Donor Darah Perdana Tahun 2023 di Tzu Chi Batam

Jurnalis : Jia Hui (Tzu Chi Batam), Fotografer : Andy Tan, Vemmy Ho (Tzu Chi Batam)
Sebelum donor darah, pendonor mengisi formulir.

Donor darah merupakan kegiatan yang rutin diadakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Batam 2-3 bulan sekali bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Batam. Donor darah perdana tahun 2023 kali ini digelar pada 12 Februari 2023. Sebanyak 175 peserta mendaftar, dan sebanyak 102 orang akhirnya bisa lolos untuk mendonorkan darahnya.

Dimulai dengan isi formulir, pengecekan tensi, konfirmasi data, cek Hb (Hemoglobin) dan memastikan calon pendonor tidak dalam keadaan sakit demam, batuk, dan pilek. Calon pendonor yang dinyatakan lolos beberapa pengecekan tersebut dipandu relawan untuk mendonorkan darahnya.

Kasim di usianya yang ke-49 tahun, telah mendonor sebanyak 47 kali.

Kasim merupakan satu di antara 102 orang yang lolos untuk mendonor darah. Di umurnya yang ke-49 tahun, ia telah mendonorkan darahnya sebanyak 47 kali sejak tahun 2009. Ia menyampaikan bila ia mendapat pemberitahuan Tzu Chi untuk donor darah, dia akan hadir. Apabila ia tidak dapat hadir ia akan ke PMI untuk mendonorkan darahnya. Menurutnya setelah berdonor darah sebanyak puluhan tahun, donor darah sudah menjadi rutinitasnya. Mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali membuat Pak Kasim merasakan lebih sehat.

Serupa Ibu Sri Baniah (53 tahun) juga rutin menjadi pendonor. Kali ini sudah 14 kali ia berhasil mendonorkan darahnya. Agar bisa mendonorkan darahnya, ia perlu menjalani program perbaikan gizi selama satu pekan sebelum jadwal donor darah untuk menaikkan hemoglobin-nya. Seperti mengonsumsi semangka, buah naga, bayam merah bahkan buah bit dan tidur malam jam 9. Secara tidak langsung, program ini juga merubah pola hidupnya menjadi lebih sehat karena dalam mindset-nya, kalau mau donor darah, ia harus dalam kondisi sehat dan hemoglobin cukup untuk berbagi.

Pengalamanan kedua kali Sri Baniah donor darah di Yayasan Buddha Tzu Chi Batam.

“Dengan donor darah ini saya jadi sebetulnya terpacu kalau sudah donor itu harus sehat, kalau tidak sehat saya kan tidak bisa donor” pungkasnya.

Ibu Sri Baniah menceritakan awal tekadnya ingin mendonorkan darah karena dirinya dulu pernah mengalami pendarahan hebat dan membutuhkan 4 kantong darah. Kejadian teresebut membuatnya sadar akan betapa pentingnya setetes darah bagi yang membutuhkannya.

Ibu Sri Baniah adalah seorang sosok positif untuk turut bersumbangsih dan berbagi selama masih berkesempatan. “Kalau bukan mulai dari kita siapa lagi, toh kalau kita mati juga sudah enggak berguna, yang berguna itu kan pas waktu hidup digunakan buat kebaikan atau apa” katanya

Setiap kali pasien selesai menggunakan ranjang untuk mendonor darah, relawan senantiasa membersihkan kembali.

Selain mendonorkan darahnya di Batam ia juga menyempatkan diri untuk mendonorkan darahnya di kota lain, bahkan ketika dalam perjalanan wisata mengingat sudah jadwalnya melakukan donor darah kembali.

Ibu Sri Baniah juga mendaftarkan diri sebagai pendonor mata (orang yang sewaktu hidupnya telah dengan sukarela menyerahkan matanya bila kelak meninggal dunia, untuk digunakan pada pencangkokkan kornea bagi orang yang membutuhkan). Ia juga sering memberi masukan ke orang-orang sekitarnya untuk turut bersumbangsih dalam bentuk apapun selagi bisa.

Anita menjelaskan berbagai kegiatan Tzu Chi kepada pendonor pasca donor darah.

Koordinator kegiatan donor darah hari ini, Anita berbagi bagian yang membuatnya cemas ketika mendapat berkah sebagai koordinator. Hal itu ialah mencari relawan. Jauh-jauh hari ia sudah mengajak relawan untuk hadir di kegiatan ini. Namun setelah melihat kegiatan hari ini berlangsung dengan baik dan banyaknya relawan yang antusias, ia merasa lega dan bersyukur.

“Target relawan yang diprediksi untuk semua bagian sebanyak 48 orang namun sangat berjodoh relawan yang berpartisipasi 64 orang,” ujarnya. “Yang membuat saya terkesan banyak relawan baru yang ingin turut membantu dalam kegiatan ini, hal ini cukup membuat saya menyentuh. Saya lihat dalam melaksanakan tugas mereka menjalaninya dengan sangat sungguh hati,” tambah Anita.

Tim konsumsi menyiapkan makanan untuk setiap relawan yang terlibat dalam donor darah.

Gempa yang melanda Turki beberapa saat lalu juga tidak luput dari perhatian Yayasan Buddha Tzu Chi. Menggenggam kesempatan ini, relawan Tzu Chi Batam juga menggalang hati para calon pendonor yang ingin berbagi dengan korban gempa melalui penggalangan dana.

Pada kegiatan donor darah perdana tahun 2023 ini terkumpul sebanyak 102 kantong darah di antaranya sebanyak 33 golongan darah A, 25 darah B, 6 darah AB dan 38 darah O.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Sudahkah Anda Berdonor Darah?

Sudahkah Anda Berdonor Darah?

21 Juni 2011
61 kantong darah terkumpul. Semoga angka 61 tersebut akan terus bertambah di masa-masa yang akan datang dan juga dapat menggambarkan kekuatan cinta kasih yang dimiliki masyarakat.
Menjalani Tekad Di Tengah Ketidakpastian

Menjalani Tekad Di Tengah Ketidakpastian

13 November 2020

Tzu Chi Batam kembali menyelenggarakan Baksos Donor Darah pada 8 November 2020 di Halaman Depan Ruang Logistik, Aula Jing Si Batam. Pada kegiatan ini Tzu Chi berhasil menghimpun sebanyak 146 kantong darah bagi PMI Kota Batam.

Sekantong Darah yang Sangat Berarti Bagi Sesama

Sekantong Darah yang Sangat Berarti Bagi Sesama

27 Juli 2023
Relawan Tzu Chi di Tanjung Batu bekerja sama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia beserta PMI Kecamatan Kundur kembali mengadakan donor darah.
Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -