Paket Lebaran 2022: Beras Cinta Kasih untuk Hari Raya Idul Fitri

Jurnalis : Ivon (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Djoni, Barlianto Chan (Tzu Chi Lampung)

Para relawan berfoto bersama sebelum pembagian beras di Kantor Tzu Chi Lampung.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung menyalurkan bantuan berupa beras cinta kasih dan sirup kepada warga prasejahtera di beberapa wilayah. Pembagian beras ini dilakukan pada 22-28 April 2022.

Lokasi yang pertama adalah di halaman Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung pada 22 April 2022 sebanyak 525 paket. Pada kegiatan ini, banyak relawan baru yang turut serta terjun ke lapangan, mulai dari membagi kupon, hingga pembagian beras dan sirupnya. Antara lain Tini dan Nini, warga Nila Kandi yang semangat mengikuti kegiatan sejak awal bagi kupon.

“Saya memang suka berbagi, tapi berhubung kalau dalam jumlah besar saya nggak mampu, jadi saya ikut gabung dengan Tzu Chi. Dan kami merasa bahagia bisa ikut menjadi bagian dari Tzu Chi,” ungkapnya.

Warga penerima beras cinta kasih saat duduk menunggu antrean.

Heri, salah satu relawan baru yang semangat membantu membawakan beras penerima bantuan yang sudah lansia.

Lokasi pembagian beras cinta kasih selanjutnya adalah di Kelurahan Kupang, Nila Kandi, Kangkung, Keteguhan, Panjang, Kedamaian, Kota Baru, Kampung Bugis dan Jagabaya 2. Ada 2.000 beras cinta kasih yang dibagikan di sini. Ibu Ulti, salah satu warga kelurahan Kupang, mengungkapkan rasa terima kasihnya karena mendapat beras dari Tzu Chi.

“Terima kasih banyak, bantuan ini sangat membantu saya. Semoga Yayasan Buddha Tzu Chi semakin maju,” harap Ulti.

Kegiatan ini dikoordinir oleh Djoni atau yang sering disapa Akwet bersama Barlianto Chan. Akwet membawa serta empat karyawanya untuk membantu kegiatan ini. Salah satu di antaranya adalah Heri, yang merupakan sopir di kantornya.

“Saya sudah beberapa kali ikut kegiatan Tzu Chi, diajak sama Koh Akwet. Saya senang bisa bantu-bantu di sini, dan karena sudah beberapa kali jadi sudah tahu apa yang harus saya kerjakan,” cerita Heri.

Nenek Asnah, senang mendapat beras dari Tzu Chi Lampung.

Relawan menunduk sembari mengucapkan “Gan en” kepada penerima bantuan sebagai ucapan syukur.

Di hari terakhir pembagian, tim relawan menyempatkan datang ke Rumah Singgah di Gedong Air. Relawan menghibur penghuni yang ada di sana dan berbagi sedikit beras untuk mereka. Alesius Bunawan, Ketua Tzu Chi Lampung turut hadir menghibur para penghuni rumah singgah.

Adapun jumlah paket yang diberikan di Kelurahan Kupang sebanyak 525 paket, Kangkung 296 paket, Panjang 228 paket, Keteguhan 203 paket, Nila Kandi 177 paket. Lalu di Kedamaian 133 paket, Kota Baru 164, Jagabaya 2 ada 154 paket dan untuk Rumah Singgah 20 paket. Selain itu tim relawan juga menyiapkan 100 paket untuk para Gan En Hu, pemulung, petugas kebersihan dan tukang becak.

Nenek Asnah salah satu penerima bantuan di Kelurahan Kangkung yang hidup sendirian. Anak-anaknya kadang menjenguk, karena tinggal beda tempat.

“Nenek dikasih beras ini terima kasih buat buka puasa nenek. Semoga nanti ada bantuan lagi, ingat sama nenek ya,” ungkap Nenek Asnah.

Alesius Bunawan menghibur para oma yang ada di rumah singgah.

Pada Kamis, 28 April 2022, relawan memberikan beras kepada para pnerima bantuan Tzu Chi atau Gan En Hu di Kantor Tzu Chi Lampung. Alesius Bunawan, Ketua Tzu Lampung menyampaikan sambutannya.

“Kami dari Yayasan Buddha Tzu Chi ada sedikit berbagi beras untuk bapak ibu, semoga kita semua selalu sehat ya,” pesan Alesius.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2022: Membagikan Beras Cinta Kasih di Bulan Penuh Berkah

Paket Lebaran 2022: Membagikan Beras Cinta Kasih di Bulan Penuh Berkah

28 April 2022

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan 263 karung beras cinta kasih kepada warga Telaga Timah.

Paket Lebaran 2022: Sukacita Kebersamaan Berbagi Berkah di Bulan Ramadan

Paket Lebaran 2022: Sukacita Kebersamaan Berbagi Berkah di Bulan Ramadan

21 April 2022

Di bulan penuh berkah, relawan Tzu Chi di komunitas Hu Ai Cikarang kembali berbagi kasih dengan menyalurkan 1.850 paket lebaran di Desa Serang Cikarang Selatan dan Desa Cikarang Kota.

Paket Lebaran 2022: 3.800 Paket Sembako untuk Warga Pademangan

Paket Lebaran 2022: 3.800 Paket Sembako untuk Warga Pademangan

19 April 2022

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menggelar kick off acara penyaluran 3.800 paket yang berisi 10 Kg beras dan 10 bungkus Mi DAAI yang dibagikan kepada 207 RT di 15 RW di RPTRA Budi Mulia Pademangan, Jakarta Utara.

Giat menanam kebajikan akan menghapus malapetaka. Menyucikan hati sendiri akan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -