perasaan bersyukur.

Dokter Nurul (kanan) sedang melakukan seleksi atau screening kepada calon donor.

Dengan rasa syukur, Mariyani datang menyalurkan darahnya bersama 29 donor lainnya.

Sementara itu, dari penelusuran di Google, Mariyani (25) menemukan informasi jadwal kegiatan donor darah PMI yang sedang dilakukan pada Sabtu itu. “Saya biasanya seminggu sebelum hari-H mau mendonornya sudah googling dulu. Dan, sehari sebelum mau donor saya makan yang lebih bergizi supaya bisa berhasil donor. Saya pada dasarnya tidak takut jarum dan bersyukur tidak ada riwayat penyakit anemia. Sehabis mendonor, rasanya tidak mudah terserang sakit. Perasaan saya senang saat ini, badan menjadi lebih sehat, dan bisa menolong orang lain. Satu kantong darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain,” ujarnya.

Pada donor darah kali ini, sebanyak 29 kantong darah dapat terhimpun. Darah mempunyai peranan penting dalam kelangsungan hidup. Darah bertugas membawa oksigen, nutrisi, karbon dioksida, bahan limbah, hormon, dan segudang manfaat yang disalurkan ke seluruh tubuh sesuai jalur dan fungsinya.

Tim relawan konsumsi yang selalu sigap menyediakan makanan buat para relawan, tim medis PMI dan para donor.

“Dengan donorkan darah, bagus untuk melancarkan peredaran darah, manfaat lainnya  dan yang terpenting bisa deteksi dini penyakit. Darah yang diambil pada umumnya kisaran 250-400 cc. Perihal kekentalan darah, dalam artian kadar Hbnya melewati 17 g/dL. Maka perlu memperhatikannya dengan perbanyak minum air putih, kurangi minum kopi dan tidak lagi merokok. Jika semua sudah dilakukan tetapi masih kadar belum normal, perlu memeriksakan lebih lanjut kesehatannya. Terimakasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia atas kerjasamanya, semoga kita semua sehat,” ungkap Dokter Nurul, tim medis PMI.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Indahnya Berbagi Melalui Donor Darah

Indahnya Berbagi Melalui Donor Darah

07 Agustus 2015 “Terlahir sebagai manusia sangatlah sulit, kita harus selalu memiliki hati penuh welas asih untuk selalu bersumbangsih membantu meringankan penderitaan orang lain, selalu menggenggam kesempatan berbuat kebajikan karena ketidakkekalan selalu datang setiap saat menghampiri setiap kehidupan manusia. Hal ini menjadi faktor pendorong saya berdonor darah.” ujar Jensen.
Aksi 1.000 Kantong Darah

Aksi 1.000 Kantong Darah

13 Juli 2023

Tzu Chi Bandung kembali mengadakan donor darah, Senin 10 Juli 2023. Kali ini donor darah diadakan dalam rangka hari jadi Favehotel Hyper Square Bandung yang ke -9. Donor darah ini mengusung tema “Aksi 1.000 Kantong Darah”.

Donor Darah di Masa Pandemi

Donor Darah di Masa Pandemi

01 April 2021

Tzu Chi Singkawang bekerja sama dengan PMI dan PFKPM Singkawang menyelenggarakan Baksos Kesehatan Donor Darah, Minggu, 28 Maret 2021.

Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -