Internasional: Distribusi dan Pelatihan Relawan

Jurnalis : Da Ai News, Fotografer : Da Ai News
 
 

fotoPenduduk dan relawan Tzu Chi Amerika Serikat menyapa satu sama lain sebelum distribusi dimulai.

MEXICO CITY - Relawan Tzu Chi dari Los Angeles, San Diego, dan Las Vegas pergi ke Mexico City dan Kota Leon untuk mendistribusikan bantuan kepada lebih dari 300 keluarga miskin. Mengunjungi rumah rehabilitasi dan panti jompo, lalu mengadakan pelatihan relawan baru. Sekitar 70 relawan dari Mexico City dan Kota Leon juga bergabung untuk mempersiapkan dan mendistribusikan bantuan.

Terima kasih untuk Penghiburannya
Tanggal 26 Juni  tepat pukul 9.45 pagi, tim relawan dari Amerika Serikat dan  18 relawan lokal mulai mempersiapkan 400 kantong barang, termasuk beras, minyak, gula, kacang, bubuk jagung, dan mie (persediaan makanan untuk satu bulan).

Setelah mempersiapkan barang, para relawan mengunjungi dua lokasi. Tempat pertama adalah pusat rehabilitasi disebut Casa De Asistencia Y Rehabilitacion Para Indigentes AC, yang memiliki 75 pasien. Sebagian besar pasien adalah orang-orang tunawisma yang menderita penyakit mental. Kedua tempat itu disebut panti jompo Carpi, yang merupakan tempat tinggal 28 orang tua. Para relawan menghibur mereka  selama kunjungan, dan beberapa orang tua bahkan ikut menari. Salah satu orang tua bernama Jesus, melukis seorang malaikat yang  diberikan kepada para relawan untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya. Orang tua lainnya , Migual, berkata, "Terima kasih untuk hiburan indahnya. Jika kamu bisa datang setiap hari, maka hidup  akan terasa lebih indah." Sebelum relawan pulang, pemimpin  panti jompo berkata kepada para relawan, " Terima kasih untuk hiburannya. Anda telah membuat semua orang tua di sini merasa sangat bahagia. "

Pada malam harinya, pelatihan relawan baru pun diadakan di Kota Leon. 29 relawan baru berpartisipasi dalam pelatihan tersebut. Pelatihan ini difokuskan pada misi Tzu Chi dan budaya humanis. Relawan Audrey dari Las Vegas berbicara kepada  peserta  tentang pentingnya mengurangi penggunaan karbon dalam kehidupan sehari-hari. Relawan Hank dari Los Angeles bercerita kepada semua orang tentang tanggap darurat bencana Tzu Chi dan jejak langkah internasional Tzu Chi. Relawan Margaret dari San Diego memimpin semua orang untuk melakukan bahasa isyarat. Relawan Kevin dari Las Vegas bercerita kepada para peserta tentang bagaimana Las Vegas Service Center diperluas dari satu sampai 25 komisaris dalam beberapa tahun terakhir.

foto  

Ket : - Relawan mengunjungi pusat rehabilitasi dan melakukan bahasa isyarat untuk menghibur pasien.        

Cinta Kasih Tanpa Memandang Agama
Esok harinya 27 Juni, tepat pukul 10.30 sebuah distribusi bantuan diadakan. Semua orang menyanyikan lagu Kebangsaan Meksiko dengan tangan kanan mereka di depan dada mereka sebagai cara untuk menunjukkan rasa hormat kepada negara. Setelah itu, semua orang menyanyikan  Mars Tzu Chi. Relawan Lazar dari Los Angeles memperkenalkan makna Tzu Chi dalam bahasa Spanyol. Tzu berarti kasih sayang, dan Chi berarti bantuan. Dia juga memperkenalkan misi Tzu Chi dan semangat Cinta Kasih, dimana relawan memberikan tanpa pamrih di lebih dari 65 negara. Dia mengatakan kepada para penerima bantuan, bahwa Tzu Chi akan menemani mereka dengan cinta kasih karena semua orang adalah satu keluarga. Seorang wakil dari pemerintah kota menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi, karena telah datang ke kota Leon untuk membantu keluarga miskin.

Selama distribusi, para penerima bantuan menangis dan berkata, "Aku telah banyak menderita dari kelaparan ...,  setiap malam aku berlutut untuk berdoa meminta berkah dari Tuhan, tapi aku tidak bisa percaya bahwa kelompok pertama orang yang mengulurkan tangannya untuk  membantu kami,  datang dari sebuah organisasi Buddhis," kaya seorang wanita yang pertama kali menerima bantuan. Suaminya sudah cukup tua, dan mereka sering tidak punya makanan untuk dimakan setiap hari. Yayasan Buddha Tzu Chi adalah organisasi pertama yang membantu keluarganya.

Pada hari itu, sebanyak 323 kantong barang didistribusikan kepada penerima bantuan, dan para relawan juga melakukan kunjungan ke rumah-rumah dan memberikan 12 paket bantuan. Sebuah badan pemerintah lokal juga ikut membantu memberikan 15 paket bantuan. (Sumber: www.tzuchi.org, diterjemahkan oleh Riani Purnamasari/He Qi Utara)

  
 
 

Artikel Terkait

Meningkatkan Literasi Berbahasa Mandarin Lewat Pendidikan

Meningkatkan Literasi Berbahasa Mandarin Lewat Pendidikan

10 Februari 2020

Kinokuniya Indonesia mendonasikan 1.885 buku berbahasa Mandarin untuk Misi Pendidikan Tzu Chi pada Kamis, 6 Februari 2020. Buku-buku ini akan digunakan oleh Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi dan Sekolah Tzu Chi Indonesia yang menggunakan tiga bahasa (Indonesia, Inggris, Mandarin) dalam proses pembelajarannya.

Paket Lebaran 2019: Menjalin Jodoh Baik Di Bulan Penuh Berkah

Paket Lebaran 2019: Menjalin Jodoh Baik Di Bulan Penuh Berkah

22 Mei 2019
Relawan di Komunitas He Qi Barat 1 membagikan paket cinta kasih bagi staf keamanan dan kebersihan lingkungan Citra Garden 5 Cengkareng Jakarta Barat, Minggu, 19 Mei 2019. Pembagian ini berbarengan dengan kegiatan pelestarian lingkungan. 
Tzu Chi Entrepreneur Conference: Menggalang Banyak Hati di Tzu Chi

Tzu Chi Entrepreneur Conference: Menggalang Banyak Hati di Tzu Chi

31 Juli 2018
Para relawan mencoba mewariskan semangat Tzu Chi kepada anak-anak mereka. Dalam acara Gathering Pengusaha (Minggu, 29 Juli 2018) ini para relawan mengundang rekan-rekan mereka untuk mengenal Tzu Chi, dan menginspirasi mereka.
Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, malah sebaliknya akan semakin tumbuh berkembang karena diteruskan kepada orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -