Warung Cinta Kasih di Bulan Ramadan 2023

Jurnalis : Lavina Natania (Tzu Ching), Fotografer : Vivi Angel, Valeska Vania Lee (Tzu Ching)

Muda-Mudi Tzu Chi (Tzu Ching) membagikan makanan lewat Warung Cinta Kasih (WCK) yang berlokasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Tangerang. Tampak Sinta sedang menerima makanan dari Tzu Ching untuk berbuka puasa.

Bulan suci Ramadan telah tiba, Muda-Mudi Tzu Chi (Tzu Ching) kembali menggelar aksi Warung Cinta Kasih (WCK) yang berlokasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Tangerang pada Minggu, 26 Maret 2023. Kegiatan ini menargetkan 1.000 paket nasi untuk masyarakat sekitar lokasi yang menunaikan ibadah puasa. Tema menu makanan yang ditawarkan di WCK kali ini, yaitu nasi padang (rendang, sayur nangka, sayur buncis, sayur kol) yang berbahan dasar vegetarian.

Koordinator kegiatan, Valentina Adinda menyebutkan tujuan dari diadakannya Warung Cinta Kasih di bulan puasa ini. “Warung Cinta Kasih sesuai dengan nilai yang kita tanam, yaitu cinta kasih. Kegiatan kali ini diselenggarakan dalam rangka berbagi di bulan puasa, berbagi makanan untuk masyarakat yang berbuka puasa. Saya harap relawan dan masyarakat dapat bahagia karena saling membantu satu sama lain,” ujar Valentina.

Masing-masing Tzu Ching melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya, ada yang membungkus makanan, ada yang mengatur penerima makanan, dan lain-lain.

Koordinator kegiaan, Valentina Adinda (tengah) sedang mendata dan membagi tugas bagi para peserta yang ikut dalam kegiatan.

Sebanyak 22 relawan (Xue Zhang Jie/Kakak Kelas Tzu Ching dan Tzu Ching) dan 40 peserta (relawan baru) mengikuti kegiatan ini. Relawan yang bertempat tinggal di Jakarta terlebih dahulu berkumpul di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Bagi relawan yang bertempat tinggal di Tangerang langsung menuju ke lokasi. Setelah tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 WIB, seluruh peserta segera mengkoordinasikan tugas masing-masing, seperti membungkus nasi, mengatur alur, sosialisasi WCK, dan menyiapkan perlengkapan.

Setelah segala persiapan selesai, acara kemudian dimulai pada pukul 15.00 WIB. Terdapat 2 pos warung yang disediakan untuk mempercepat pembagian makanan. Penerima makanan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga Lansia berbaris satu demi satu di alur yang telah diatur koordinator lapangan. Setelah makanan habis terbagi, acara ditutup pada pukul 18.00 WIB.

Sebanyak 22 relawan (Xue Zhang Jie/Kakak Kelas Tzu Ching dan Tzu Ching) dan 40 peserta (relawan baru) dari Jakarta dan Tangerang berfoto bersama setelah kegiatan berakhir.

Sinta (11), salah satu penerima makanan mengungkapkan dirinya merasa sangat senang bisa mendapatkan paket nasi. “Aku tinggal di Pintu 3, aku ke sini karena tadi dikasih tahu sama saudaraku, dia ke sini. Aku makan untuk buka puasa nanti. Keluargaku ada 14 orang, aku senang banget dapat makanan ini. Terima kasih, annyeonghasaeyo,” ujar Sinta.

Salah satu peserta, Muhammad Iqbal yang bertugas sebagai koordinator lapangan menceritakan pengalaman pertamanya mengikuti kegiatan bakti sosial WCK ini. "Hari ini pertama kali aku ikut kegiatan Tzu Chi dalam hal pelayanan makanan. Yang aku lakukan selama acara, yaitu mengatur alur jalan penerima makanan sehingga lebih teratur dan kondusif. Aku melihat wajah penerima, auranya gembira, mereka have fun aku pun ikut bahagia,” ujar Iqbal bersukacita.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Suara Dibalik Warung Cinta Kasih Muda-Mudi Tzu Chi

Suara Dibalik Warung Cinta Kasih Muda-Mudi Tzu Chi

27 September 2022

Muda-Mudi Tzu Chi Jakarta (Tzu Ching) dan Tangerang mengadakan kegiatan perdana Warung Cinta Kasih di Sekolah Dharma Widya, Neglasari, Tangerang, pada Minggu, 18 September 2022. 

Warung Cinta Kasih di Bulan Ramadan 2023

Warung Cinta Kasih di Bulan Ramadan 2023

05 April 2023

Muda-Mudi Tzu Chi (Tzu Ching) kembali menggelar aksi Warung Cinta Kasih (WCK) yang berlokasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Tangerang pada Minggu, 26 Maret 2023.

Warung Cinta Kasih Muda-Mudi Tzu Chi

Warung Cinta Kasih Muda-Mudi Tzu Chi

22 September 2022

Kabar gembira bahwa kasus Covid-19 mulai melandai, kembali meningkatkan semangat Tzu Ching (Muda Mudi Tzu Chi) untuk berbuat kebajikan. Salah satunya lewat kegiatan bertema: Warung Cinta Kasih. 

Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -