Memberikan Pelayanan di Hari Bakti Dokter Indonesia

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)

Tzu Chi Biak bersama IDI Cabang Biak dan Supiori memberikan pelayanan pengobatan gratis dan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Desa Wouna, Distrik Andey, Biak, Papua.

Masih dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia ke-114, Tzu Chi Biak bersama IDI Cabang Biak dan Supiori memberikan pelayanan pengobatan gratis dan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Kegiatan ini pun dilaksanakan di Desa Wouna, Distrik Andey, Biak, Papua pada 16 Juli 2022.

Sejak pagi, relawan sudah berkumpul Kantor Tzu Chi Biak untuk bersama-sama menuju Desa Wouna yang ditempuh dalam waktu 1 jam 18 menit melalui perjalanan darat. Sesampainya di Desa Wouna, relawan Tzu Chi Biak dan tim IDI Cabang Biak dan Supiori segera melakukan persiapan untuk melaksanakan kegiatan.

Ketua Tzu Chi Hu Ai Papua dan Papua Barat, Susanto Pirono memberikan sambutan dalam kegiatan baksos pengobatan dan vaksinasi Covid-19 di Desa Wouna.

Desa Wouna merupakan salah satu dari 12 desa yang berada di Distrik Andey. Fasilitas kesehatan di desa tersebut cukup minim, jika ada warga yang sakit maka mereka akan berjalan ke Puskesmas yang lokasinya cukup jauh dari desa. Sehingga pemilihan Desa Wouna sebagai tempat penyelenggaraan bakti sosial kesehatan ini cukup tepat.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, IDI Biak dan Supiori juga mengadakan sosialisasi bagi para kader Posyandu dan anak-anak sekolah dasar. Selain itu juga diadakan pemeriksaan kandungan, THT, saraf, anak dan gigi. Dalam kesempatan yang sama, kegiatan ini juga memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

Relawan Tzu Chi Biak membantu mencatat dan memberikan nomer urutan bagi para pasien yang akan mengikuti baksos pengobatan.

Dalam sambutannya, Ketua Tzu Chi Hu Ai Papua dan Papua Barat, Susanto Pirono sangat bersyukur dapat terlibat dalam kegiatan bakti sosial pengobatan. “Pada hari ini Tzu Chi mendukung kegiatan bakti sosial bersama IDI Cabang Biak dan Supiori. Kami sangat berbahagia karena dilibatkan dalam kegiatan ini. Semoga ke depan lebih baik dan lebih banyak lagi desa yang kita jangkau dalam pelayanan kesehatan, terima kasih juga kepada masyarakat Desa Wouna yang sudah mau mengikuti kegiatan ini,” ungkap Susanto Pirono.

Total pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan dalam kegiatan ini sebanyak 196 pasien dan 20 orang mendapatkan vaksinasi Covid-19. Perwakilan IDI Cabang Biak dan Supiori, dr. Gerald Juswanto Sp.N juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam pelayanan masyarakat ini.

Dalam kegiatan baksos pengobatan ini, para dokter juga melayani pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak Desa Wouna.

“Kegiatan ini dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia yang mana untuk mengenang jasa-jasa dokter dalam pembangunan Indonesia di bidang kesehatan. Terima kasih kepada semua pihak sudah bersama-sama kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata dr. Gerald Juswanto Sp.N.

Warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan dalam kegiatan ini juga banyak yang merasa terbantu. Kepala Distrik Andey, Josias O juga mengapresiasi kegiatan baksos kesehatan untuk membantu warganya. “Atas nama masyarakat di Distrik Andey, terutama Desa Wouna, saya mengucapkan terima kasih. Karena sudah datang mengunjungi masyarakat kami, sekaligus memberikan pelayanan kesehatan,” ungkap Josias O.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Kebahagiaan Bersumbangsih

Kebahagiaan Bersumbangsih

26 September 2016

Jumlah pasien yang mencapai lebih dari 400 orang ini didominasi oleh warga yang sudah lanjut usia. Tidak hanya penyakit umum saja, tim medis Tzu Chi juga melakukan pemeriksaan dan pengobatan gigi yang digelar pada tanggal 24 September 2016 di Kebun Sungai Cantung, Xie Li Kalimantan Selatan 2.

Bersatu Hati Melayani Masyarakat

Bersatu Hati Melayani Masyarakat

08 Agustus 2019

Tzu Chi Surabaya bekerjasama dengan Kodim 0830 Surabaya mengadakan bakti sosial bagi warga Perak Sabtu, 4 Agustus 2019. Baksos yang diselenggarakan kali ini sangat spesial, tidak hanya menyediakan pemeriksaan kesehatan umum dan gigi, namun juga akupunktur dan potong rambut.

Pancaran Cinta Kasih Insan Tzu Chi

Pancaran Cinta Kasih Insan Tzu Chi

23 Februari 2016
Sabtu, 13 Februari 2015, Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas menebarkan perhatian dan cinta kasih melalui kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Umum & Gigi kepada ratusan penerima bantuan di Kecamatan Sungai Keruh, Palembang, Sumatera Selatan.
Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -