Kepedulian bagi Para Seniman Bangunan

Jurnalis : Paulina (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Calvin, Wiyzhien Lim (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Layanan pemeriksaan kesehatan untuk para seniman bangunan di Tzu Chi Tanjung Balai Karimun.

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali memberikan layanan pemeriksaan kesehatan untuk para seniman bangunan, Sabtu 3 Juni 2023. Layanan kesehatan ini seperti pemeriksaan kadar gula, asam urat, dan kolesterol. Pemeriksaan ini rutin diberikan setiap 3 bulan sekali untuk menjaga kesehatan seniman bangunan yang sedang membangun rumah insan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun.

Pagi, sekitar pukul 10.00 WIB, sebanyak 4 relawan sudah mempersiapkan segala suatu yang dibutuhkan saat pengecekan. Relawan pun mempersilahkan satu-persatu seniman bangunan memasuki ruangan pengecekan. Tidak lupa pada pemeriksaan kali ini relawan menyediakan makanan hangat vegetaris untuk para seniman bangunan. Masakan vegetaris ini rutin relawan sajikan setiap pekan di hari Sabtu.

Para relawan turut membantu pemeriksaan tekanan darah, pencatatan hasil dan penulisan resep di kantong obat.

Dr. Dzulfikar, Sp.KJ kembali mendapat berkah untuk memeriksa kesehatan fisik dan mental para seniman bangunan. Pada pengecekan kali ini kesehatan para seniman bangunan mengalami perkembangan yang baik.

Dr. Dzulfikar, Sp.KJ dokter psikiater, kembali mendapat berkah untuk memeriksa kesehatan fisik dan mental para seniman bangunan. Relawan Tzu Chi turut membantu tim medis dengan memeriksa tekanan darah, pencatatan hasil pemeriksaan dan penulisan aturan minum obat pada kantong obat. Sebanyak 15 seniman bangunan melakukan pengecekan kesehatan kali ini.

“Perkembangan dari pemeriksaan kesehatan seniman bangunan ini dapat dilihat dari hasil pemeriksaan kadar gula, kolesterol dan asam urat, dengan pemberian obat untuk seniman bangunan lama sebelumnya. Kadar gula, kolesterol dan asam uratnya ada berkurang. Perbedaan dengan seniman bangunan baru ada terletak pada keluhan mereka pada saat screening, ada yang sering sesak tetapi dia tidak mengetahui penyebabnya, dan ternyata dia memiliki penyakit kolesterol, baru diketahui setelah pemeriksaan kesehatan ini,” ungkap Dr. Dzulfikar, Sp.KJ.

Muhammad Nafis yang baru bekerja selama 10 hari merasa bersyukur bisa mendapatkan pengecekan kesehatan yang telah Tzu Chi persiapakan untuk para seniman bangunan.

Setelah pemeriksaaan selesai, para seniman bangunan menikmati makanan vegetarian yang dimasak oleh relawan Tzu Chi.

Muhammad Nafis (28) seorang seniman bangunan yang baru bekerja selama 10 hari merasa bersyukur bisa mendapatkan pengecekan kesehatan yang telah Tzu Chi persiapakan untuk para seniman bangunan. “Rutinitas kegiatan seperti ini sangat bagus, dari hasil tes ternyata kolesterol saya tinggi. Untuk keluhannya saya sering merasa sesak, dan saya sering makan daging. Tadi dokter menyarankan saya untuk perbanyak makan sayur. Dengan adanya pembagian makanan vegetarian rutin ini juga mempermudah saya, dan vegetarian ternyata juga enak,” ungkapnya.

Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi “Bervegetarian dapat menyehatkan jasmani dan batin, juga dapat melindungi bumi ini.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menjalin Tali Silaturahmi dengan Para Seniman Bangunan

Menjalin Tali Silaturahmi dengan Para Seniman Bangunan

17 April 2023

Pembangunan Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun tak lepas dari peran dan kerja keras para seniman (pekerja) bangunan. Untuk mengapresiasi mereka, relawan Tzu Chi mengadakan kegiatan buka puasa bersama. 

Sebentuk Kasih Untuk Seniman Bangunan

Sebentuk Kasih Untuk Seniman Bangunan

27 April 2010
Walaupun mengaku harus sedikit bekorban untuk bangun lebih awal, Ilham Nugraha, salah satu karyawan DAAI TV yang sering mengikuti kegiatan Tzu Chi, mengaku senang bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi relawan memasak di Aula Jing Si.
Menghargai Peran Penting Seniman Bangunan

Menghargai Peran Penting Seniman Bangunan

29 Juni 2016

Yayasan Buddha Tzu Chi, He Qi Barat menggelar acara buka puasa bersama puluhan seniman bangunan pada tanggal 22 Juni 2016. Acara ini sebagai salah satu wujud apresiasi Tzu Chi atas peran penting seniman bangunan. 

Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -