Tiga Ratus Karung Beras untuk Nelayan dan Buruh di Pesisir Sungai Siak

Jurnalis : Tommy Sulianto (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Tommy Sulianto, Asriani (Tzu Chi Pekanbaru)

Para relawan Tzu Chi bersama tim dari Ditpolairud Polda Riau bahu membahu memindahkan beras dari darat ke kapal dan kapal ke darat.

Tzu Chi Pekanbaru bersama Ditpolairud Polda Riau melaksanakan Bakti Sosial di atas air, yaitu dengan memberikan bantuan kepada para nelayan dan buruh yang berada di sepanjang sungai Siak Pekanbaru yang terdampak Pandemi Covid-19. Ada 300 karung beras yang dibagikan pada kegiatan ini, Selasa 5 Oktober 2021.

Pembagian beras ini disambut baik dan sukacita para nelayan. Penyerahan dilakukan langsung dari kapal Ditpolairud ke perahu para nelayan sehingga tidak terjadi kerumunan dan berdesak-desakan. “Ya. Senang, karena sudah mendapat bantuan, kami jarang juga mendapat bantuan. Terima kasih buat Yayasan Tzu Chi dan Polairud juga,” demikian disampaikan salah satu warga.

Relawan Tzu Chi, dr Flemming Wijaya saat menyerahkan beras cinta kasih kepada para penerima bantuan.

Dengan mengayuh sampan, warga mendekati perahu Ditpolairud untuk menjemput bantuan beras.

Pembagian dilakukan dalam dua sesi, sesi pertama didampingi Pandy, Staff Binmas Perairan mulai dari Kantor Ditpolairud ke arah Jembatan Siak 3. Sesi kedua dilakukan dari kantor Polairud menuju arah Sungai Duku dan kali ini langsung didampingi Dirpolairud Polda Riau, Kombes Pol Eko Irianto.

Dalam sambutannya, Kombes Pol Eko Irianto menyambut positif kegiatan ini. “Sangat bagus sekali bantuan masyarakat nelayan, apalagi dari Yayasan Buddha Tzu Chi memperhatikan masyarakat pesisir sungai, memang jarang sekali yang memberikan bantuan, mereka juga berdampak dari pandemi ini. Karena kondisi pandemi covid ini, rata-rata mereka yang biasanya bekerja, karena tidak ada aktifitas lagi, mereka di rumah saja, kadang-kadang cuman memancing seperti yang kita tadi lihat, kebutuhan sehari-harinya mereka susah, jadi kalau dibantu begini ya sangat baik,” ujarnya.

Anggota Ditpolairud menyerahkan beras kepada warga pesisir.

Lina, relawan Tzu Chi menyerahkan beras cinta kasih kepada seorang nelayan.


Walaupun beras ini akan habis pada waktunya, namun cinta kasih yang disebarkan oleh relawan Tzu Chi Pekanbaru akan terus tumbuh dan menjadi benih kebajikan antar manusia.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Seratus Ribu Paket Bantuan Beras dari Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI Untuk Warga Bali

Seratus Ribu Paket Bantuan Beras dari Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI Untuk Warga Bali

02 Agustus 2021

Sebanyak 500 ton atau 100.000 paket beras dari Tzu Chi Indonesia dan Pengusaha Peduli NKRI telah tiba di Pulau Bali. Bantuan ini siap didistribusikan untuk warga yang sangat terdampak pandemi Covid-19, utamanya yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Penyaluran Bantuan Kepada Warga prasejahtera

Penyaluran Bantuan Kepada Warga prasejahtera

10 Desember 2021

Memperhatikan nasib warga pra-sejahtera di tengah krisis pandemi berkepanjangan ini, Tzu Chi Batam kembali menyalurkan bantuan sembako pada tanggal 4 dan 5 Desember 2021.

Tzu Chi Jambi Salurkan Beras dan Pakaian untuk Pekerja TPA Talang Gulo Jambi

Tzu Chi Jambi Salurkan Beras dan Pakaian untuk Pekerja TPA Talang Gulo Jambi

30 November 2021

Tzu Chi Jambi menyalurkan bantuan 80 karung Beras @10 Kg dan 80 set Pakaian (1 set terdiri dari 12 pcs Pakaian) kepada buruh harian lepas TPA Talang Gulo, Kec. Kota Baru, Kota Jambi.  

Umur kita akan terus berkurang, sedangkan jiwa kebijaksanaan kita justru akan terus bertambah seiring perjalanan waktu.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -