Paket Lebaran 2022: Beras Cinta Kasih untuk Hari Raya Idul Fitri

Jurnalis : Ivon (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Djoni, Barlianto Chan (Tzu Chi Lampung)

Para relawan berfoto bersama sebelum pembagian beras di Kantor Tzu Chi Lampung.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung menyalurkan bantuan berupa beras cinta kasih dan sirup kepada warga prasejahtera di beberapa wilayah. Pembagian beras ini dilakukan pada 22-28 April 2022.

Lokasi yang pertama adalah di halaman Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung pada 22 April 2022 sebanyak 525 paket. Pada kegiatan ini, banyak relawan baru yang turut serta terjun ke lapangan, mulai dari membagi kupon, hingga pembagian beras dan sirupnya. Antara lain Tini dan Nini, warga Nila Kandi yang semangat mengikuti kegiatan sejak awal bagi kupon.

“Saya memang suka berbagi, tapi berhubung kalau dalam jumlah besar saya nggak mampu, jadi saya ikut gabung dengan Tzu Chi. Dan kami merasa bahagia bisa ikut menjadi bagian dari Tzu Chi,” ungkapnya.

Warga penerima beras cinta kasih saat duduk menunggu antrean.

Heri, salah satu relawan baru yang semangat membantu membawakan beras penerima bantuan yang sudah lansia.

Lokasi pembagian beras cinta kasih selanjutnya adalah di Kelurahan Kupang, Nila Kandi, Kangkung, Keteguhan, Panjang, Kedamaian, Kota Baru, Kampung Bugis dan Jagabaya 2. Ada 2.000 beras cinta kasih yang dibagikan di sini. Ibu Ulti, salah satu warga kelurahan Kupang, mengungkapkan rasa terima kasihnya karena mendapat beras dari Tzu Chi.

“Terima kasih banyak, bantuan ini sangat membantu saya. Semoga Yayasan Buddha Tzu Chi semakin maju,” harap Ulti.

Kegiatan ini dikoordinir oleh Djoni atau yang sering disapa Akwet bersama Barlianto Chan. Akwet membawa serta empat karyawanya untuk membantu kegiatan ini. Salah satu di antaranya adalah Heri, yang merupakan sopir di kantornya.

“Saya sudah beberapa kali ikut kegiatan Tzu Chi, diajak sama Koh Akwet. Saya senang bisa bantu-bantu di sini, dan karena sudah beberapa kali jadi sudah tahu apa yang harus saya kerjakan,” cerita Heri.

Nenek Asnah, senang mendapat beras dari Tzu Chi Lampung.

Relawan menunduk sembari mengucapkan “Gan en” kepada penerima bantuan sebagai ucapan syukur.

Di hari terakhir pembagian, tim relawan menyempatkan datang ke Rumah Singgah di Gedong Air. Relawan menghibur penghuni yang ada di sana dan berbagi sedikit beras untuk mereka. Alesius Bunawan, Ketua Tzu Chi Lampung turut hadir menghibur para penghuni rumah singgah.

Adapun jumlah paket yang diberikan di Kelurahan Kupang sebanyak 525 paket, Kangkung 296 paket, Panjang 228 paket, Keteguhan 203 paket, Nila Kandi 177 paket. Lalu di Kedamaian 133 paket, Kota Baru 164, Jagabaya 2 ada 154 paket dan untuk Rumah Singgah 20 paket. Selain itu tim relawan juga menyiapkan 100 paket untuk para Gan En Hu, pemulung, petugas kebersihan dan tukang becak.

Nenek Asnah salah satu penerima bantuan di Kelurahan Kangkung yang hidup sendirian. Anak-anaknya kadang menjenguk, karena tinggal beda tempat.

“Nenek dikasih beras ini terima kasih buat buka puasa nenek. Semoga nanti ada bantuan lagi, ingat sama nenek ya,” ungkap Nenek Asnah.

Alesius Bunawan menghibur para oma yang ada di rumah singgah.

Pada Kamis, 28 April 2022, relawan memberikan beras kepada para pnerima bantuan Tzu Chi atau Gan En Hu di Kantor Tzu Chi Lampung. Alesius Bunawan, Ketua Tzu Lampung menyampaikan sambutannya.

“Kami dari Yayasan Buddha Tzu Chi ada sedikit berbagi beras untuk bapak ibu, semoga kita semua selalu sehat ya,” pesan Alesius.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menebar Kasih di Bulan Penuh Berkah

Menebar Kasih di Bulan Penuh Berkah

21 April 2022
Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 2 Hu Ai Pluit 2 membagikan kupon sembako di kawasan Rawa Bebek, Penjaringan, Jakarta Utara pada hari Sabtu, 16 April 2022.
Seribu Paket Sembako untuk Warga Tanjung Morawa, Sumatera Utara

Seribu Paket Sembako untuk Warga Tanjung Morawa, Sumatera Utara

26 April 2022

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Tzu Chi Medan, tepatnya di komunitas Hu Ai Mandala membagikan 1.000 paket sembako untuk warga kurang mampu di Wisma Tanjung Indah, Kota Tanjung Morawa. Ada 101 relawan yang bersumbangsih pada pembagikan 1.000 paket sembako ini.

Paket Lebaran 2022: Berbagi Lewat 1.000 Paket Sembako Cinta Kasih di Kelurahan Bandar Utama

Paket Lebaran 2022: Berbagi Lewat 1.000 Paket Sembako Cinta Kasih di Kelurahan Bandar Utama

21 April 2022

Relawan Tzu Chi Tebing Tinggi membagikan 1.000 paket sembako cinta kasih kepada masyarakat yang membutuhkan di Kelurahan Bandar Utama, Kecamatan Tebing Tinggi Kota.

Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -