Memberikan Pelayanan di Hari Bakti Dokter Indonesia

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)

Tzu Chi Biak bersama IDI Cabang Biak dan Supiori memberikan pelayanan pengobatan gratis dan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Desa Wouna, Distrik Andey, Biak, Papua.

Masih dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia ke-114, Tzu Chi Biak bersama IDI Cabang Biak dan Supiori memberikan pelayanan pengobatan gratis dan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Kegiatan ini pun dilaksanakan di Desa Wouna, Distrik Andey, Biak, Papua pada 16 Juli 2022.

Sejak pagi, relawan sudah berkumpul Kantor Tzu Chi Biak untuk bersama-sama menuju Desa Wouna yang ditempuh dalam waktu 1 jam 18 menit melalui perjalanan darat. Sesampainya di Desa Wouna, relawan Tzu Chi Biak dan tim IDI Cabang Biak dan Supiori segera melakukan persiapan untuk melaksanakan kegiatan.

Ketua Tzu Chi Hu Ai Papua dan Papua Barat, Susanto Pirono memberikan sambutan dalam kegiatan baksos pengobatan dan vaksinasi Covid-19 di Desa Wouna.

Desa Wouna merupakan salah satu dari 12 desa yang berada di Distrik Andey. Fasilitas kesehatan di desa tersebut cukup minim, jika ada warga yang sakit maka mereka akan berjalan ke Puskesmas yang lokasinya cukup jauh dari desa. Sehingga pemilihan Desa Wouna sebagai tempat penyelenggaraan bakti sosial kesehatan ini cukup tepat.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, IDI Biak dan Supiori juga mengadakan sosialisasi bagi para kader Posyandu dan anak-anak sekolah dasar. Selain itu juga diadakan pemeriksaan kandungan, THT, saraf, anak dan gigi. Dalam kesempatan yang sama, kegiatan ini juga memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

Relawan Tzu Chi Biak membantu mencatat dan memberikan nomer urutan bagi para pasien yang akan mengikuti baksos pengobatan.

Dalam sambutannya, Ketua Tzu Chi Hu Ai Papua dan Papua Barat, Susanto Pirono sangat bersyukur dapat terlibat dalam kegiatan bakti sosial pengobatan. “Pada hari ini Tzu Chi mendukung kegiatan bakti sosial bersama IDI Cabang Biak dan Supiori. Kami sangat berbahagia karena dilibatkan dalam kegiatan ini. Semoga ke depan lebih baik dan lebih banyak lagi desa yang kita jangkau dalam pelayanan kesehatan, terima kasih juga kepada masyarakat Desa Wouna yang sudah mau mengikuti kegiatan ini,” ungkap Susanto Pirono.

Total pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan dalam kegiatan ini sebanyak 196 pasien dan 20 orang mendapatkan vaksinasi Covid-19. Perwakilan IDI Cabang Biak dan Supiori, dr. Gerald Juswanto Sp.N juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam pelayanan masyarakat ini.

Dalam kegiatan baksos pengobatan ini, para dokter juga melayani pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak Desa Wouna.

“Kegiatan ini dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia yang mana untuk mengenang jasa-jasa dokter dalam pembangunan Indonesia di bidang kesehatan. Terima kasih kepada semua pihak sudah bersama-sama kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata dr. Gerald Juswanto Sp.N.

Warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan dalam kegiatan ini juga banyak yang merasa terbantu. Kepala Distrik Andey, Josias O juga mengapresiasi kegiatan baksos kesehatan untuk membantu warganya. “Atas nama masyarakat di Distrik Andey, terutama Desa Wouna, saya mengucapkan terima kasih. Karena sudah datang mengunjungi masyarakat kami, sekaligus memberikan pelayanan kesehatan,” ungkap Josias O.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Berbagi Kebahagiaan di Desa Warbon, Biak

Berbagi Kebahagiaan di Desa Warbon, Biak

16 Juni 2016
Dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara ke-70, Polres Biak Numfor bekerja sama dengan Tzu Chi Biak mengadakan Baksos Pengobatan Umum di Desa Warbon, Distrik Biak Utara, Sabtu, 4 Juni 2016.
Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Memberikan Pelayanan yang Terbaik

21 Agustus 2014 Selasa, 19 Agustus 2014, tim medis Tzu Chi, TIMA, mengikuti baksos memperingati dirgahayu RI dan HUT TNI ke-69 di Pusat Misi Pelatihan Perdamaian, Sentul, Bogor.
Memberikan Pelayanan untuk Warga Cikarang Utara

Memberikan Pelayanan untuk Warga Cikarang Utara

21 Mei 2014 Terima kasih kepada semua Panitia Kepolisian dan semua Tim Medis atas kerja samanya yang baik. Para relawan yang tanpa pamrih ikut di baksos ini dan tim konsumsi He Qi Pusat yang telah menyediakan makanan.
Giat menanam kebajikan akan menghapus malapetaka. Menyucikan hati sendiri akan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -