Membantu Siswandi, Nafiah, dan Kartiwi untuk Melihat Kembali Terangnya Dunia

Jurnalis : A. Indra Susanto (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : A. Indra Susanto (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 4 mendampingi pasien menjalani proses pemeriksaan awal di Klinik Mata dr. Agus Ariyanto, Sp.M, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 4 menjalin cinta kasih dengan memfasilitasi operasi katarak dan pterygium bagi 3 orang pasien pada Rabu, 1 Februari 2023 di Klinik Mata dr. Agus Ariyanto, Sp.M, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Empat jam perjalanan darat harus ditempuh relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 4 menuju Klinik Mata dr. Agus Ariyanto, Sp.M,. Di klinik ini relawan menfasilitasi penanganan bagi 3 orang pasien yang menderita gangguan penglihatan. Mereka adalah Siswandi, Nafiah, dan Kartiwi. Siswadi dan Nafiah menjalani operasi pterigium, sementara Kartiwi menjalani operasi katarak.

Dr. Gerry Juliansyah yang juga relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 4 turut mendampingi pasien agar lebih tenang saat menjalani pemeriksaan.

Sejak lama relawan telah menjalin komunikasi dengan aparat desa sekitar operasional perusahaan. Sehingga ketika ada warga yang menderita katarak, mereka bisa langsung berkoordinasi dengan relawan. Seperti dalam kesempatan ini, aparat desa memberi tahu ada warganya yang membutuhkan bantuan operasi penglihatan, yaitu ketiga orang tersebut. Siswandi, Nafiah, dan Kartiwi merupakan warga Desa Sukamandang yang sehari-hari bekerja sebagai petani. Sementara Nafiah berasal dari Pondok 1 Katayang yang merupakan istri karyawan perkebunan Sinar Mas.  

Siswandi didampingi relawan menjalani pemeriksaan awal sebelum dilakukan tindakan operasi.

Rombongan relawan yang terdiri dr. Gerry Juliansyah, A. Indra Susanto, dan Hans Bastian Lumban Toruan tiba di Pangkalan Bun pukul 13.30 WIB. Setelah mencari penginapan, relawan langsung menuju klinik untuk menjalani rangkaian pemeriksaan dan dilanjutkan tindakan operasi hingga pukul 20.30 WIB.

Siswadi sangat bersyukur mendapatkan bantuan operasi ini. Ia berharap dengan matanya yang selesai dioperasi bisa memperlancar pekerjaannya di ladang. “Iya tadinya kan mengganjal sekali, tapi sekarang sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Terima kasih banyak atas bantuannya ya,” ungkapnya bersyukur.

Relawan dan para pasien berfoto bersama setelah dilakukan tindakan operasi katarak dan pterygium.

Kebahagiaan juga dirasakan relawan yang mendampingi. Hans Bastian Lumban Toruan mengatakan rasa bahagianya bisa membantu para pasien menjalani operasi. “Tentu senang sekali bisa mendampingi para pasien ini selesai menjalani tindakan operasi. Semoga mereka segera bisa melihat cahaya terang dengan kedua matanya,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, relawan berharap para pasien bisa melihat dengan mata normal di usia yang sudah tak lagi muda.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Membantu Siswandi, Nafiah, dan Kartiwi untuk Melihat Kembali Terangnya Dunia

Membantu Siswandi, Nafiah, dan Kartiwi untuk Melihat Kembali Terangnya Dunia

13 Februari 2023

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 4 membantu 3 warga Desa Sukamandang dan Pondok 1 Katayang untuk menjalani operasi katarak dan pterygium.

Jalan Terang Bagi Sukir dan Sumirah

Jalan Terang Bagi Sukir dan Sumirah

15 November 2021

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalteng 4 membantu pasangan suami istri, Sukir dan Sumirah melakukan operasi di Klinik Mata dr. Agus Ariyanto Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Baksos Katarak di Kota Belawan dan Medan

Baksos Katarak di Kota Belawan dan Medan

02 November 2016

Keluarga besar grup Sinar Mas unit usaha downstream di Kota Belawan dibantu oleh Tzu Chi Medan menggelar operasi katarak pada 29 Oktober 2016. Proses pemeriksaan awal atau screening telah dilakukan dua minggu sebelumnya.  

Keindahan sifat manusia terletak pada ketulusan hatinya; kemuliaan sifat manusia terletak pada kejujurannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -