Menebar Cinta Kasih di Ujung Barat Indonesia

Jurnalis : Ronaldo (Tzu Chi Aceh), Fotografer : Dokumentasi Tzu Chi Aceh

Senyum bahagia penerima berkah sangat berarti bagi relawan Tzu Chi.

Sabang adalah kota di provinsi Aceh yang terletak paling ujung barat Indonesia dengan populasi penduduk sekitar 42.559 jiwa. Keindahan alam di Kota Sabang menjadi daya tarik tersendiri untuk turis baik dari dalam maupun luar negeri. Kota ini memiliki jalinan jodoh dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sepuluh tahun lalu, tepatnya tahun 2014 saat relawan dari Jakarta dan Medan datang untuk memberikan sosialisasi mengenai Tzu Chi.

Sukacita terpancar dari wajah warga dan juga relawan Tzu Chi.

Pada kesempatan ini, warga juga turut berdonasi seikhlasnya kepada warga lainnya yang membutuhkan bantuan.

Sepuluh tahun berlalu, jalinan jodoh yang sempat pudar ini direkatkan kembali oleh Yustin, seorang relawan yang mengetahui keberadaan Tzu Chi di Kota Banda Aceh. Ia tergerak hatinya untuk bersumbangsih di tengah padatnya jadwal sebagai pengusaha di Kota Sabang. Pada 2024 Kota Sabang memiliki komunitas Xie Li yang diharapkan menjadi wadah untuk insan- insan bersumbangsih kepada masyarakat Kota Sabang.

Pada 29 Maret 2024 lalu, relawan Tzu Chi di Kota Sabang membagikan 50 paket cinta kasih berupa sembako kepada warga yang kurang mampu. Setiap paket sembako tersebut berisi 5 kg beras, 2 botol sirup dan 1,8 liter minyak goreng. Pembagian paket cinta kasih berjalan lancar berkat kerjasama yang apik dari 13 relawan Tzu Chi.

Pembagian paket cinta kasih Tzu Chi berlangsung penuh keakraban antar warga dan relawan Tzu Chi.

“Saya sungguh bahagia menerima paket sembako ini, dengan ini dapat meringankan sedikit beban,” ujar salah seorang warga. Kebahagiaan yang sama juga dirasakan para relawan yang mendapat kesempatan yang penuh berkah tersebut.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Sembako Cinta Kasih untuk Para Gan En Hu di Kota Jambi

Sembako Cinta Kasih untuk Para Gan En Hu di Kota Jambi

01 April 2024

Menyambut Idul Fitri 1445 Hijriyah, Tzu Chi Jambi memberikan bantuan sembako kepada 25 Gan En Hu atau penerima bantuan Tzu Chi jangka panjang. Paket itu berisi 10 kg beras, 2 liter minyak goreng, 1 kilo gula pasir, 10 bungkus mie vegetarian, minuman, serta THR Idul Fitri.

Berbagi di Bulan Ramadan, Tzu Chi Bandung Salurkan 1.000 Paket Sembako

Berbagi di Bulan Ramadan, Tzu Chi Bandung Salurkan 1.000 Paket Sembako

02 April 2024

Sambut Hari Raya Idul Fitri, Tzu Chi Bandung bagikan 1.000 paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan. Paket sembako ini dibagikan di Aula Jing Si Tzu Chi Bandung.

Memeriahkan Lebaran dengan Berbagi

Memeriahkan Lebaran dengan Berbagi

15 April 2024

Relawan Tzu Chi Batam kembali ke TPA Punggur untuk menyalurkan bantuan sembako. Sebanyak 441 paket sembako yang berhasil relawan Tzu Chi salurkan kepada warga yang mayoritas mencari nafkah dengan menjadi pemulung.

Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -