Menebar Cinta Kasih di Ujung Barat Indonesia

Jurnalis : Ronaldo (Tzu Chi Aceh), Fotografer : Dokumentasi Tzu Chi Aceh

Senyum bahagia penerima berkah sangat berarti bagi relawan Tzu Chi.

Sabang adalah kota di provinsi Aceh yang terletak paling ujung barat Indonesia dengan populasi penduduk sekitar 42.559 jiwa. Keindahan alam di Kota Sabang menjadi daya tarik tersendiri untuk turis baik dari dalam maupun luar negeri. Kota ini memiliki jalinan jodoh dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sepuluh tahun lalu, tepatnya tahun 2014 saat relawan dari Jakarta dan Medan datang untuk memberikan sosialisasi mengenai Tzu Chi.

Sukacita terpancar dari wajah warga dan juga relawan Tzu Chi.

Pada kesempatan ini, warga juga turut berdonasi seikhlasnya kepada warga lainnya yang membutuhkan bantuan.

Sepuluh tahun berlalu, jalinan jodoh yang sempat pudar ini direkatkan kembali oleh Yustin, seorang relawan yang mengetahui keberadaan Tzu Chi di Kota Banda Aceh. Ia tergerak hatinya untuk bersumbangsih di tengah padatnya jadwal sebagai pengusaha di Kota Sabang. Pada 2024 Kota Sabang memiliki komunitas Xie Li yang diharapkan menjadi wadah untuk insan- insan bersumbangsih kepada masyarakat Kota Sabang.

Pada 29 Maret 2024 lalu, relawan Tzu Chi di Kota Sabang membagikan 50 paket cinta kasih berupa sembako kepada warga yang kurang mampu. Setiap paket sembako tersebut berisi 5 kg beras, 2 botol sirup dan 1,8 liter minyak goreng. Pembagian paket cinta kasih berjalan lancar berkat kerjasama yang apik dari 13 relawan Tzu Chi.

Pembagian paket cinta kasih Tzu Chi berlangsung penuh keakraban antar warga dan relawan Tzu Chi.

“Saya sungguh bahagia menerima paket sembako ini, dengan ini dapat meringankan sedikit beban,” ujar salah seorang warga. Kebahagiaan yang sama juga dirasakan para relawan yang mendapat kesempatan yang penuh berkah tersebut.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Memberikan Kebahagiaan dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Memberikan Kebahagiaan dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri

05 April 2024

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan bingkisan paket lebaran kepada penerima bantuan Tzu Chi. Sebanyak 20 penerima bantuan datang bersama keluarga, dan disambut hangat oleh relawan Tzu Chi.

Menebar Kebahagiaan di Bulan Ramadan

Menebar Kebahagiaan di Bulan Ramadan

28 Maret 2024

Relawan Tzu Chi memberikan 1.000 paket sembako untuk warga Duri Utara, Jembatan Lima, Jakarta Barat. Seminggu sebelumnya kupon telah dibagikan relawan untuk memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Menjalin Silaturahmi dengan Berbagi Menjelang Idul Fitri

Menjalin Silaturahmi dengan Berbagi Menjelang Idul Fitri

05 April 2024

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan paket cinta kasih menyambut Hari Raya Idul Fitri di Kelurahan Darussalam yang lokasinya terpencil sehingga banyak orang membutuhkan jarang mendapatkan bantuan.

Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -