Selamatkan Jiwa, Sehatkan Raga

Jurnalis : Ivon (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Ivon (Tzu Chi Lampung)

Relawan Tzu Chi Lampung menerima warga yang mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya di Kantor Tzu Chi Lampung. 

Setiap orang yang ingin mendonorkan darahnya, kini tidak perlu harus datang ke Kantor Palang Merah Indonesia (PMI), karena sudah banyak yayasan atau organisasi yang bekerja sama dengan PMI untuk mengadakan donor darah. Hal inilah yang juga dilakukan oleh Tzu Chi Lampung.

Calon pendonor juga harus melakukan screening awal kesehatan termasuk pengecekan berat badan dan pemeriksaan kadar hemoglobin darah sebelum mendonorkan darahnya.

Pada Sabtu, 3 September 2022 diadakan kegiatan donor darah di Kantor Tzu Chi Lampung yang baru. Kegiatan donor darah ini juga dikuti oleh relawan dan warga di sekitar Kantor Tzu Chi Lampung dengan target mengumpulkan 50-75 kantong darah. Sebanyak 70 peserta pun antusias dan mendaftarkan diri dalam kegiatan tersebut.

Setelah dilakukan pengecekan kesehatan, beberapa orang peserta dinyatakan belum dapat mendonorkan darahnya. Hal tersebut dikarnakan beberapa peserta sedang mengonsumsi obat-obatan, selain itu ada juga yang kadar hemoglobin di dalam darahnya yang tidak mencukup standar minimal untuk donor.

Salah satu petugas PMI sedang melakukan pengambilan darah dari peserta yang lolos screening kesehatan.

Dalam kegiatan donor darah kali ini, Tzu Chi Lampung berhasil menghimpun 63 kantong darah dari peserta. Keberhasilan kegiatan ini juga tidak lepas dari kerja keras para relawan Tzu Chi Lampung dalam mempersiapkan hal-hal terkait kegiatan donor darah. Dari segi konsumsi, para relawan juga saling membantu dengan membawa kue dan makanan untuk para pendonor.

Selain membantu yang orang memerlukan transfusi darah, kegiatan ini juga baik untuk kesehatan. Karena, menurut Mental Health Foundation, donor darah dapat mengurangi stres dan baik untuk kesehatan sirkulasi darah dalam tubuh.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Mengalahkan Rasa Takut Berdonor Darah

Mengalahkan Rasa Takut Berdonor Darah

21 Juni 2016

Tzu Chi He Qi Pusat, Xie Li Sunter menggelar kegiatan donor darah. Para relawan punya cara jitu menghadapi calon pendonor yang masih takut dengan jarum suntik ataupun darah.

Setetes Darah Cinta Kasih

Setetes Darah Cinta Kasih

01 Maret 2016
Minggu, 21 Februari 2016, Tzu Chi Medan mengadakan kegiatan donor darah di Binjai Super Mal, Kota Binjai yang bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan.Banyak calon donor yang antusias dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari berbagai kalangan masyarakat dan daerah yang datang karena adanya informasi (spanduk) yang terpasang di beberapa tempat dan info dari DAAI TV.
Donor Darah untuk Kesehatan

Donor Darah untuk Kesehatan

11 Juni 2018
Bertepatan dengan hari pengambilan rapor kenaikan kelas di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng, Yayasan Buddha Tzu Chi bekerja sama dengan PMI kembali mengadakan kegiatan donor darah di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng.
The beauty of humanity lies in honesty. The value of humanity lies in faith.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -