Donor Darah Implementasi Nilai-Nilai Kemanusiaan

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Kegiatan donor darah yang diadakan oleh DAAI TV Jakarta diikuti oleh seluruh staf badan misi Tzu Chi.

DAAI TV Indonesia kembali menyelenggarakan donor darah bersama PMI Jakarta Utara di lobby Gedung DAAI TV, Tzu Chi Center PIK, Jakarta Utara pada Rabu 8 Februari 2023. Untuk bisa mengikuti kegiatan donor darah ini, peserta harus melalui proses pemeriksaan medis sebelum dinyatakan bisa mendonorkan darahnya. Mulai dari mengisi kuisioner kesehatan, pengukuran berat badan, pemeriksaan kadar hemoglobin darah, pemeriksaan golongan darah bagi pendonor pemula, pemeriksaan kesehatan oleh dokter, tekanan darah, dan sudah di vaksin Covid-19 lengkap.

Tim DAAI TV Jakarta menyediakan tempat untuk donor darah di lobby DAAI TV yang menyediakan enam tempat tidur untuk pengambilan darah.

DAAI TV Jakarta bekerja sama dengan tim medis dari PMI Jakarta Utara melayani para pendonor di lobby DAAI TV. PMI Unit transfusi darah Jakarta Utara berhasil mengumpulkan 70 kantung darah pada kegiatan donor darah yang diadakan oleh DAAI TV Jakarta.

Kegiatan donor darah ini ternyata mengingatkan seorang donor tentang kisah kehilangan sang suami yang mengalami gagal ginjal dan membutuhkan darah. Pendonor itu adalah Nami Novianti (30), seorang petugas kebersihan yang bertugas di gedung DAAI. Ini adalah kali pertamanya mendonorkan darahnya. Nami mendapat info dari manajemen DAAI TV bahwa ada kegiatan donor darah.

“Kalau mau donor langsung datang saja ke lokasi, trus dibilangin kalau mau donor tidur harus cukup, pagi sudah sarapan, dan sering minum air putih,” ujar Nami.

Nami Novianti, salah satu donor sedang mendonorkan darahnya yang kali pertama dilakukan. Nami menjelaskan betapa berartinya sekantong darah bagi orang yang sangat membutuhkan.

Nami menjelaskan kalau melihat kegiatan donor darah ini Nami selalu teringat sang suami yang sudah tiada. Donor darah ini bisa menyelamatkan nyawa manusia bagi orang-orang yang sangat membutuhkan darah.

Nami mengaku mau donor darah karena ingin sekali membantu orang-orang yang membutuhkan darah. “Iya, saya ingin sekali membantu orang yang butuh darah,” ungkap Nami. Ia juga bertekad untuk rutin melakukan donor. “Pinginnya lagi, nanti Insyaallah kalau badan saya sehat, saya mau donor,” ucapnya.

Nami menjelaskan manfaat donor darah yang nyatanya sangat berarti sekali bagi orang-orang yang sangat membutuhkan darah. Ibu dua orang anak ini mengungkapkan bahwa sudah satu tahun kehilangan suami karena gagal ginjal. “Waktu pada masa Covid-19 tahun lalu, suami saya sakit gagal ginjal dan butuh darah, tiga hari dirawat di rumah sakit karena waktu itu butuh banyak darah, lalu di rumah sakit itu stok darah tidak ada, sudah nggak ketolong lagi, sakitnya di Sukabumi,” jelas Nami. “Makanya kalau donor darah ini saya ingat suami, waktu itu suami saya sangat butuh darah,” kenangnya.

Sekantong darah dapat menyelamatkan jiwa manusia. Sekantong darah meningkatkan kepedulian sesama manusia untuk membantu orang yang membutuhkan darah.

Adi Saputro staf DAAI TV koordinator penyelenggaraan donor darah mengatakan kegiatan donor darah ini diadakan rutin oleh manajemen DAAI TV sudah yang keempat kalinya. Penyelenggaraan donor darah ini selalu ada peningkatan jumlah peserta dari sebelum-sebelumnya.

Pada donor darah yang keempat ini peserta yang mendonorkan darah ada yang dari petugas kebersihan gedung, petugas keamanan gedung, staf Yayasan Buddha Tzu Chi, staf DAAI TV, petugas perawatan gedung, guru-guru dan staf Tzu Chi School, staf dan tim medis Tzu Chi Hospital, serta masyarakat umum. 

PMI Unit transfusi darah Jakarta Utara berhasil mengumpulkan 70 kantong darah dari 90 orang yang mendaftar. DAAI TV berharap donor darah ini bisa membantu orang lain yang membutuhkan darah. “Harapan kita kegiatan donor darah ini dapat meningkatkan kepedulian kita sesama manusia untuk membantu orang lain,” tutur Adi.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Semangat Bersumbangsih Lewat Donor Darah

Semangat Bersumbangsih Lewat Donor Darah

07 Desember 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang mengadakan kegiatan donor darah yang rutin diadakan setiap 3 bulan sekali di Kantor He Qi Tangerang, Ruko Pinangsia, Blok L No.22, Karawaci, Tangerang-Banten.

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

27 September 2016
Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung kembali bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI)serta Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesi LIA Bandung menggelar donor darah. Kegiatan yang digelar di kampus LIA Bandung pada 20 September 2016 ini diikuti para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.
Menolong Orang Sekaligus Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Menolong Orang Sekaligus Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

07 Desember 2018
Relawan Tzu Chi di Medan Timur melakukan kegiatan donor darah, 2 Desember 2018. Dari kegiatan ini terkumpul 221 kantong darah.
Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -