Tzu Chi Bandung Bersama POLTEKPAR Menggalang Donor Darah

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung) , Fotografer : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung)

Insan Tzu Chi di Bandung mengadakan Aksi Donor Darah dalam rangka Diesnatalis Politeknik Pariwisata NHI ke- 61.

Menuai ladang berkah tidak harus dengan materi, tetesan benih cinta kasih bisa kita wujudkan dalam cara lain. Seperti yang dilakukan oleh relawan Tzu Chi Bandung yang mengadakan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Politeknik Pariwisata NHI (National Hotel Institute).

Kerja sama kegiatan donor darah ini merupakan jalinan jodoh baik dalam rangka Diesnatalis Poltekpar HNI ke-61 di Gedung Graha I Gede Ardika Jl. Dr.r. Setiabudi No. 186 Bandung  pada 16 Maret 2023. Kegiatan ini disambut baik para alumi NHI yang  tergabung  dalam Yayasan Alumi NHI Peduli.

Antusias para peserta begitu terasa untuk mendonorkan darahnya, satu jam seblum acara dimulai mereka telah berdatangan untuk mendaftarkan diri.

Hal yang menarik dalam kegiatan donor darah kali ini yakni PMI yang didatang langsung dari PMI Kota Cirebon, dikarenakan unit donor darah PMI Kota Bandung bertugas ditempat lain sehingga PMI dari luar kota didatangkan agar tetap berjalannya kegiatan ini.

"Kami menyambut baik kegiatan ini karena Yayasan Tzu Chi memiliki misi yang sama dengan yayasan kami (HNI) untuk kegiatan sosial sekarang dalam rangka Diesnatalis NHI ke-61. Semoga kolaborasi ini terus bejalan dan tidak hanya dalam donor darah tetapi kegiatan sosial lainnya" jelas Silvia Chatarina Hutagalung Ketua Yayasan Alumi Peduni HNI.

Antusias para pendonor begitu terasa, belasan peserta sudah mendaftarkan diri. “Hari ini puji syukur walaupun persipan kita tidak begitu lama namun antusias para peserta pendonor cukup bagus karena kita terjadwal dari jam sepuluh namun jam sembilan sudah pada berdatangan sudah mulai acara donor darah itu sendiri “ ucap Silvia bahagia.

Para peserta yang mendonorkan darahnya tidak hanya dari kalangan akademik Poltekpar NHI saja, melainkan para alumi dan warga sekitarpun ikut menggarap ladang kebaikan. Ada 119 orang yang mendaftar namun setelah melalui screning ada 98 orang yang berhasil mendonorkan darahnya.

Sienni Yunita (tengah) relawan Tzu Chi mendapingi ketua Yayasan Alumi Peduli NHI Silvia Chatarina Hutagalung  yang tengah mendonorkan darahnya.

Sebanyak 119 peserta yang mendaftar namnun hanya 98 orang  yang lolos dan bisa mendonorkan darahnya.

Rumansa Antyon (37) salah satu pendonor mengaku terbantu dengan adanya kegiatan ini. “Senang ya biasanya saya donor harus ke PMI-nya langsung sekarang  ada di NHI dekat dari kantor, saya sering donor selain buat kesehatan karena saya sudah beberapa kali bisa dikatakan rutin donor. Senang saya bisa bantu orang yang membutuhkan darah,” ucap Rumayansa.

Kerja samama antara Tzu Chi dan Politeknik Pariwisata NHI ini diharapakn  menjadi jalinan jodoh yang baik. Kegiatan donor darah ini selain menebar cinta kasih untuk sesama juga sebagai ajang  sosialisasi misi kemanuaisan Tzu Chi di lingkungan akademik.

“Kegiatan ini  selain bentuk misi amal Tzu Chi , sekaligus memperkenalkan Tzu Chi di kampus. Kita berharap kolaborasi ini bisa terus berjalan pada kegiatan amal lainnya,” harap Sienny Yunita relawanan Tzu Chi Bandung.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Menggalang Hati Lewat Donor Darah di Tokyo Hub

Menggalang Hati Lewat Donor Darah di Tokyo Hub

07 September 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1 menggelar kegiatan donor darah di Tokyo Hub, Apartemen Tokyo Riverside (PIK 2). Sebanyak 63 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan ini.

Menebar Cinta Kasih dalam Kegiatan Donor Darah

Menebar Cinta Kasih dalam Kegiatan Donor Darah

09 September 2016
Relawan Tzu Chi He Qi Pusat, Komunitas Sunter kembali menggelar kegiatan donor darah pada Minggu, 4 September 2016. Donor darah yang digelar di RS. Royal progress Sunter Jakarta Utara ini merupakan kali kedua pada tahun ini.
Donor Darah Tzu Chi Padang, Makin Istimewa

Donor Darah Tzu Chi Padang, Makin Istimewa

19 Juli 2017
Donor darah ke-18 kalinya yang diadakan oleh Tzu Chi Padang pada Senin 16 Juli 2017 ini sangat memuaskan para relawan. Sebanyak 124 orang turut mendonorkan darahnya.
Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -