Tzu Chi Gelar Donor Darah di Poins Mall

Jurnalis : Ruth, Toni (He Qi Pusat), Fotografer : Toni, Humam (He Qi Pusat)

Suasana kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh relawan Tzu Chi dan PMI Jakarta Selatan untuk kedua kalinya di Poins Mall.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Selatan) kembali mengadakan kegiatan donor darah Tzu Chi Xie Li Selatan di Poins Mall, Lebak Bulus, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan pada Minggu, 28 Mei 2023. Kegiatan kali ini merupakan kegiatan yang kedua setelah yang pertama diadakan pada 26 Febuari 2023 lalu dilokasi yang sama. Kegiatan ini juga terwujud berkat kerja sama dengan PMI Jakarta Selatan dan Manajemen Poins Mall. Sebanyak 9 petugas PMI dan 38 relawan Xie Li Selatan saling bersumbangsih untuk kelancaran kegiatan donor darah.

Dalam kegiatan kali ini juga ditingkatkan jumlah kuota pendonor, sebanyak 8 bed juga disediakan untuk mengakomodir jumlah kuota yang lebih banyak. Antusias partisipan yang ingin mendonorkan darah juga sangat terasa. Hal tersebut terlihat dari banyaknya antrian pendaftaran dan bahkan sebelum acara dimulai sudah terkumpul 40 pendaftar yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini.  

Para peserta donor darah sedang menunggu pengecekan hemoglobin (HB), tensi darah, dan kesehatan oleh petugas dari PMI Jakarta Selatan.

Beberapa peserta donor darah dari kegiatan Febuari 2023 lalu pun ikut kembali berpartisipasi pada kegiatan ini. “Saya dapat info kegiatan ini karena dihubungi via Whatsapp (WA) oleh salah satu relawan karena sudah pernah ikut kegiatan donor darah yang diadakan Tzu Chi Febuari 2023 lalu, dan semoga nanti kegiatan selanjutnya bisa ikut lagi,ungkap Intan yang juga bekerja di Poins Mall.

Begitu juga dengan Juliana yang datang donor darah bersama anaknya, ia juga sebelumnya ikut berpartisipasi pada kegiatan donor darah Febuari 2023 lalu. “Sudah beberapa kali ikut donor darah, mulai dari umur 50 tahunan. Darah itu kehidupan, tanpa darah kita mati, jadi wajib kita berbagi berkat melalui donor darah,” tutur Juliana.

Makmun masih semangat mendonorkan darahnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan ke-30 kalinya bagi Makmum untuk endonorkan darahnya.

Usia hanyalah sekedar angka, dan tidak menyulutkan semangat para pendonor darah seperti dilakukan Makmun (66) yang masih sangat semangat berpartisipasi. Kegiatan donor darah ini adalah yang ke-30 kalinya bagi Makmum. Ia mengetahui kegiatan ini dari banner yang terpasang di sekitar Poins Mall saat naik bus transjakarta dan menyempatkan waktu untuk berpartisipasi.

Sunardi selaku Sekretaris PMI Jakarta Selatan yang menyempatkan waktunya untuk memantau kegiatan donor darah ini mengatakan. “Jika sudah rutin donor darah, usia tidak menjadi hambatan selama masih sehat sesuai hasil pemeriksaan dokter. Jika baru pertama kali donor darah, usia maksimal adalah 55 tahun.”

Selain itu ada Nabela yang usianya di bawah 30 tahun. Walaupun baru pertama kali mengikuti donor darah, ia pun sangat bersemangat. “Awalnya takut, tapi ternyata lancar-lancar saja. Dulu almarhum ayah selalu mengikuti donor darah, jadi sekarang senang bisa ikut donor darah dan berikutnya kalau ada kegiatan donor darah akan ikut lagi,” tutur Nabela. 

Suasana yang nyaman membuat para peserta bersukacita saat diperikas oleh dokter dari PMI Jakarta Selatan.

Semangat yang sama juga terlihat dari para relawan Tzu Chi. Selain menjadi relawan untuk melayani kegiatan donor darah, beberapa relawan Xie Lie Selatan juga bersemangat untuk ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

Dari 159 peserta yang ikut mendaftar, sebanyak 121 peserta berhasil mendonorkan darahnya. Walaupun tidak dapat terpenuhi semua kuota 150 kantong darah, namun tidak mematahkan semangat dan harapan relawan Tzu Chi untuk kegiatan donor darah selanjutnya yang akan diadakan pada Agustus 2023 nanti.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Sehari Berbuat Kebajikan dengan Donor Darah

Sehari Berbuat Kebajikan dengan Donor Darah

09 Mei 2022
Untuk turut menjaga cadangan stok pasokan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) terus terpenuhi, relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Pusat mengadakan kembali kegiatan donor darah.
Berbagi Melalui Donor Darah

Berbagi Melalui Donor Darah

09 Mei 2012 Kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi kantor perwakilan Medan, bertempat di Kantor Sekretariat Tzu Chi Medan Cemara Asri, pada tanggal 22 April 2012.
Memberikan Darah Berarti Memberikan Kehidupan

Memberikan Darah Berarti Memberikan Kehidupan

13 Juli 2023

Relawan Tzu Chi di komunitas Xie Li Tamken dengan semangat gotong royong menggelar donor darah di Sekolah Kusuma Bangsa, Kota Palembang. 

Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -