Paket Lebaran 2023: Cinta Kasih Bagi Warga Percut Sei Tuan

Jurnalis : Wennie Lie (Tzu Chi Medan), Fotografer : Liani, Leo Rianto (Tzu Chi Medan)

Relawan Tzu Chi Medan komunitas He Qi Jati (Hu Ai Medan Perintis) mengadakan pembagian 1.000 paket Lebaran kepada warga yang kurang mampu di empat desa di Kecamatan Percut Sei Tuan.

Dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri, relawan Tzu Chi Medan komunitas He Qi Jati (Hu Ai Medan Perintis) mengadakan pembagian paket Lebaran pada Sabtu, 8 April 2023. Sebanyak 1.000 paket berisi 10 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 botol sirup, dan 5 bungkus DAAI mi dibagikan kepada warga kurang mampu di empat desa di Kecamatan Percut Sei Tuan.

Kegiatan yang bertema “Satu Orang Satu Kebajikan Menghimpun Cinta Kasih” ini bertempat di Politeknik Willmar Bisnis Indonesia (WBI), Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Medan. Sebanyak 112 orang yang terdiri dari relawan Tzu Chi, mahasiswa, dan petugas Politeknik Willmar Bisnis Indonesia juga turut berpartisipasi dalam pembagian paket lebaran ini.

Dua minggu sebelumnya, relawan telah melakukan survei ke empat desa di Percut Sei Tuan yaitu Desa Medan Estate, Desa Sampali, Desa Laut Dendang, dan Desa Bandar Setia. Kegiatan door to door ini juga didampingi Kepling (Kepala Lingkungan) setempat dan kupon paket lebaran diberikan langsung kepada warga yang membutuhkan.

Camat Percut Sei Tuan, A. Fitriyan Syukri, S.STP,M.Si memberikan sambutan dan  mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Tzu Chi bagi warganya yang kurang mampu.

Camat Percut Sei Tuan, A. Fitriyan Syukri, S.STP,M.Si juga sangat mengapresiasi kegiatan yang membantu warganya ini. “Yayasan Buddha Tzu chi yang terus berbagi kepada warga kita yang kurang mampu dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri. Semoga Buddha Tzu Chi tetap aktif dalam menyalurkan bantuan dan menolong orang yang menderita. Memberikan manfaat bagi orang orang yang benar-benar membutuhkan,” tutur A.Fitriyan Syukri, S.STP,M.Si.

Para warga yang datang ke lokasi juga dipandu oleh relawan Tzu Chi untuk mengambilan paket Lebaran. Untuk mereka yang kesulitan untuk membawa paket, juga akan dibantu oleh relawan, sukarelawan dan para mahasiswa sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Michael, mahasiswa Jurusan Akuntansi Perpajakan, Politeknik WBI membantu membawakan beras salah satu warga yang mendapatkan paket Lebaran dari Tzu Chi.

Michael (21), mahasiswa Jurusan Akuntansi Perpajakan, Politeknik WBI yang ikut berpartisipas juga mendapatkan pengalaman karena baru pertama kali ikut kegiatan Tzu Chi. “Ini kegiatan perdana, rasanya senang bisa bertambah pengalaman untuk membantu sesama dan termotivasi untuk memberi manfaat pada yang lainnya. Semoga Tzu Chi bisa terus melakukan bakti sosial yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Michael.

Warga Dusun Tiga Kenari Laut Dendang, Yusni dibantu oleh relawan saat menerima paket Lebaran. Ia merasa senang karena batnuan ini dapat memenuhi kebutuhan keluarganya.

Warga pun merasa bersyukur atas kehadiran Insan Tzu Chi di desanya. Yusni (67) salah satu warga Dusun Tiga Kenari Laut Dendang, sangat senang karena mendapat paket Lebaran dari Yayasan Buddha Tzu Chi. Suaminya sudah lama meninggal dan Yusni tinggal dengan anaknya yang bekerja sebagai buruh bangunan yang tidak tetap. “Saya sangat senang sekali. Bantuan ini sangat membantu kebutuhan kami. Saya sangat berterima kasih dan mendoakan semoga sehat ,maju, dan sukses untuk yang memberikan,” ungkap Yusni bersukacita.

Koodinator kegiatan, Susanto Musim  juga mengungkapkan rasa syukur atas dukungan yang diberikan berbagai pihak sehingga kegiatan pembagian paket Lebaran dapat berjalan.

Selain membagikan paket Lebaran, para warga juga diajak untuk ikut berdonasi untuk membantu sesama. Tampak Koodinator kegiatan, Susanto Musim berkeliling menghampiri warga yang mau ikut berdonasi.

“Pembagian 1.000 paket Lebaran di Kecamatan Percut Sei Tuan ini untuk masyarakat kurang mampu. Pembagian ini dilakukan sesuai dengan bimbingan Master Cheng Yen untuk membantu sesama yang membutuhkan dengan rasa cinta kasih serta menerapkan Budaya Humanis Tzu Chi. Bagi warga yang berkebutuhan khusus dan Lansia juga disediakan tempat khusus sehingga mereka dapat menerima bantuan dengan baik,” jelas Susanto Musim.

Berkat kerja sama dan dukungan yang baik, kegiatan pembagian paket Lebaran selama 4 jam ini berlangsung lancar dan hikmat. “Terima kasih semuanya. Semoga makna cinta kasih yang terkandung dalam pembagian paket Lebaran ini bisa mengurangi penderitan mereka,” tambah Susanto Musim.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Warga Kampung Air Menerima Berkah dan Menciptakan Berkah Kembali

Warga Kampung Air Menerima Berkah dan Menciptakan Berkah Kembali

28 April 2023

Tzu Chi Batam memberikan bantuan beras (10 kg) kepada 1.048 warga di Kampung Air, Batam. Selain menerima, warga juga turut bersumbangsih sesuai kemampuan mereka.

Semangat Berbagi di Bulan Suci

Semangat Berbagi di Bulan Suci

27 April 2023

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, relawan Tzu Chi Lampung memberikan 250 paket sembako kepada warga yang membutuhkan. Seminggu sebelumnya, relawan telah melakukan survei dan membagikan kupon ke rumah-rumah warga.

Paket Lebaran 2023: Cinta Kasih Bagi Warga Percut Sei Tuan

Paket Lebaran 2023: Cinta Kasih Bagi Warga Percut Sei Tuan

12 April 2023

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, relawan Tzu Chi Medan  komunitas  He Qi Jati (Hu Ai Medan Perintis) membagikan 1.000 paket lebaran pada Sabtu, 8 April 2023. 

Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -