Langkah Awal Tzu Ching Makassar

Jurnalis : Nuraisyah Baharuddin (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Weng Ak (Tzu Chi Makassar)
 
 

foto
Tzu Ching Makassar tak hanya memberikan hiburan, tapi juga perhatian kepada anak-anak panti asuhan.

Minggu pagi 21 April 2013, bertepatan dengan hari Kartini. Tzu Ching Makassar untuk pertama kalinya membuat sebuah kegiatan berbagi kasih dengan anak-anak panti. Ini adalah sebuah langkah awal Tzu Ching Makassar membuat sebuah kegiatan, dari sekian lama hanya belajar teori-teori kemanusiaan dan ikut membantu para relawan dikegiatan Tzu Chi, hari itu Tzu Ching Makassar mulai menampakkan diri untuk membuat sebuah kegiatan sendiri. Sebanyak 78 anak panti dari 3 panti asuhan yang ada di Makassar (Panti asuhan Fahmi, Raodah, dan panti asuhan Al-Forqon) di undang ke kantor Tzu Chi Makassar untuk bersama-sama berbagi kasih.

Dalam sambutannya salah satu kepala panti asuhan, Abdul Rahman dari panti asuhan Fahmi mengatakan, “Ucapan terimah kasih kepada yayasan Buddha Tzu Chi telah mengundang anak-anak panti dalam kegiatan sosial ini, yang mana yayasan ini tidak memandang agama, suku, dan ras sehingga anak-anak panti bisa hadir ditempat ini dengan antusia dan bahagia.”

Dalam kegiatan ini, Sri sebagai ketua panitia juga  berkata, “Ucapan terimakasih kepada shigudan shibo yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini karena tanpa bantuan shigu danshibo mungkin acara ini tidak akan terlaksana dengan baik. Adapun tujuan kegiatan ini dibuat ialah untuk berbagi kasih dengan anak-anak panti dan Tzu Ching Makassar mampu mengaplikasikan apa yang selama ini didapatkannya di Tzu Chi.” Adapun rangkaian acara dalam kegiatan ini adalah perkenalan Tzu Chi yang dibawakan oleh shigu Lili, salah satu shiguperwakilan dari Tzu Chi.

Selain memberikan materi tentang Tzu Chi, shigu juga membagikan beberapa hadiah kepada anak-anak panti yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Tzu Chi. Keceriaan pun nampak dari wajah mereka. Setelah perkenalan Tzu Chi, koordinator acara, Santo dalam kegiatan ini membawakan sosialisasi pola hidup sehat dan pelestarian lingkungan, Sosialisasi ini sangat memberikan informasi penting kepada anak-anak panti bagaimana pola hidup yang sehat  dan mengajarkan anak-anak panti untuk tidak membuang sampah pada sembarangan tempat. Acara selanjutnya sharing motivasi belajar yang dibawakan oleh Nuraisyah Baharuddin.

foto   foto

Keterangan :

  • Dalam acara itu mereka diberikan penjelasan tentang visi dan misi Tzu Chi (kiri).
  • Semua anak-anak panti yang hadir diberikan hadia kenang-kenangan (kanan).

Suasana serius dan tenang mendengarkan materi-materi pun berubah menjadi ribut ketika koordinator acara dan anak-anak Tzu Ching yang lain, menghibur adik-adik panti dengan hiburan dan games yang menarik, puluhan hadiah menarik pun telah disiapkan panitia bagi adik-adik yang menang dalam gemes ini, teriakan-teriakan menyemangati teman-temannya yang berlomba terdengar dari suara mereka dan muka senang pun nampak dari wajah para pemenang lomba dan   yang kalah dalam pertandingan tak putus semangat karena semua anak-anak panti yang hadir mendapatkan beberapa bingkisan yang telah disiapkan panitia. “Kami sangat senang dengan hadir di tempat ini, selain kami bisa mendapatkan pelajaram atau cara-cara saling menghargai agama lain, kami juga sangat berterimakasih banyak kepada yayasan Buddha Tzu Chi, Semoga yayasan Buddha Tzu Chi kedepannya lebih berkembang, maju, dan terus berjaya dimata masyarakat. Amin.”

Keceriaan hari ini semakin lengkap dengan bertepatannya hari ulang tahun ketua Yayasan Tzu Chi Makassar, Shigu Lamsing yang ke-70. Puluhan shigu dan shibo juga hadir dalam kegiatan ini. Semoga tongkat estafet dari shigu dan shibo mampu diemban oleh Tzu Ching Makassar agar misi-misi Tzu Chi dapat dilaksanakan secara terus menerus tanpa berakhir begitu saja.

 

 
 

Artikel Terkait

Pengumpulan Koin Cinta Kasih

Pengumpulan Koin Cinta Kasih

13 Juli 2017
Relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun melakukan pengumpulan celengan bambu pada Minggu, 9 Juli 2017 di Jalan Nusantara dan Trikora, di pusat kota Karimun. Para pemilik toko yang telah memiliki celengan bambu mengaku senang bisa ikut bersumbangsih melalui celengan bambu.
Semangat Gan En Hu

Semangat Gan En Hu

10 Februari 2012 Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Batam, pada tanggal 5 Februari 2012 mengadakan acara yang bertema “Gan En Hu Kembali ke Rumah”.
Pelatihan 4in1: Titik Balik Kehidupan

Pelatihan 4in1: Titik Balik Kehidupan

27 Mei 2014 Titik balik kehidupan Lin Xiao Shi terjadi di tahun 2004. Ini bermula ketika Ci Lu Shijie, Ketua He Qi Malaysia saat itu mendatangi dan meminta izin untuk menggunakan salah satu tempat milik Lin untuk digunakan insan Tzu Chi
Kendala dalam mengatasi suatu permasalahan biasanya terletak pada "manusianya", bukan pada "masalahnya".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -