Paket Lebaran untuk Warga Pasar Lama Telaga Mas

Jurnalis : Paulina (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun bekerjasama dengan Kelurahan Sungai Lakam Barat membagikan 100 paket cinta kasih kepada warga yang membutuhkan di Pasar Lama Telaga Mas.

Untuk menjalin jodoh baik serta meringankan beban warga Telaga Mas dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, Kamis, 7 April 2023, relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun bekerja sama dengan Kelurahan Sungai Lakam Barat melakukan survei pembagian kupon Paket Lebaran di Pasar Lama Telaga Mas, Tanjung Balai Karimun. Sebanyak 25 relawan yang dibagi menjadi 7 regu bergerak melakukan survei dan membagikan kupon paket cinta kasih secara door to door ke rumah-rumah warega dengan didampingi tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

Berselang sembilan hari setelah survei dan pembagian kupon, pada Minggu, 16 April 2023, pembagian Paket Lebaran (paket cinta kasih) dilakukan di lokasi pembangunan Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Sejak pagi para relawan berkumpul di Kantor Tzu Chi untuk saling bahu-membahu memuat 100 paket cinta kasih, dan berbagai keperluan kegiatan ke dalam truk. Sesampainya di lokasi pembagian paket cinta kasih, para relawan kembali melakukan estafet dalam menurunkan keperluan kegiatan dan sembako.

Relawan Tzu Chi sebelumnya juga telah melakukan survei dan membagikan kupon ke rumah-rumah warga.

Relawan bahu-membahu menurunkan barang bantuan ke lokasi pembagian bantuan, yakni di lokasi pembangunan Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun.

Setelah semua persiapan telah selesai, sekitar pukul 09.00 WIB, satu persatu warga mulai berdatangan dengan menunjukan kupon yang telah dibagikan. Mereka pun diarahkan oleh relawan untuk memasuki lokasi pembagian paket. Kegiatan diawali dengan kata sambutan dari Sukmawati selaku Ketua Harian Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Sukmawati menyampaikan salah satu pesan dari Master Cheng Yen (pendiri Tzu Chi). “Meski bantuan sembako yang diberikan akan habis dalam waktu yang singkat, tetapi cinta kasih yang terkandung di dalamnya tidak akan ada habisnya,” kata Sukmawati.

Sukmawati, Ketua Harian Tzu Chi Tanjung Balai Karimun menyampaikan pesan cinta kasih dari Master Cheng Yen (pendiri Tzu Chi).

Ajiman, tokoh masyarakat setempat menyampaikan, “Saya mengapresiasi kegiatan Yayasan Buddha Tzu Chi (Tanjung Balai Karimun) yang sangat perhatian kepada warga yang membutuhkan. Bantuan yang diberikan juga bukan hal kecil, oleh karena itu hendaknya kita bersyukur akan bantuan ini.” Setiap warga yang memiliki kupon mendapatkan bantuan paket sembako berupa: minyak goreng (1 liter), gula (1 kg), mi DAAI (4 bungkus), biskuit (2 bungkus), dan beras (5 kg).

Salah satu warga penerima paket sembako ini adalah Jumiyati (33), yang sehari-harinya bekerja sebagai pemulung. Suami Jumiyati sendiri bekerja sebagai nelayan. Setiap bulannya, penghasilan keluarganya tidak tetap sehingga mereka sering mengalami kesulitan ekonomi.

Salah satu penerima paket lebaran adalah Jumiyati (33), yang sehari-harinya bekerja sebagai pemulung. Paket sembako ini sangat meringankan bebannya saat menyambut lebaran.

“Kalau keluarga saya itu berlima. Sekarang tinggal berempat, anak satu lagi merantau ke Palembang, itu pun menjadi pengamen saja. Pekerjaan saya sehari-hari mencari barang bekas atau rongsokan, suami saya kerjanya nelayan, pendapatan kami hanya cukup untuk makan saja. Waktu pandemi, keluarga kami putus uang (mengalami kesulitan ekonomi) jadi pindah kesini (Pasar Lama Telaga Mas),” ungkap Jumiyati, “sebulan untuk bayar rumah dan listrik itu Rp 250.000, itu pun terkadang nunggak bayarnya. Kemarin saya ada jual barang rongsokan itu saya bayar sedikit-sedikit ke pemilik rumah.”

Jumiyati sangat bahagia mendapatkan bantuan paket sembako ini karena bisa sedikit meringankan beban ekonomi keluarganya saat menyambut lebaran. “Saya sangat bahagia bisa mendapatkan bantuan ini, apalagi sudah mau lebaran. Senanglah saya. Terima kasih kepada Buddha Tzu Chi,” ucap Jumiyati bahagia.

Warga Pasar Lama Telaga Mas sangat bahagia saat menerima paket cinta kasih yang diberikan relawan.

Ah Kiong (53), relawan Tzu Chi yang menjadi koordinator kegiatan ini berharap bantuan ini bisa meringankan beban warga saat merayakan lebaran. “Hari ini kita datang ke lokasi pembangunan kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun untuk memberikan bantuan paket cinta kasih kepada warga Pasar Lama Telaga Mas yang membutuhkan. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban mereka saat merayakan lebaran,” ungkap Ah Kiong.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Menyebarkan Kebahagiaan untuk Warga Bekasi Menyambut Idul Fitri

Menyebarkan Kebahagiaan untuk Warga Bekasi Menyambut Idul Fitri

17 April 2023

Relawan Tzu Chi komunitas Bekasi membagikan 500 paket lebaran untuk warga Kelurahan Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat. Sebanyak 52 relawan dengan harmonis saling bekerjasama membagikan paket kepada warga. 

Menyambut Idul Fitri dengan Berbagi Kasih di Makassar

Menyambut Idul Fitri dengan Berbagi Kasih di Makassar

04 Mei 2023

Tzu Chi Makassar membagikan paket bingkisan lebaran bagi warga yang membutuhkan di Kota Makassar. Kegiatan ini bertempat di dua lokasi yaitu di Mako Yonif Para Raider 433/Julu Siri dan Kelurahan Maccini Parang, Kecamatan Makassar.

Seribu Paket Lebaran, Seribu Perhatian untuk Warga Cikarang

Seribu Paket Lebaran, Seribu Perhatian untuk Warga Cikarang

10 April 2023

Dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri, relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Cikarang membagikan 1.000 paket Lebaran berisi 10 kg beras dan 20 bungkus DAAI mi kepada warga di Kelurahan Karang Baru, Cikarang Utara.

Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -