Dukungan untuk Pendidikan Berkualitas

Jurnalis : Widodo (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Widodo, Muchammad Rizki (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Retno Tri Wulandari, relawan dari Bank Sinarmas menyerahkan tas kepada salah satu anak pembaca aktif di TBM Lentera Pustaka.

Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.

Kata Perenungan Master Cheng Yen.

Minggu (18/2/24), suasana di Taman Baca Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka tampak riuh dengan anak-anak yang tengah membaca buku. TBM ini setiap hari memang seperti ini suasanya. Dan hari itu makin semarak dengan hadirnya relawan Tzu Chi dari Bank Sinarmas. Kali ini relawan akan menyerahkan bantuan tas dan alat tulis bagi 140 anak pembaca aktif di TBM yang berada di Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. 

Selain tas sekolah dan alat tulis, relawan juga menyerahkan komputer dan sepeda motor untuk mendukung literasi bagi wilayah sekitar yang belum memiliki taman bacaan.

“Kita ingin mereka lebih giat lagi belajar di sekolah, jadi Tzu Chi Sinar Mas juga mensupport Bank Sinarmas untuk memberikan alat sekolah berupa tas dan alat tulis untuk semua pembaca aktif di Lentera Pustaka. Jadi selain membaca ke sekolah mereka juga semangat,” ujar Retno Tri Wulandari, salah satu relawan dari Bank Sinarmas.

Hendrik Simanjuntak berinteraksi dengan anak-anak sebelum proses penyerahan bantuan.

Keceriaan salah satu anak setelah menerima tas dan alat tulis dari relawan.

Dukungan yang diberikan relawan dari Bank Sinarmas selama ini disambut hangat oleh Syarifudin Yunus, pendiri TBM Lentera Pustaka.

“Iya saya kira aktivitas taman bacaan, gerakan literasi dimanapun tidak bisa berjalan sendiri harus ada kolaborasi, harus ada sinergi. Jadi dukungan seperti dari Bank Sinarmas, Tzu Chi ke dalam aktivitas kami, sangat diperlukan. Supaya memberikan warna, memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada anak-anak yang sudah menjadi pembaca aktif ini, mengingat masa depan Indonesia besok itu ada di anak-anak yang membaca buku, bukan anak-anak yang main gawai,” ujar Syarifudin Yunus yang juga seorang dosen di salah satu perguruan tinggi swasta.

Anak-anak yang terbiasa membaca di taman baca ini mengaku gembira dengan bantuan dari relawan. Seperti yang disampaikan Eka Rapi Ramdani, siswa SDN Pasir Eurih 03. “Saya senang dapat tas ini. Terima kasih Bank Sinarmas, terima kasih Tzu Chi telah memberi saya tas. Sangat bermanfaat buat saya bersekolah,” ujar siswa kelas 6 ini.

Senyum bahagia beberapa anak setelah menerima tas dan alat tulis.

Hal yang sama juga disampaikan Anisa Putri, siswa SDN Tamansari 03. “Hari ini saya alhamdulillah saya dapat tas, penggaris, pensil, pulpen, penghapus, sama buku. Semua peralatan sekolah ini sangat berguna untuk saya berangkat ke sekolah,” ujarnya.

Khalisa Aswan, siswa kelas 4 SDN Tamansari 03 juga bahagia dengan bantuan relawan ini. “Terima kasih Bank Sinarmas dan Tzu Chi udah ngebantu teman-teman supaya lebih semangat lagi baca-baca bukunya dan semoga makin semangat mengejar cita-cita,” ucapnya.

Senam literasi bersama setelah penyerahan bantuan.

Relawan juga berharap sinergi Bank Sinarmas dengan Tzu Chi bisa terus terjalin untuk mendukung program-program di TBM dalam melayani masyakarat sekitar.

“Melalui motor keliling ini mungkin kita punya niat berikutnya bersama Tzu Chi kita akan go through ke desa-desa selain membaca mungkin kita bisa dibantu Tzu Chi untuk membawa dokter-dokter dan suster ke wilayah tempat sekitar kita. Di sini mungkin anak-anak bisa membaca, kita bisa servis lain untuk warga yang menemani anak-anaknya orang tua bisa cek kesehatan gratis,” tutur Retno Tri Wulandari yang sehari-hari bertugas sebagai Corporate Social Responsibility Bank Sinarmas.

Bank Sinarmas sejak 2019 mendukung taman baca ini seiring dengan komitmennya dalam memajukan pendidikan di tanah air. Dan bantuan ini sebagai bagian dari rangkaian program “Satu Tas Sejuta Mimpi” yang tengah dijalankan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Bantuan Paket Buku dan Alat Tulis untuk SDN 067268 Martubung Medan

Bantuan Paket Buku dan Alat Tulis untuk SDN 067268 Martubung Medan

23 Juni 2023

Dua komunitas relawan Tzu Chi Cabang APP Sinar Mas dari PT Univenus Medan dan Smartfren Medan membagikan alat tulis untuk 81 murid SDN 067268 Martubung Medan, Sumatera Utara. 

Cinta Kasih untuk Anak Bangsa

Cinta Kasih untuk Anak Bangsa

15 Agustus 2018
Depo Pelestarian Lingkungan Cemara Asri di Tzu Chi Medan menyumbangkan sejumlah peralatan sekolah termasuk buku-buku, meja tulis, papan tulis, dan kipas angin yang masih layak pakai untuk Sekolah Putra Bangsa Berbudi.
Dukungan untuk Pendidikan Berkualitas

Dukungan untuk Pendidikan Berkualitas

29 Februari 2024

Relawan Tzu Chi dari Bank Sinarmas memberikan bantuan tas dan alat tulis bagi 140 anak pembaca aktif di Taman Baca Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka, Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -